Arung Jeram Priangan Selatan dan Timur


Priangan Selatan dan Timur termasuk dalam 20 Destinasi Arung Jeram di Indonesia, Di kawasan Tasikmalaya kegiatan arung jeram terkosentrasi di kawasan Sungai Ciwulan, Sungai Citanduy dan Sungai Cikadang. Ketiga sungai ini mempunyai karakter dan grade berbeda. Fihak Federasi Arung Jeram Indonesia Kabupaten Tasikamalaya masih giat melakukan eksplorasi di ketiga sungai itu. Sungai Ciwulan pernah menjadi tempat kejuaraan arung jeram pada pertengahan 2014 lalu.

Sungai Ciwulan
Arung Jeram Sungai Ciwulan
Arung Jeram Sungai Ciwulan(foto:@linda_guns85)
Sebuah situs berita menyebutkan bahwa alur arung jeram di Sungai Ciwulan memiliki panjang atau jarak tempuh 11,6 kilometer, namun menurut Nana Sumarna, sekretaris FAJI Kabupaten Tasikmalaya pihaknya sudah mengeksplorasi sampai 15 km mulai dari Desa Cibekti hingga Sukaraja. Kharakter sungai ini lebar tetapi datar. Untuk kegiatan arung jeram, Sungai Ciwulan termasuk grade 3, hingga termasuk aman diarungi oleh pemula sekali pun. “Sepanjang 15 km itu terdapat lima belas jeram, hanya dua di antaranya yang patut putuh perhatian atau titik tersulitnya, yaitu Jeram Tiga Bersaudara dan Jeram Welcome. Pada jeram ini selain curam ada kemungkinan orang terjatuh masuk arus di bawah air (under cut). Namun baru pada musim hujan sungai itu patut dilalui dengan leeih hati-hati,” ujar pria kelahiran 1982 ini kepada Travelgad.

Sungai Citanduy
Arung Jeram Sungai Citanduy
Arung Jeram Sungai Citanduy(foto:@ghiwantara)
Sementara Sungai Citanduy termasuk tingkat kesulitannya lebih tinggi. Menurut Nana pihaknya menggolongkan sungai ini sudah grade empat atau bukan untuk pemula. Sungai Citanduy memang tidak lebar tetapi arusnya kencang. Sebagai catatan yang membuat suatu sungai ini menjadi sulit ialah jalur evakuasi. Untuk Sungai Citanduy ini termasuk tidak nyaman hingga belum representatif. Jalur yang bisa dilalui sejauh ini sepanjang 16 km.

Sungai Citanduy dibagi dalam 3 jalur antara lain jalur atas (indihiang-obyek wisata karang resik), jalur tengah (obyek wisata karang resik - jembatan kereta cirahong), dan jalur bawah ( jembatan kereta cirahong – handapherang). “Kalau pihak kami melayani tamu menggunakan satu perahu untuk 6 orang tamu dengan seorang skipper (pengemudi perahu yang sudah bersertifikat), kemudian di belakangnya ada satu tim rescue satu perahu. Masih ditambah dengan satu kayak. Jadi kalau dua perahu tamu, maka ada dua perahu rescue, dua kayak begitu seterusnya. Itu standar operasional kami,” ujar salah seorang owner dari Cakra Adventure Tasikmalaya ini.

 Sungai Cikandang
Arung Jeram Sungai Cikandang
Sungai Cikandang
Sungai Cikandang merupakan sebuah sungai yang sangat menantang untuk diarungi, cocok untuk Anda yang memiliki hasrat berpetualang tinggi. Berhulu di kaki Gunung Papandayan dan bermuara di laut selatan Jawa Barat tepatnya di daerah Cijayana, panjang pengarungan mencapai 28 Km dengan lebar sungai bervariasi antara 5 sampai 8 meter. Miringan sungai yang curam sehingga menghasilkan jeram-jeram yang menantang, kelebihan sungai ini ialah kualitas alam termasuk kualitas airnya masih terjaga dengan baik serta debit air hampir tidak terpengaruh oleh musim, sehingga pengarungan sungai bisa dilakukan hampir di setiap saat.

Menurut Nana Sungai Cikandang tidak direkomendasikan untuk pemula dan lebih berat dari Sungai Citanduy. Kharakternya ialah kontur lebih curam, gravitasi air kencang, terlalu banyak under cut dan hole. Sungai ini sangat berbahaya pada waktu hujan terlebih-lebih waktu datang banjir bandang. Sebagai catatan dua orang orang meninggal setelah mengikuti kegiatan ini dalam dau kejadian berbeda beberapa waktu lalu. Angelina Yofanka dari Teknik kelautan ITB ditemukan di dalam lubang yang berada di dasar sungai (hole), lalu terjepit di jalur batu, sementara orang mahasiswi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Anggraini Miftah meningeal setelah rombongannya diterjang banjir bandang.

Ketua Wanadri, Ardiles Leonardo Simangunsong, membenarkan bahwa sungai berarus deras itu menjadi salah satu tempat latihan tetap Wanadri selain di Sungai Citarum. Kondisi sungai itu tak bisa dibilang normal. Arusnya makin deras tiap kali turun hujan. “Cikandang bukan untuk kelas pemula, tapi profesional,” katanya seperti pernah dilansir Tempo.

Menurut seorang blogger wisata Sandra Feby Apriliyana Sungai Cikandang mempunyai beberapa jeram ekstrim, seperti Jeram Bangkai, Jeram Sobek, Jeram Erlan Hole, Jeram Tepung, Jeram Parakan lubang hingga Jeram Goodbye. Sungai ini memiliki pemandangan yang memukau di sisi kiri dan kanannya, namun untuk mengarunginya diperlukan standar rafting seperti helm dan pelampung wajib melekat pada tubuh orader/ wisatawan arung jeram, tak hanya itu, tim rescue juga harus standby di beberapa titik selama waktu pengarungan sungai ini. Biasanya starting point dilakukan di Kampung Sindang Ratu, Pakenjeng hingga Finish Point: Pantai Selatan di Desa Cijayana

Operator di Priangan Timur
Cakra Adventure Tasikmalaya
Nana Sumarna 081222945507

Subscribe to receive free email updates: