Serunya Olahraga Air di Tanjung Benoa


Serunya Olahraga Air di Tanjung Benoa-Siapa yang tak kenal Bali, Pulau Dewata yang merupakan icon Indonesia di dunia Internasional. Selain terkenal dengan keindahan pantainya, juga kaya akan budaya tradisionalnya. Bahkan, sering kali orang luar negeri lebih mengenal Bali daripada Indonesia.

Tak diragukan lagi, bagi Anda yang pernah mengunjungi Bali, bahkan lebih dari sekali. Meski sudah berkali-kali, rasanya kita tetap ingin kembali ke Bali karena memang banyak tempat tujuan wisata  Bali yang membuat kita takjub dan meninggalkan kesan mendalam. 

Tanjung Benoa Bali
Kunjungan Travelgad ke Bali kali ini adalah untuk mencoba beberapa olahraga air (water sport) di Tanjung Benoa. Salah seorang guest relations officer PT Bali Merta Samudera, salah satu operator watersport di Tanjung Benoa mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas olahraga air dengan biaya mulai dari Rp 80.000 untuk banana boat sampai Rp 600.000 untuk seawalker. ”Kalau sedang musim liburan, disini ramai sekali. Tamu bisa mengantre berjam-jam. Pada akhir pekan pengunjung mencapai 500 orang, paling banyak turis dari Taiwan dan Australia,” ujarnya. Selain Batara, ada beberapa perusahaan jasa wisata yang menyediakan olahraga air. Pagi hari di tengah gelombang air yang tenang itulah berbagai pilihan olahraga dapat dinikmati pengunjung.

Beberapa olahraga air yang cukup menantang untuk dicoba antara lain parasailing, flying fish, jetski, banana boat dan seawalker. Sebenarnya masih ada beberapa olahraga air lainnya yaitu scuba diving dan snorkeling. Namun karena terbatasnya waktu, Travelgad tidak dapat mencoba semuanya. Bagi mereka yang takut berenang, jangan khawatir. Tempat wisata ini juga menyediakan perjalanan ke tempat penangkaran penyu. Di tempat ini wisatawan bisa turun ke pinggir pantai dan langsung menyentuh penyu-penyu yang sengaja dipelihara.

Jasa Wisata di Tanjung Benoa
Di Tanjung Benoa ada beberapa perusahaan jasa wisata yang menyediakan para instruktur andal sebagai pendamping. Keselamatan dalam melakukan aktivitas watersport Tanjung Benoa Bali sangat diutamakan dengan cara menyediakan instruktur yang terlatih dan berpengalamanserta alat-alat yang digunakan juga harus memenuhi standar keamanan. Jaminan asuransi kecelakaan juga disediakan bagi konsumen.

Saat Travelgad datang, langsung diterima dengan ramah oleh salah seorang pemandu yang menjelaskan tentang berbagai paket olahraga air yang boleh dipilih, lengkap dengan harga dalam mata uang rupiah maupun dolar Amerika. Berikut beberapa olahraga air yang tersedia disana

PARASAILING
Permainan di Tanjung Benoa Bali
Permainan yang lain yang patut dicoba adalah Parasailing, memakai sebuah payung parasut yang akan dtarik dengan speedboat. Lama permainan 5 menit. Biaya satu kali permainan Rp. 150.000/orang.

BANANA BOAT
Wisata Air di Bali
Wisata Air di Bali
Banana Boat adalah salah satu permainan air seru yang patut kita coba, sebuah perahu karet tunggal yang berbentuk seperti pisang dengan ukuran kurang lebih 15-20 meter, yang bisa dikendarai 5-6 orang didampingi seorang instruktur dan ditarik dengan Speed Boat berkeliling pantai tanjung benoa. Jangan takut untuk tenggelam karena Kita sudah dilengkapi dengan pelampung. Lama permainan 15 menit. Biaya satu kali permainan Rp150.000.

FLYING FISH
Tanjung Benoa Watersport
Tanjung Benoa Watersport
Permainan air ini baru di Benoa Watersport Bali, 3 buah banana boat digabung menjadi 1 dengan ditambahkan sayap samping kiri dan kanan menjadilah perahu flying fish (layaknya ikan terbang) flying fish di kendarai maksimal 3 orang, 2 orang penumpang di sisi kiri dan kanan di tengah 1 instruktur. Agar keseimbangan tetap terjaga. Flying Fish terbang dengan ketinggian 1-2 meter dari permukaan laut ditarik dengan speed boat berkecepatan tinggi selama 15 atau terlungkup, sudah dilengkapi live jaket untuk keselamatan. Lama permainan 15 menit. Biaya satu kali permainan Rp150.000/ orang.

SNORKELING
Wisata Snorkling di Bali
Wisata Snorkling di Bali
Permainan air Snorkeling cocok buat kita yang menyukai berenang dan menyelam di permukaan air tidak sampai menyelam sampai dasar laut, Bukan hanya Nusa Peninda yang menawarkan keindahan bawah laut,  Benoa Water Sport juga menawarkan permainan air ini. Untuk pemula kegiatan snorkeling ini tidak harus kita bisa berenang karena kita sudah di siapkan baju pelampung yang dipakai agar tidak tenggelam. Kita bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Tanjung Benoa seperti keaneka-ragaman terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan di laut. Lama permainan 1 jam. Biaya satu kali permainan Rp300.000/orang.

ROLLING DONUT
Obyek wisata Tanjung Benoa
Obyek wisata Tanjung Benoa
Rolling Donut adalah sebuah permainan perahu karet yang berbentuk seperti kue donut, kita duduk dan nanti akan ditarik dengan speed boat. Rolling Donut bisa dinaiki 2 - 4 orang dan 1 instruktur. Kita akan merasakan alunan gelombang air laut, sangat mengasikan tentunya. Salah sau permainan air yang paling mudah di Benoa Watersport Bali. Lama permainan 15 menit. Biaya satu kali permainan Rp250.000/orang menit.

WAKEBOARD
Wake Board di Tanjung Benoa
Wake Board di Tanjung Benoa
Permainan wisata air wakeboard akan menggunakan board selancar untuk berselancar di atas air ditarik dengan speed boat dengan kecepatan tinggi, rasakan serunya membelah ombak dengan berselancar dengan bebas. Sebelumnya Kita akan dibrief untuk melakukan permainan ini.

Mengatur keseimbangan sangat penting di permainan air ini, karena bisa - bisa kita terjungkal jika tidak mengatur keseimbangan dengan baik. Lama permainan 15 menit. Biaya satu kali permainan Rp350.000/orang.

SCUBA DIVING
Scuba Diving Tanjung Benoa
Scuba Diving Tanjung Benoa
Scuba diving adalah wisata air menyelam sampai ke bawah laut, dengan menggunakan perlengkapan menyelam lengkap seperti pakaian menyelam, tangki oksigen dan masker kacamata renang Sebelumnya instruktur akan menjelaskan aturan-aturan dan tata cara menyelam yang benar di laut lepas. Tidak perlu kawatir kalau ada masalah ketika menyelam di laut lepas karena kita akan di temani instruktur yang berpengalaman. Pengalaman yang tak terlupakan tentunya bisa menyelam di laut lepas tanjung benoa menikmati indahnya permukaan dasar laut dengan bagai macam terumbu karang dan ikan hias warna - warni di laut. Lama permainan 40 menit. Biaya satu kali permainan Rp500.000/orang

GLASS BOTTOM BOAT KE PULAU PENYU
Pulau Penyu Bali
Pulau Penyu Bali
Untuk yang tidak bisa berenang, paket mengunjungi Pulau Penyu dengan glassbottom bisa menjadi pilihan. Di atas perahu yang dilengkapi dengan kaca di dasar perahu, kita dapat melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang berseliweran di dasar laut. Lama permainan 1 jam. Biaya per orang Rp150.000 (pulang pergi).

SEAWALKER
Olahraga air di Bali
Olahraga air di Bali
Wisata air yang tergolong paling baru ini, kita akan diajak berjalan-jalan di dasar laut untuk menikmati keindahan dasar laut dengan keanekaragaman ikan-ikan. Dan serunya lagi kita bisa berinterkasi langsung dengan ikan - ikan di dasar laut. Sebelum kita terjun ke dasar laut, kita akan mengenakan pakaian khusus seperti helm pelampung yang di aliri kabel-kabel yang terisi oksigen agar kita tetap bisa bernapas di dasar laut. Lama Permainan : 1 jam. Biaya satu kali permainan Rp600.000/orang.
Lokasi Dan Rute Tanjung Benoa Bali
Tanjung Benoa berada di sebelah tenggara Pulau Bali yang berdekatan dengan kawasan Nusa Dua. Tidak sulit untuk mencapai Tanjung Benoa. Tempat ini bisa ditempuh dalam 35 menit dari Kuta atau 20 menit dari Bandara Ngurah Rai(Googlemaps) Aktivitas water sports di Tanjung Benoa dilakukan mulai dari pukul 08:00-15:00, karena setelah jam 15:00 maka air laut akan surut dan speed boat yang digunakan untuk aktivitas olahraga air tidak dapat beroperasi secara optimal