20 Destinasi Arung Jeram Di Indonesia, Dari Tingkat Fun Hingga Petualangan (Sungai Alas NAD)

Arung jeram sudah bergeser dari kegiatan ekspedisi, olahraga menajdi kegiatan wisata dan outbound. Indonesia memiliki sejumlah sungai yang sudah dieksplor, mulai tingkat pemula mau pun bagi merekayang menggemari kegiatan petualangan

Seperti halnya olahraga menyelam atau diving, kegiatan arung jeram (rafting) juga berawal dari para penggemar kegiatan pencinta alam sebelum menjadi salah satu aktifitas wisata. Arung jeram di Indonesia bermula dari kegiatan para pencinta alam dari Bandung yang menggemari mengarungi sungai pada 1970an. Di antaranya pada 1975, mereka mengadakan Citarum Rally dan dilanjutkan dengan melakukan ekspedisinya ke Sungai Mahakam dan Sungai Barito, dilanjutkan ekspedisi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Pada saat itu para pencinta rafting ini hanya menggunakan perahu kayak untuk mengarungi sungai besar di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa pencinta alam tersebut ingin menaklukkan setiap sungai dengan melewati setiap tantangan yang menghadang di sungai-sungai tersebut.

Menurut Ketua Harian Federasi Arung Jeram Indonesia Amalia Yunita arung jeram kemudian berkembang menjadi kegiatan wisata dengan munculnya sejumlah . Indonesia sebetulnya mempunyai banyak potensi untuk arung jeram, namun karena transportasi dan akses hanya menjadikan Pulau jawa dan Bali sebagai titik berat kegiatan arung jeram untuk tujuan wisata. “Grade-grade ditentukan dari tingkat kesulitan, debit air. Grade 2-3, 3 plus hingga 4 tujuan wisata. Di atas itu untuk yang ekspert. Di antara sungai yang punya grade 5 plus ialah Sungai Zambesi di Zimbawe,” katanya. Berikut 20 Destinasi Arung Jeram Indonesia dari tingkat Fun hingga petualangan yang kami sajikan berseri.

Sungai Alas , NAD
Propinsi Naggroe Aceh Darusalam mempunyai lokasi arung jeram terbaik no 6 di Tempat Wisata Indonesia, yaitu Sungai Alas. Sungai ini berada di 165 km tenggara Takengon, yang aliran sungainya mengalir membelah Taman Nasional Gunung. Derasnya arus sungai, banyaknya bebatuan kali yang besar, jeram yang menawan, serta pemandangan hijau nan alami, akan dapat Anda temukan selama perjalanan arung jeram. Arung jeram, sudah lebih menjadi sekedar olahraga. Perjalan yang di mulai dari Muarasitulan di Kutacane hingga Gelombang. Menurut Jhoni Kurniawan, salah seorang pemandu sungai di Aceh dan Sumatera Utara Sungai Alas termasuk Grade 3 hingga 4.
 
Arung Jeram Di Sungai Alas NAD
Bagi Anda yang sudah prefesional anda dapat mencoba lebih jauh lagi anda dapat menempuh perjalanan yaitu dari Angusan di dekat Blangkejeran. Bertualang menyusuri sungai selama 3 hari dua malam melewati berbagai tempat yang mengesankan akan menjadi kenangan tersendiri. Tidak hanya menawarkan arus yang deras, Sungai Alas juga menawarkan pemandangan tepi sungai yang alami, selain itu jika Anda sedang beruntung maka dapat menyaksikan gajah, rusa, monyet, bahkan orangutan yang sedang berada di pinggir sungai sambil minum air. “Sebetulnya keduanya aman bagi pemula asalkan ada pemandu. Biasanya kalau ada jeram yang dianggap berbahaya sementara tamunya ada yang pemula skipper memilih jalur lain yang ada dalam sungai itu (istilah chicken run) untuk menghindari jeram. Inilah kelebihan sungai yang alasnya lebar hingga punya banyak jalur,” ujar Jhoni.