Menikmati Keindahan Angkor Wat


Angkor Wat

Menikmati Keindahan Angkor Wat - Cuaca sangat bersahabat ketika menginjakkan kaki di Bandara Internasional Siem Reap, Kamboja, malahan cenderung terik. Namun tak menyurutkan langkah untuk segera mencari tumpangan taksi yang akan membawa kami ke hotel.

Kota Siem Reap adalah kota kecil namun cukup ramai. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan dan memerlukan beberapa referensi, kota ini dapat diperhitungkan sebagai tujuan wisata. Kamboja akan menjadi pilihan tepat yang menjanjikan petualangan baru. Di kota Sieam Reap ini terdapat candi yang amat terkenal yang tercatat sebagai salah satu 7 keajaiban dunia, yaitu Angkor Wat. Tujuan utama kami ke sini memang mengunjungi Angkor Wat, candi yang namanya semakin mendunia setelah dijejaki Angelina Jolie di fi lm “Tomb Rider”. Dibangun selama kurang lebih 30 tahun lamanya di era Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12.

Angkor Wat juga termasuk dalam daftar situs UNESCO World Heritage, Angkor Wat itu sendiri adalah jenis kuil hindu yang terletak di daerah Meru. Para peneliti mempercayai bahwa kuil ini dibangun pada abad ke-12 oleh raja Kamboja yang bernama Suryavarman II karena penghormatannya kepada dewa Wisnu sebagai dewa tertinggi di daerah tersebut. Alasan ini juga mempengaruhi penyebutan nama pada awal pembangunan yaitu Preah Pisnulok atau Vishnuloka yang berarti tempat dewa Wishnu bersemayam. Sedangkan untuk pembangunannya, kuil ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 tahun yaitu selama masa kepemerintahan dinasti Suryavarman II.

Angkor Wat merupakan monumen terbesar dari kelompok Angkor yang dilestarikan sebagai suatu mahakarya arsitektur. Kesempurnaannya dalam komposisi, keseimbangan, proporsi, relief dan patung membuatnya salah satu monumen terbaik di dunia. Wat adalah nama Khmer untuk bait (ejaan Perancis “vat”), yang mungkin ditambahkan ke “Angkor” ketika menjadi monumen Buddha Theravada, kemungkinan besar pada abad keenam belas. Setelah 1432 ketika ibukota pindah ke Phnom Penh, Angkor Wat dirawat oleh para biksu Budha. Hal ini membuktikan bahwa Angkor Wat adalah sebuah kuil penguburan untuk Raja Suryavarman II dan berorientasi ke barat agar sesuai dengan simbolisme antara matahari terbenam dan kematian. The bas relief, dirancang untuk melihat dari kiri ke kanan dalam urutan ritual funereal Hindu, mendukung fungsi ini.

ARSITEKTUR
Nama Angkor Wat sendiri terbagi menjadi dua kata; yang pertama adalah Angkor yang berasal dari kata Nokor yang merupakan serapan dari bahasa sankskerta Nagara. Dan artinya adalah Kota atau Negara. Sedangkan kata Wat mempunyai arti Kuil atau Candi di dalam bahasa Khmer. Buddha pada abat ke- 13 menggantikan agama Hindu di Kamboja dan Angkor Wat kemudian digunakan oleh orang-orang Buddha Theravada untuk beribadah hingga pada abad ke-14.

Pada abad ini kerajaan di Kamboja diserang oleh Siam.Selanjutnya ditelantarkan hingga abad ke-16 dan kemudian ditemukan kembali pada saat kolonialisasi Prancis di Kamboja. Pada abad ke-20, Angkor Wat mengalami pemugaran yang berupa pembersihan tumbuhan tumbuhan rambat dan tanah-tanah yang menutupi dinding-dinding kuil

FUNGSI DAN SIMBOL DARI ANGKOR WAT
Anggor Wat sejak dahulu telah menjadi simbol dan identitas dari bangsa Khmer yang merupakan suku asli Kamboja. Selain berTa Prohm fungsi sebagai tempat pemujaan terhadap dewa-dewi khususnya dewa Wisnu. Bangsa Kamboja juga telah menggunakan Angkor Wat sebagai lambang di bendera nasional Kamboja. Selain itu fungsi dari Angkor Wat adalah sebagai sumber kebanggaan bangsa Kamboja dan sekaligus menjadi factor yang penting pada hubungan diplomatiK antara Kamboja dengan Amerika, Prancis dan Thailand. Hal ini terbukti pada pameran di Marseille dan Paris pada 1889 dan 1937.

Setelah sebelumnya terjadi perebutan antara kerajaan Siam dengan kolonial Prancis untuk menguasai Angkor. Oleh karena itu, UNESCO menjadikan Angkor Wat sebagai salah satu warisan dunia yang patut dilestarikan pada 1992. Ketinggian Angkor Wat dari tanah ke puncak menara pusat lebih besar daripada yang mungkin muncul: 213 meter (699 kaki), dicapai dengan tiga tingkat empat persegi panjang atau persegi (1-3) Masing-masing semakin kecil dan lebih tinggi dari satu di bawah mulai dari batas luar kuil

LOKASI ANGKOR WAT
Mengunjungi Angkor Wat dari Siem Reap sangatlah mudah. Kompleks candi ini letaknya hanya sekitar 15 menit naik kendaraan bermotor (5.5 km utara Kota Siem Reap). Untuk bisa berkeliling kita bisa sarana yang sudah disediakan dengan menyewa tuk-tuk ( seperti bajaj) .

TIKET MASUK ANGKOR WAT
Tiket masuk ke kawasan Angkor Wat sebesar US$20 atau Rp90 ribu per orang. Di loket tiket kita akan difoto. Kemudian foto tersebut langsung dicetak di karcis (ID card) yang harus kita tunjukkan ketika memasuki masing-masing kompleks candi yang letaknya memang tersebar. Untuk mengelilingi kompleks candi yang luasnya ratusan kilometer persegi ini tentu bisa memakan waktu seharian penuh. Pertama Anda bisa berkeliling menjelajahi bangunan utama Angkor Wat, kemudian menuju candi Ta Prohm dan juga Bayon Khmer dan empat sisi wajah melambangkan empat arah mata angin, yang berarti mengawasi segala penjuru arah.
Di kawasan candi Bayon Anda juga bisa berfoto dengan penari-penari yang memakai baju tradisional Kamboja, hanya dengan memberikan sumbangan beberapa dollar. Tentu akan menjadi kenangan tersendiri yang menyemarakkan album foto Anda

GALERI FOTO ANGKOR WAT
Angkor Wat Kamboja
Angkor Wat Kamboja
Tempat Wisata Di Kamboja
Tempat Wisata Di Kamboja
Ta Prohm
Ta Prohm
Patung di depan gerbang Angkor Thom
Patung di depan gerbang Angkor Thom
Bayon Temple
Bayon Temple

Subscribe to receive free email updates: