Raja Ampat: Surga Tersembunyi di Ujung Papua

raja ampat papua diving

Tidak lengkap kalau tidak menyebut Raja Ampat Papua Barat sebagai lokasi menyelam favorit dan termasuk 12 Destinasi Diving Indonesia. Sejak berdiri pada 1993 daerah ini menjadi favorit penyelam terkenal karena memiliki jumlah spesies tertinggi di dunia, karang yang sehat, sejumlah besar ikan dan spesies lain yang menarik, selain keindahan alam di atas air.

Keindahan Raja Ampat
Pada Tahun 2001-2002 lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melakukan penelitian dimana mendapatkan lebih dari 540 jenis karang keras, 700 jenis moluska dan 1.000 lebih jenis ikan karang, membuktikan 75 %  spesies karang yang berada di dunia ini terdapat di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini Instruktur selam Kaufik Anril mengakui bahwa di komunitas yang diasuhnya animo tertinggi adalah Raja Ampat yang menawarkan keindahan yang luar biasa pada dunia bawah airnya.

Untuk diving di Raja ampat sendiri ,selain terkenal akan terumbu karangnya yang sehat dan berlimpah, juga karena keragaman satwa lautnya yang luar biasa. Indahnya warma warni karang sudah terlihat dari sedangkal dua meter sampai puluhan meter. Mayoritas tingkat kesulitan diving di Raja Ampat tidaklah terlalu sulit, penyelam dengan pengalaman 20-30 an logged dive sudah boleh menyelam di Raja Ampat  ungkap Kaufik.

Titik Selam Farondi Raja Ampat
Salah satu titik penyelaman di Raja Ampat yang cukup seru ialah di Farondi yang menyuguhkan formasi bawah laut yang menakjubkan dibumbui dengan berlimpahnya Sea Fans dengan hiasan ikan-ikan anthias yang berjumlah ribuan, sungguh indah dan banyak sekali. Vizibility saat itu kurang begitu baik, namun tidak mengurangi kenikmatan kami menyelam disana. Menurut situs Belajardiving.com salah satu highlight menyelam disini adalah Underwater Cavenya yang begitu indah, diawali dengan turun di celah sempit sampai sedalam 30 meter, dari bawah kita bisa melihat keatas (pintu goa) dengan gradasi sinar matahari yang indah dan dikelilingi seafan dengan aneka warna.

Instruktur selam lainnya Wahyu Mulyono bahkan menyebutkan bahwa Raja Ampat mempunyai titik aman buat snorkeling adalah sekitar Pulau Kri. Karang-karangnya bagus, mahluk ikan bilka, hingga moluscca,, karang lunak. Selain itu di Raja Ampat terdapat Pari Panta di kedalaman dua puluh meter, imbuhnya lagi.

Biaya Ke Raja Ampat
Untuk dapat sampai ke Raja Ampat hal yang harus Anda persiapkan adalah bujet, berikut prakiraaan iteniery & bujet ke Raja Ampat
§  Tiket Pesawat Jakarta-Sorong (PP)                               Rp  4.000000
§  Tiket kapal capat Sorong-Waisai (PP)                           Rp    260.000
§  Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan                   Rp.   500.000/ orang                                      
§  Akomodasi tiga malam                                                  Rp.    900.000
§  Transportasi di Raja Ampat (Wayang)                           Rp   1.300.000
§  Konsumsi di luar homestay                                            Rp.     200.000

Catatan: Biaya ke raja ampat ini hanya di pulau wayang dan belum termasuk sewa alat diving

Galeri Foto Raja Ampat Papua
Keindahan Bawah Laut Raja Ampat
Keindahan Bawah Laut Raja Ampat

Raja Ampat tempat Wisata
Raja Ampat
Keindahan Laut di Raja Ampat
Keindahan Laut di Raja Ampat



Subscribe to receive free email updates: