Alasan Mengapa Perlu Memilih Taman Sari Jogja sebagai Destinasi Wisata

Taman Sari Yogyakarta

Yogyakarta selalu menjadi destinasi wisata masyarakat Indonesia karena menyediakan beraneka ragam tempat wisata yang fenomenal dan menarik dikunjungi. Salah satunya yaitu Taman Sari Jogja yang selalu ramai pengunjung. Berikut alasan mengapa anda memilih taman ikonik satu ini sebagai bahan referensi tempat wisata.

Alasan Mengapa Taman Sari di Jogja Wajib Dikunjungi

1. Kolam Pemandian yang Unik

Taman ini memiliki tiga buah kolam pemandian dengan kegunaan yang berbeda-beda. Dua kolam yang dekat dengan pintu gerbang yaitu Umbul Pamuncar serta Umbul Kawitan. Banyak masyarakat percaya bahwa selir-selir raja di kolam diamati oleh raja melalui sebuah menara. Lalu, raja melemparkan bunga kantil ke umbul ini. Siapapun yang terkena bunga ini akan ikut raja ke Umbul Panguras.

Kolam-kolam ini dihiasi oleh ornamen air mancur air yang mirip dengan kepala naga dengan hiasan pot yang mengelilinginya. Tidak hanya itu, di setiap kolamnya juga dilengkapi dengan tempat untuk menyalakan wewangian atau dupa saat raja, para selir, serta putra-putri raja tengah mandi.

2. Sumur Gumuling bukanlah Sumur Biasa

Sumur Gumuling di teman ini ialah salah satu lokasi favorit untuk berfoto ria. Lokasinya memang sangat indah dan estetik karena bukanlah sumur biasa tetapi sebuah masjid bawah tanah berupa dua tingkatan melingkar 360 derajat. Sumur ini juga berguna sebagai bunker perlindungan bagi sultan serta keluarga yang mengalami serangan mematikan.

3. Arsitektur Bangunan yang Mempesona

Arsitektur Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Jogja juga dipenuhi oleh berbagai bangunan atau gapura yang kuat dan simbol-simbol khusus. Gapura-gapuranya yaitu Gedung Kenongo, Gapura Agung, Gapura Panggung, terowongan atau lorong bawah tanah, dan masih banyak lagi. Meskipun sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu, bangunan di taman ini masih tampak kokoh. Hanya  beberapa bagiannya yang terlihat menghitam.

4. Fasilitas yang Memadai

Alasan lain mengapa taman ini tergolong tempat wisata rekomendasi yaitu karena adanya fasilitas yang lengkap. Adapun fasilitas-fasilitasnya yaitu area parkiran yang luas, toilet, toko-toko souvenir, toilet, serta warung makanan dan minuman. Dengan begitu, kenyamanan pengunjung akan terjamin.

5. Lokasi yang Strategis

Taman Sari memiliki lokasi yang cukup strategis yaitu berada di Jalan Tamanan, Patehan Kraton, Kota Yogyakarta, DIY. Disebut strategis karena lokasinya berada di sekitar 300 meter sebelah barat Keraton Yogyakarta. Sehingga, anda bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus saat berada di kawasan ini.

Itulah alasan mengapa wajib memilih Taman Sari Jogja sebagai destinasi wisata di saat berlibur. Anda bisa mengunjunginya bersama rombongan teman atau keluarga agar semakin seru dan mendapatkan pengalaman berlibur yang lebih mengasyikkan. Sebab, taman ini memiliki daya tarik yang cukup memikat.