Pantai Buyutan Pacitan: Perpaduan Keindahan Pantai dengan Tangga Bak Tembok Cina

Pantai Buyutan


Pantai Buyutan Pacitan
- Jawa Timur merupakan Propinsi yang menyimpan banyak potensi tempat wisata. tempat wisata di Surabaya dan Malang sudah tidak terhitung banyaknya. Di kota lain Seperti Pacitan terdapat tempat wisata hits yang banyak dikunjungi wisatawan.

Anda belum pernah melihat kemegahan Tembok Cina? Tentu saja Anda tidak perlu kuatir, Pantai Buyutan tempat wisata di Pacitan Jawa Timur ini sudah mewakili Anda untuk bisa melihat langsung Tembok Cina di negara asalnya. Kedua tempat sama-sama dibangun megah dan menyimpan sarat sejarah yang sampai sekarang masih terkenal. Tembok Cina dibuat untuk pertahanan dari serangan pasukan Mongolia, sedangkan Pantai Buyutan terkenal dengan kisah zaman dahulu yakni Dewa Narada.  

Sekarang ini Keindahan Pantai Buyutan Pacitan lebih dikenal daripada dongeng yang melatarbelakanginya, Anda bisa melihat Pantai Buyutan dari atas tebing ataupun dari bibir pantai yang mana untuk sampai pada tempat tersebut sudah dibangun tangga yang mirip dengan tembok cina. sebuah pengalaman yang menakjubkan ketika Anda bisa melihat keindahan Pantai Buyutan dipadukan dengan kemegahan tangga.

Fasilitas Berkunjung Ke Pantai Buyutan

Pantai Buyutan adalah pantai yang masih alami dan belum terlalu dikembangkan sebagai destinasi wisata, sehingga fasilitas yang tersedia masih terbatas. Namun, terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar pantai, antara lain:

1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

2.  Kios Makanan dan Minuman: Terdapat beberapa kios makanan dan minuman yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman tradisional.

3. Toilet: Terdapat beberapa tempat pembuangan air besar (TPA) dan tempat pembuangan air kecil (TPK) yang tersedia di sekitar pantai.

4.   Penginapan: Terdapat beberapa penginapan di sekitar pantai, seperti homestay dan villa, yang dapat disewa oleh pengunjung.

5.    Area Berkemah: Terdapat beberapa tempat yang cocok untuk berkemah di sekitar pantai.

6. Alat Snorkeling: Beberapa penyedia jasa menyediakan alat snorkeling yang bisa disewa oleh pengunjung untuk menikmati keindahan bawah laut pantai Buyutan.

Namun, pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi seperti tenda, makanan, minuman, dan perlengkapan lainnya karena fasilitas yang tersedia masih terbatas

Ketika hamparan pantai yang indah bisa terlihat jelas tanpa terhalang apapun dari atas bukit tentu merupakan tempat impian para wisatawan yang ingin memanjakan pandangan matanya. Semua itu bisa Anda dapatkan apabila mengunjungi Pantai Buyutan Pacitan. Tidak hanya itu Anda juga bisa dapat bermain pasir putih, karang Mahkota  yang konon ceritanya merupakan  kepunyaan Dewa Narada yang terjatuh.

Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti camping, renang maupun surfing disana, karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan airnya jernih sangat cocok untuk melakukan aktifitas tersebut. mengambil gambar atau foto dengan background hamparan pantai dan tembok besar merupakan view yang bagus maka tidak keliru para wisatawan juga telah menobatkan tempat ini menjadi tempat wisata yang instagramable di Jawa Timur.

 Rute Menuju Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di Desa Sumberdadi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Pacitan. Jika Anda berkendara dari kota Solo, perjalanan ke Pantai Buyutan memakan waktu sekitar 4 jam, sedangkan dari kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 5 jam. Pantai Buyutan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau travel. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus dari Terminal Arjosari Malang menuju Terminal Pacitan, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek atau menyewa kendaraan untuk mencapai Pantai Buyutan.

Mengunjungi Pantai indah di Pacitan Jawa Timur ini menjadikan pengalaman dan kenangan tambahan Anda, karena memang daerah Pacitan merupakan dataran tinggi. Medan yang menanjak dan berbelok akan Anda jumpai apabila berkunjung kesana tentu akan memacu andrenalin. Jarak yang lumayan jauh memerlukan stamina yang prima serta kendaraan yang layak jalan menjadi perhatian. Tentu semuanya akan dibayar lunas apabila Anda samapai ke tempat yang sangat indah ini. Lokasi Pantai Buyutan Pacitan berada di Desa Widoro, Donorejo Kabupaten Pacitan Jawa Timur, anda bisa bantuan dengan melihat (GoogleMAps).

Harga  Tiket Masuk Pantai Buyutan

HTM Pantai Buyutan Pacitan dikenakan retribusi Rp.5.000 per orang, namun Anda akan dikenakan biaya tambahan uang kebersiahan apabila melakukan kegiatan lain seperti camping dan tarif parkir kendaraan yang relative murah Rp.2.000 sd Rp.10.000. tentu biaya tersebut hanya dilokasi tujuan, untuk akomodasi tergantung wisatawan. Jam Buka Pantai Buyutan selama 24 Jam.

 Galeri Foto Pantai Buyutan

Lokasi Pantai Buyutan Pacitan
Keindahan Pantai Buyutan Pacitan

Tempat Wisata di Jawa Timur
Tempat Selfie di Pantai Buyutan

Tempat Wisata Keluarga
Tempat Rekreasi cocok buat anak


Tempat Wisata viral di jawa Timur