Bangka Belitung: Tempat Diving Yang Memesona


Tempat Diving Banka Belitung

Pulau Bangka Belitung termasuk dalam 12 Destinasi Diving di Indonesia yang menarik untuk dicoba oleh seorang diver. Pulau Bangka Belitung ternyata  memiliki sejumlah spot diving yang mengagumkan dan memesona. Spot diving di bagian Pulau Bangka adalah di Pulau Panjang  antara lain terdapat di Pulau ketawai yang mempunyai laut dengan terumbu karang sangat indah. Di beberapa spot terdapat berbagai jenis ikan yang sudah akrab dengan manusia. Mereka bisa berebut roti yang dibawa penyelam. Di sana juga terdapat penyu dan bintang laut yang mampu menghibur kita. “Bangka Belitung what a beautiful landscape dan underwaternya,” seru Citra.
Pulau Ketawai-Bangka Belitung
Pulau Ketawai-Bangka Belitung
Budi Setiawan, Direktur Belitung Adventure menyebutkan bahwa di kawasan Bangka  Belitung saja terdapat dua kelebihan untuk kegiatan diving dibandingkan dengan daerah lain. Yang pertama apa yang disebutnya sebagai underwater granit. Terbentuknya granit di kawasan ini terutama di Tanjung Kelayang dan sekitarnya bukan oleh aktifitas vulkanologi, tetapi interupsi magma dari perut bumi, yang kemudian menjadi dingin. Granitnya sambung-menyambung menjadi satu hingga membuat keindahan sendiri di bawah laut.

Yang kedua, Anda juga bisa menjadi melihat spot unik di selat Nasik, sekitar 100 kapal karam (Shipwreck) yang berasal dari negara cina dari abad ke 15 dan ke 16. Kapal-kapal itu berada di kedalaman 13-18 meter, tak ketinggalan diatasnya juga terdapat kapal pengggalan Belanda dan kapal penisi sisa-sisa  Perang Dunia ke -2  yang sudah menjelma menjadi cantik karena ditumbuhi beberapa terumbu karang.

Kamus Diving
Scuba dive: Self Contained Underwater Breathing Apparatus : menyelam dengan peralatan oksigen, wet suit, dive gear, pemberat badan, fin atau kaki katak lebih ringan dari real diving. Lisensi untuk scuba diving masih grey area, beberapa tempat memerlukan lisensi untuk menyelam namun di beberapa tempat lain tidak.
Real Diving: Sangat luas cakupannya, ada fun dive, discovery dive, night dive, free dive, dan masih banyak lagi , jadi yah cukup luas . Dibutuhkan dive gear seperti regulator, tabung oksigen, wet suit, google mask, pemberat badan, dan lisensi.
Snorkeling: Simple dive, untuk pemula disarankan pakai life jacket dan full snorkel mask gear. Biasanya sih untuk pemula yang senang hoping island.
Shipwreck: Kapal yang karam di dasar laut


Subscribe to receive free email updates: