Mengenal Tugu Soekarno, Tempat Wisata Sarat Sejarah


tugu soekarno palangkaraya

Mengenal Tugu Soekarno, Tempat Wisata Sarat Sejarah- Palangkaraya Kalimantan Tengah sekarang ini ramai dibicarakan masyarakat setelah pemerintah melalui Bappenas merekomendasikan sebagi Kota alternative untuk dijadian Ibukota RI menyusul rencana pemindahan Ibukota setelah Jakarta beberapa tahun ini mengalami banjir yang mengakibatkan semua kegiatan baik bisnis, pemerintah menjadi terganggu dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Beberapa kajian tentang calon Ibukota baru ini sedang dijalankan oleh pemerintah.  Joko  Widodo  sebagai Kepala Negara telah melakukan kunjungan untuk meninjau kelayakan Palangkaraya. selama Kunjungan Presiden RI ke– 7 ini mengunjungi  tempat wisata Tugu Soekarno yang berada di pusat Kota Palangkaraya.

Tugu Soekarno Sarat Sejarah Jadi Tujuan Wisata
Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Tugu Soekarno, Tugu yang diresmikan pada tanggal 17 Juli tahun 1957 oleh Presiden pertama ini menjadi simbol berdirinya Ibukota Propinsi Kalimantan Tengah. Dahulu Presiden Soekarno menginginkan Palangkaraya dijadikan  Ibukota Republik Indonesia, hal itu terungkap dalam buku “Soekarno dan Desain Rancang Ibukota RI di Palangkaraya”. Kandungan Sejarah pada Tugu Soekarno inilah yang menjadikan wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Tugu dengan ciri khas 17 pancang yang merupakan simbol tanggal berdiri nya Kota Palangkaraya ini telah menjadi tempat tujuan wisata di Palangkaraya, selain Taman Nasional Sebangau, Bukit Tangkiling , Pulau Kaja yang sudah dikenal wisatawan.

Fasilitas Lain di Tugu Soekarno
Apabila Anda berkunjung ke Tugu Soekarno,  tugu yang dilengkapi taman kota indah ini cocok untuk wisatawan duduk berlama-lama disini. Pepohonan yang rindang disertai semilir angina sangat betah. Pada sore hari, di tempat ini juga merupakan spot terbaik melihat  matahari terbenam. Karena lokasinya yang berada di tepian sungai Kahayan,  pada saat malam hari wisatawan juga bisa melihat indahnya jembatan Kahiyan yang bersolek dengan lampu kerlap-kerlipnya.

Lokasi Tugu Soekarno
Tugu yang telah menjadi penanda lahirnya kota Palangkaraya ini berada di Pusat Kota, tepatnya di Jalan S Parman Palangkaraya Kalimantan Tengah. Tugu Soekarnno ini juga berdekatan dengan Jembatan Sungai Kahayan, sungai terbesar di Palangkaraya.

Galeri Foto
Presiden Jokowi di Tugu Soekarno
Presiden Jokowi di Tugu Soekarno
lokasi Tugu Soekarno
Lokasi Tugu Soekarno

Subscribe to receive free email updates: