Spot Diving di Bali


spot diving di Nusa Peninda Bali
Pulau Bali -termasuk dalam 12 destiniasi Diving di Indonesia. Selain terkenal dengan  pulau yang kaya akan tempat wisata, di sekitar Pulau Bali terdapat banyak spot untuk menyelam. Di antaranya adalah Nusa Penida, sebuah pulau di sebelah tenggara pulau dewata ini. Di kawasan yang termasuk Kabupaten Klungkung ini terdapat dua pulau kecil di dekatnya, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Nusa Penida adalah yang terbesar dari ketiga pulau ini . Air di sini cukup dingin (karena arus laut) dan sangat jernih, dengan cantik ikan karang dan produktif, dengan beberapa kura-kura, hiu (termasuk karang abu-abu dan perak-tips) dan pada bulan Agustus hingga Oktober beberapa spesies seperti - Mola-Mola Sunfish (ikan yang aneh dan indah) berkeliaran.

Spot Menyelam

Salah satu spot menyelam di Nusa Pedina adalah Crystal Bay dive site. Kelebihan spot antara bulan Juni-Oktober).  Sangat beruntung kalau wisatawan bisa ke Toyapakeh dive site,  merupakan tempat yang bagus dan fenomenal, Wisatawan bisa ikan blue trigger dan hiu, tak ketinggalan Giant Trevallykenapa disebut bagus karena terhindar dari arus dan gelombang. Karang turun mencapai sekitar 40 meter dan sangat sehat. Daerah yang dangkal sangat baik untuk snorkeling.

Selain Nusa Pedina terdapat lokasi lain yaitu Tulamben. Ini adalah tempat lokasi Karang, ikan, dan bangkai kapal (wreck) di Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem membuatnya jadi tempat menyelam terfavorit, namanya bisa disejajarkan dengan Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan Bunaken, Sulawesi Utara. Kamila Andini adalah salah satu dari para diver yang eprnah mengalami sensasi melihat bangkai kapal. “Seru banget! Cuma saja memang ada sedikit takut akan gelap,” kata sutradara ini.

Sejarah Kapal USS Liberty
Wahyu Mulyono bahkan menyebutkan Tulamben merupakan kawasan diving yang sebetulnya cukup aman. “ Tidak apa-apa bagi pemula. Daya tariknya ada Wreck Diving, kapal tenggelam di kedalaman 6-67 meter hingga 40 meter. Kapal itu adalah USS Liberty yang disergap Jepang pas bersandar kena erupsi Gunung Agung. Bali masih punya satu lokasi lagi, yaitu Pemuteran, Bali bagian barat. Para diver bisa melihat terumbu karang yang cantik di kedalaman belasan meter. Buat pemula bisa,” tuturnya

Subscribe to receive free email updates: