Destinasi Arung Jeram Jawa Tengah

Arung Jeram di Sungai Serayu
Arung Jeram di Sungai Serayu
Destinasi Arung Jeram Jawa Tengah- Sungai Serayu Jawa tengah termasuk 20 Destinasi Arung Jeram Di Indonesia, Jawa Tengah mempunyai sejumlah lokasi arung jeram. Menurut Arief Romadhoni dari Sabana Rafting, yang sudah dieksplor di antaranya Sungai Serayu yang terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Lokasinya ditempuh kira-kira 3,5 jam perjalanan dari Jogjakarta dengan melewati lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pengunungan yang indah.

Sungai Serayu
Sungai Serayu ini mempunyai panjang 3719 km. Hulu Sungai Serayu berada di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo dan bermuara di Cilacap. Kabupaten  Banjarnegara, Wonosobi, Banyumas  Purbalingga, Kebumen  dan Cilacap merupakan enam kabupaten yang dilintasi oleh kali Serayu

Kelebihan Sungai serayu dari sungai lain untuk lokasi arung jeram adalahlebar sungai yang besar , rute untuk pengarungan panjang serta tinggi debit air yang merata sepanjang tahun dengan grade III+ serta pemandangan sekitar sungai yang indah. Startnya dimulai dari Blimbing di kawasan Wonosobo hingga Singomerto. Sungai ini tergolong aman.

“Sungai Serayu mempunyai puluhan jeram yang jaraknya pendek-pendek, ada yang tak sampai seratus meter. Jarak yang dieksplor sejauh 34 km, kami bagi menjadi tiga trip, 14, 16, 18 hingga 25 km-an. Trip terjauh ditempuh dengan jarak 4-5 jam. Kondisi air bila musim hujan cepat naik, tetapi juga cepat turun,” tutur Arief.

Sungai Progo
Kedua adalah Sungai Progo yang terbagi dua. Sungai Progo Atas terletak di Kabupaten Magelang, Lebih kurang 1 jam dari Jogjakarta.  Kondisi  cukup menantang untuk dijadikan tempat pengarungan, durasi 3 jam an dan grade kelas II-III, sangat cocok bagi Anda yang belum pernah berarung jeram atau sekedar ingin berwisata bersama keluarga karena tingkat bahayanya yang relatif rendah. Menurut Arif lebar sungainya sekitar 30 meter, debit airnya turun naik dengan cepat. Start poin dari Kyai langgeng hingga Salaman. Rute sejauh 10 km dengan 4 hingga 5 jaram yang bagus. Di bagian ini terdapat “hole” tetapi bila air normal menjadi jeram. Tarif operator di progo atas per orang Rp190 ribu hingga Rp300 ribuan.

Sementara Sungai progo Bawah lebih diperuntuk bagi mereka yang lebih ekspert. Lebar sungainya 40-50 meter. Grade-nya bisa 4 karena selain lebarnya ada yang mencapai 100 meter, banyak sungai di Jawa Tengah mausknya ke Progo Bawah ini. Itu sebabnya ketika mendekati titik tertentu seperti dam ancol perahu bisa diangkat lalu diletakan kembali ke sungai setelah dam. Dari Porgo Bawah dimuali dari Klangon dan finish di bawah Jembatan Kreo, sudah masuk Yogyakarta. Tarif  progo Bawah per paket harga Rp2 juta.

Sungai Elo di Magelang paling baik untuk pemula atau grade 2 hingga garde 3 atau boleh disebut trip fun. Jarak tempuhnya 12 km. Paketnya Rp270.000/perahu. Tamu kebanyakan dari kota-kota Jawa tengah, tetapi ada yang dari Bekasi.

Subscribe to receive free email updates: