Bukit Kosakora: Menikmati Keindahan Alam di Yogyakarta


Bukit Kosakora Gunungkidul
Bukit Kosakora-Berwisata dengan mengunjungi tempat yang mempunyai spot-spot bagus untuk bisa menikmati keindahan alam sangatlah menyenangkan.  Namun untuk bisa melihat dan menikmati keindahan alam biasanya wisatawan mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai ketinggian, seperti pegunungan dan bukit. Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta yang mempunyai karakteristik wilayah pegunungan telah menjadikan Gunungkidul mempunyai banyak bukit. Salah satu bukit yang ada di Gunungkidul adalah Bukit Kosakora

Nama Bukit Kosakara sendiri mempunyai sejarah yang unik, menurut beberapa orang yang berjualan disekitarnya, dahulunya Bukit Sakora merupakan bukit yang jarang didatangi oleh orang, hanya para peternak saja yang mencari rumput untuk ternaknya, orang sekitarnya lebih mengenal Bukit Ngrumput, sehingga pantai yang lokasinya dibawahnya juga dinamakan Pantai Ngrumput.

Bukit Ngrumput berganti nama menjadi Pantai Sakora merupakan pemberian nama oleh wisatawan, suatu nama yang lahir dari keadaan, dulu menurut riwayatnya ada wisatawan yang terpesona dengan bukit Ngrumput ini, dan secara spontan ingin berkemping, namun persiapan yang minim akhirnya mereka menggunakan sarana seadanya, berupa selembar Koran untuk alasnya. Akhirnya mereka membuat akronim Koran sak lembar kopi ora ana = KOSAKARA, yang artinya Koran satu lembar kopi juga tidak ada. Nama inilah yang akhirnya menjadi terkenal.

Tempat Kemping dan Melihat Sunset
Suasana pegunungan  yang sejuk dan asri, membuat para wisatawan betah berlama lama di bukit ini, mereka lebih suka mendirikan tenda/ kemping untuk bisa lebih banyak berinteraksi dengan alam. Hal ini dikarenakan juga lokasi perbukitan yang cukup luas dan datar menjadikan tempat yang cocok untuk berkemah. Hampir setiap hari Bukit Kosakora tidak pernah sepi oleh pengunjung. Mereka biasanya datang dengan berkelompok dengan teman ataupun dengan keluarga.

Fasilitas Lain di Bukit Kosakora
Apabila wisatawan mengunjungi bukit Kosakora ini, diharapkan sekitar jam 15.00 WIB menjelang sore. Selain bisa menikmati pemandangan pantai selatan dari ketinggian, wisatawan juga bisa melihat momen sang surya matahari kembali keperaduannya. Memang bisa menikmati sunset dari ketinggian merupakan suatu kejadian yang sangat mengesankan untuk diabadikan.

Tidak hanya itu,  saat sunset di Bukit Kosakora ini wisatawan bisa mendapatkan spot foto yang sangat bagus dan instagramable. Dengan latar background matahari terbenam, pancaran rona merah membalut cincin matahari menghasilkan foto  yang eksotik. Banyak wisatawan dibuat takjub ketika bisa melihat sunset dari atas Bukit Kosakora Gunungkidul ini.

Lokasi Bukit Sakora
Rute dan lokasi bukit Kosakora
Rute dan lokasi bukit Kosakora
Bukit yang sedang disukai oleh para wisatawan ini berada di atas Pantai Ngrumput Gunungkidul, untuk sampai ke atas bukit ini, wisatawan diharuskan melakukan trek dengan cara berjalan kaki dari tempat parkir, menuju pantai Ngrumput terus menaiki tangga untuk bisa sampai diatas bukit. Diperlukan stamina dan kehati-hatian untuk sampai keatas, karena medannya yang lumayan menantang.

Apabila wisatawan berada di tempat wisata Yogyakarta lainnya seperti Marlioboro, diperlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh 62 KM. anda juga bisa memakai Googlemaps sebagai sarana penujuk rute dan lokasi Bukit Kosakara ini.

Galeri Foto Bukit Sakora Gunungkidul
Tempat Kemping di Yogyakarta
Tempat Kemping di Yogyakarta
Pantai Ngrumput Yogyakarta
Pantai Ngrumput Yogyakarta
Sunset di  Gunungkidul Yogyakarta
Sunset di  Gunungkidul Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates: