Spot Diving di Pahawang Lampung



Spot Diving di Pahawang - Lampung mempunyai tempat wisata yang sangat indah, selain Anambas Pahawang menjadi daya tarik wisatawan. kawasan Pulau Pahawang Lampung merupakan spot baru untuk diving dan  termasuk dalam 12 destinasi Diving di Indonesia.Menurut Ganip Purwanto, diver dari Langeng Wisata, sedikitnya terdapat tiga spot untuk menyelam di Pahawang. 

Kelebihannya pada terumbu karangnya yang bagus, didominasi warna ungu, terumbu karang api, serta yang warna kuning. Terdapat juga ikan-ikan nemo yang jumlahnya banyak, serta ikan yang berwarna belang perak-hijau yang berebut roti ketika dilempar pengunjung.

“Sayangnya spot ini sebaiknya bagi para diver yang sudah punya sertifikat. Panorama indah itu bisa dilihat pada kedalaman 4-5 meter, bisa dengan snorkeling. Tetapi kalau tidak mahir sebaiknya jangan karena spot baru dan ada terumbu karang yang bisa menimbulkan gatal kalau tersentuh,” tutur pria kelahiran 1989 ini. Tambahnya spot baru ini lebih baik dari Karimun Jawa, walau strukturnya sebetulnya ada kesamaannya.
 
Bawah Laut Pulau Pahawang
Bawah Laut Pulau Pahawang
Seorang blogger Titis Apdini dalam tulisannya di Kompasiana juga mengungkapkan hal serupa tentang spot snorkeling di Pahawang Besar. Biota lautnya masih beragam, warna batuan karang pun berwarna-warni cerah. Ada ikan pisau-pisau yang makan seperti kuda laut dengan posisi vertikal. Titik lain ialah di Pulau Pahawang kecil. “ Alam bawah laut masih terjaga indah,” katanya.

Lokasi Pulau Pahawang
Secara administratif PulauPahawang termasuk kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Untuk ke sana dapat ditempuh perjalanan sekitar tiga jam dari Pelabuhan Bakahuni. 

Tarif Snorkling
Untuk snorkeling ke tempat itu menurut Ganip tidak diperlukan biaya besar, pihaknya hanya mematok tarif sekitar Rp485.000 (belum termasuk peralatan). Sementara Titis Apdini yang berangkat secara rombongan menghabiskan biaya di atas Rp1,5 juta

Subscribe to receive free email updates: