12 Kuliner Khas Jogja Yang Wajib Anda Cicipi


Kuliner Jogja-  Sebagai kota mahasiswa dan pendatang (lebih dari 300.000 mahasiswa, karena ada lebih dari 50 universitas di Jogjakarta), maka warung makanan, restoran dan catering sangat banyak di kota ini. Ditambah lagi sebagai kota tujuan wisata, hampir setiap sabtu minggu membuat lalu lintas jogja sangat padat. Saking banyaknya, amat sulit menentukan kuliner Jogja yang paling enak. Semua kuliner di Jogja identik dengan enak dan murah. Berikut 12 Kuliner khas Jogya yang wajib Anda Cicipi apabila berkunjung di kota pelajar ini:

1. GUDEG JOGYA
Gudeg Jogya
Gudeg Jogya
Gudeg adalah Jogja. Banyak mahzab gudeg di Jogja. Yang klasik adalah gudeg Juminten, yu Jum, bu Achmad barek, dan bu Citro. Sesungguhnya masih banyak lagi warung gudeg yang memiliki keunikan tersendiri. Gudeg Pawon misalnya, cukup khas, buka jam 11 malam sampai habis (biasanya jam 2 sdh habis). Disini kita makan Gudeg malam-malam setelah selesai dimasak, langsung mengambil di Pawon (Pawon=dapur). Gudeg ini berkuah dan tidak tahan lama, tidak seperti gudeg kering/kendil yang dijual sepanjang hari. Masih ada gudeg lesehan yang rata-rata enak, namun gudeg lesehan Malioboro sudah kehilangan sentuhan khas Jogja, murah, enak, sambil ngobrol dengan orang yg tidak kita kenal sambil melihat suasana Jogja. Pilihan favorit Travelgad adalah Gudeg Juminten atau gudeg  Pawon.           

Beberapa lokasi gudeg lainnya di Jogja adalah:       
Gudeg Permata           Jl. Kusumanegara
Gudeg Mbak Sasha     Jl. Affandi Gejayan
Gudeg Pawon              Jl. Dr.Soepomo/Janturan
Gudeg Bromo              Jl. Affandi, depan Visitel
Gudeg Sagem              Utara SMA Negeri 1
Gudeg Batas Kota       Jl. Urip Sumoharjo
Gudeg Tugu                 Jl. Sultan Agung

2. BAKMI JAWA /BAKMI NYEMEK
Bakmi Jawa/Nyemek
Bakmi Jawa/Nyemek
Pilihan kedua makanan khas Jogja adalah bakmi nyemek. Berbeda dengan bakmi yang lain, bakmi Jogja gurih dan enak. Bakmi Jawa menggunakan dua macam mie dalam satu masakan yaitu mi kuning basah dan bihun, menggunakan telur bebek dan taburan bawang goreng be-serta seledri. Bakmi jawa ditemui di banyak tempat di Yogyakarta. Ciri khas yang lain, bakmi jawa dimasak dengan menggunakan tungku arang yang dimasak perporsi untuk mempertahankan rasa. Selain mi goreng dan mi rebus, akan ditemukan Magelangan, yaitu nasi goreng yang dimasak dengan mie dan juga bakmi goreng nyemek (mi goreng dengan masih tersisa sedikit air kaldunya)

Hampir semua bakmi nyemek di Jogja enak. Namun yang terkenal bakmi Kadin Permata, Pak Hadi terban, dan Pak Pele Alun-alun. Untuk menikmati sepiring bakmi nyemek, Anda harus siap antri cukup beberapa jam, apalagi waktu liburan. Pilihan favorit Travelgad adalah Bakmi Pak Pele di pojok alun-alun utara.

Beberapa lokasi bakmi jawa yang populer adalah:
Bakmi KADIN            Jl. Kusumanegara
Bakmi Pele                  Pojok alun-alun lor
Bakmi Mbah Mo         Jl. Bantul
Bakmi Pak Tris            Pasar manding Bantul
Bakmi                          Jokteng Wetan

3.OSENG-OSENG MERCON
Oseng-Oseng Mercon
Oseng-Oseng Mercon
Sangat cocok bagi Anda yang suka dengan kuliner pedas, kuliner khas Yogyakarta  patut dicoba. Bahannya dari tetelan sapi yang ditumis dengan cabai rawit. Harganya sekitar 13.000 rupiah untuk satu paket nasi dan oseng-oseng mercon. Oseng-oseng ini dijual oleh beberapa warung di sepanjang Jalan KH A Dahlan. Yang paling enak dan asli pilihan Travelgad adalah oseng-oseng mercon Bu Narti yang berlokasi di depan gule kepala ikan Mas Agus (sebelah kiri jalan masuk ke SMA Muhammadiyah Lima).

4. ANGKRINGAN
Angkringan
Angkringan 
Angkringan adalah makanan yang menjamur di banyak tempat di Yogyakarta. Hampir semua sudut Jogja terdapat Angkringan. Murahnya makanan yang dijajakan di Angkringan membuat tempat makan yang berbentuk gerobak dorong atau pikul seperti kakilima ini sangat populer. Di Yogya, nasi kucing (Sego kucing) khas angkringan dijual hanya dengan harga 1000-2000 rupiah saja lengkap dengan dua macam pilihan lauk standar yaitu tumis tempe buncis atau sam-bal teri. Makanan penyertanya seperti usus, sate jerohan ayam, sate telur puyuh juga dijual dengan harga 1000-3000 rupiah saja per tusuknya.tahu dan bacem bisa dipanaskan kembali. Pilihan favorit Travelgad adalah angkringan Pak Jabrik di Jalan Mangkubum depan KR Dekat Tugu dan angkringan Pak Tarno di Sagan.

Jika anda makan di angkringan di Jalan mangkubumi, jangan lupa mencicipi kopi jos. Ketenaran Kopi Jos ini sudah tak terkatakan lagi. Bisa dipastikan setiap pelancong penikmat kopi yang ke Jogja pasti akan mampir ke angkringan jadul di Jalan Mangkubumi, dekat pintu keluar Stasiun Tugu untuk menyicipi Kopi Jos. Kopi Jos hanyalah kopi hitam pekat namun yang membuatnya istimewa adalah arang yang membara yang dimasukan ke dalam kopi. Anda akan menemukan sensasi ketika meminumnya.

Beberapa lokasi angkringan lainnya yang cukup ramai di Jogja adalah:
  • Angkringan utara stasiun tugu.  Banyak  penjual angkringan berjejer dengan tempat makan lesehan ditrotoar. Yang terkenal disini adalah kopi jos Lek Man dimana arang bara yang menyala dicelupkan di kopi tubruk sehingga terdengar bunyi jos di gelas
  • Angkringan di Jalan Pramuka dan Jalan Mondokaran Kotagede menjual relatif lebih lengkap makanan di salah satu bangunan di pertigaan jalan. Yang khas disana adalah sate keong, nasi bakar, oseng keong, es asem, es jahe dan macam-macam baceman yang lezat.
  • Angkringan di Jalan Dewa Nyoman Oka, Kotabaru. Beberapa angkringan berjajar disana dengan banyak sekali kaum muda bersantai sambil melihat pemandangan lembah code di malam hari. 
  • Angkringan depan kolam renang UNY.  Bila Anda makan di angkringan ini harga lebih murah dengan kualitas  makanan yang bermutu. Sekitar pukul 8 malam akan ditemui banyak sekali motor dan mobil berjajar untuk jajan di angkringan ini.
  • Angkringan pak Jabrik depan Kantor Kedaulatan Rakyat Mangkubumi Yogyakarta. Di Angkringan yang satu  ini menjual harga yang relatif lebih mahal. Namun makanan yang disediakan disini lebih bervariasi.
5. SOTO AYAM
Soto Ayam Khas Yogyakarta
Soto Ayam Khas Yogyakarta
Soto Jogja berbeda dengan soto yang kita kenal. Soto Sawah, Soto melati, soto kadipiro, Soto Sholeh. Soto pak Sholeh, terka-dang belum jam 1 siang sudah habis! Ada lagi soto ayam pak gareng. Soto ini letaknya di depan Stasiun Tugu Yogyakarta. Harganya yang cukup murah dengan harga itu Anda sudah bisa menikmati semangkuk soto ayam kampung yang lezat rasanya. Coba tambahkan sate ayam, sate jerohan maupun pesanan khusus sayap, kepala atau paha ayam kampung dan ciri khasnya: Lenthuk, perkedel ubi yang khas. Soto ini hanya buka mulai pukul 06.00 pagi hingga habis, yaitu sekitar pukul 11 siang. Pilihan Plesir adalah Soto Sholeh atau Soto Pak Gareng.

6. SATE KLATHAK
sate klatak Pak Pong
Sate Klatak
Sate Klathak adalah varian sate khas Imogiri.  Dimasak dengan jeruji tanpa bumbu, hanya dengan garam yang dipanggang diatas api sampai menimbulkan bunyi gemeletak. Selain sate, terdapat menu tongseng dan gule disini. Sate klathak yang terkenal adalah sate klathak Pak Pong di Pasar Jejeran di Jalan Imogiri Timur Jogja.

7. SEGO PECEL BU WIRYO
Sego Pecel Bu Wiryo
Sego Pecel Bu Wiryo
Mungkin bagi anda yang sudah berusia 40 tahun atau lebih, Sego Pecel dan Sop Bu Wiryo merupakan makanan nostalgia yang dulu dapat dinikmati di kantin fakultas teknologi pertanian dan fakultas kehutanan UGM. Setelah berjualan lebih dari setengah abad, Sego Pecel ini masih eksis walau banyak sekali jenis makanan baru yang bermunculan di Yogyakarta. Warung Sego Pecel disingkat dengan SGPC. Pengunjung akan dihibur dengan alunan musik keron-cong dan bossa nova live oleh kelompok musik yang manggung disana

8. SUP KEMBANG WARU BERINGHARJO
Sup Kembang
Sup Kembang
Sup kembang waru ini biasanya disuguhkan pada saat hajatan pengantin. Belum banyak sup ini didapatkan dengan membeli. Tetapi di pasar beringharjo, sup ini disediakan oleh seorang pedagang dengan pengunjung tiap hari cukup banyak.  Sup ini tersedia di lantai atas pasar Beringharjo.

9. BRONGKOS
Brongkos
Brongkos
Brongkos memang mirip dengan rawon hanya saja brongkos menggunakan santan, dan isinya lebih bermacam-macam. Rasanya lebih gurih, dan pedas manis. Isinya daging, kacang tolo, tahu, dan telur

10. SEGA GENENG
Sega Geneng
Sega Geneng
Disebut Sega Geneng karena masakan ini berupa nasi dengan lauk pauk sejenis gudeg dan ikan lele. Yang paling khas dari Sega Geneng ini adalah lauknya yang berupa ikan lele bakar yang kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu. Hanya saja bumbu yang digunakan di sini lebih dominan rasa pedas atau cabainya. Tidak mengherankan jika tampilan masakan lelenya tampak mengkilat dengan kuah warna merah. Bagi yang tidak tahan pada rasa pedas, dijamin akan bercucuran air mata.

11. SATE SAPI KARANG
Sate Sapi Karang
Sate Sapi Karang
Sate daging sapi dengan sayur kupat lontong, buka setiap sore hingga malam. Lokasinya berada di lapangan Karang Kotagede

12. ANEKA MASAKAN KALKUN
Masakan Kalkun
Masakan Kalkun
Mungkin memang masih terasa asing di telinga. Namun di Jogja terdapat sebuah restoran dengan menu serba kalkun. Namanya Warung Kalkun Jogja. Alamatnya be-rada di jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan no.19. Kalkun merupakan makanan yang jauh lebih sehat daripada ayam, bebek, burung dara, burung puyuh, dan semacamnya, karena daging kalkun rendah lemak dan rendah kolesterol, dan rasanya lebih mirip ayam kampung yang super delicious itu.

Ada beberapa menu andalan di sini. Rica-rica Kalkun, Sop Kalkun, Kalkun Goreng, Kalkun Panggang, Mie Kalkun, Kalkun BBQ. Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan mi-numan special seperti Stup Jambu, Markisa, Markola, Wedang Tape, dan lain-lain
 

Subscribe to receive free email updates: