Wakatobi, Spot Diving Terbaik

Wakatobi Sulawesi Tenggara

Untuk kawasan Sulawesi termasuk dalam 12 Destinasi Diving Indonesia,  Wahyu merekomendasi kawasan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini mempunyai luas 1,39 juta hektar. Spot-spot yang menarik di kawasan itu ada Hoga dan Tomiya, yang mempunyai kedalaman hingga 40 meter Wall.  Namun untSpot yang aman sekitar Hoga. Spot Mari Mabuk paling aman karena dangkal hingga kedalaman 40 meter. “Di sana banyak soft coral. Snorkeling juga aman di sini. Ikannya juga banyak,” paparnya.

Anton Thedy TX Travel dan Arif Firmansyah dalam bukunya 50 Wisdom membenarkan Pulau Hoga dan juga Pulau One Mombaa sebagai lokasi yang bagus taman bawah laut. Dalam areal Wakatobi terdapat 25 gugusan terumbu karang dan rumah bagi biota laut.  Kawasan ini sudah terkenal akan kekayaan spesies koralnya, seperti yang diungkapkan oleh Ekspedisi Wallacea dari Inggris Tahun 1995. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia.

Wakatobi Kaya Biota Laut
Sumber lain menyebutkan lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili diantaranya Acropora formosa, A. Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp yang tinggal harmonis bersama penghuni bawah laut lainnya. Sedangkan 93 jenis ikan yang terdapat disini diantaranya baronang, ikan merah, napoleonpogo-pogo dll. Ikan pari manta juga terdapat disini.

Di Wakatobi ini kedalamannya yang bervariasi mulai curam sampai datar. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter. Kamila Andini juga merasakan keindahan Wakatobi ketika menyutradarai filmnya. Bagi sutradara itu pengalamannya sebagai diver melihat berbagai terumbu karang yang jelita dan masih asli, ikan hias berbagai jenis, hingga wall yang dalam. Keindahan ini melengkapi hamparan laut biru, serta pasir putih.

Pengalaman Kharisma Citra
Kharisma Citra, 26 tahun, salah seorang diver muda pernah melakukan diving di Wakatobi pada Mei 2014 lalu rela mengeluarkan kocek untuk sekali trip diving , sewa gear dan pendampingan Rp1.5 juta. Itu belum termasuk tiket pesawat dan penginapan. Budgetnya Rp4-5  juta, tetapi all in-nya bisa sampai Rp9 juta. Itu sepadan dengan apa yang didapat.
“Sewaktu diving di Wakatobi saya sempat bertemu ular laut, bermain dengan ikan Nemo (dalam film kartun kondang Walt Disney) dan mengenal nudi brachs,” cetusnya. Waktu menyelam di pulau Hoga, kelahiran 1988 ini mengaku mampu sampai kedalaman 9 meter, dengan teman-teman dan didampingi instruktur berlisensi.

Lokasi Taman Nasional Wakatobi
Untuk Anda yang sudah pernah jelajah nusantara mungkin sudah pernah mampir dan merasakan keindahan bawah laut Wakatobi yang termasuk 50 Taman Nasional di Indonesia. Lokasinya ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Anda juga bisa menggunakan teknologi (Googlemaps) karena keindahan Wakatobi tidak bisa dixplore dalam sehari, usahakan Anda bis a menginap di Dive Resort Wakatobi. rasakan kenyamanan dan kedamaian di resort tersebut.

Galeri Foto Di Diving Wakatobi
Dive Resort Wakatobi
Dive Resort Wakatobi
Biota Laut Wakatobi
Biota Laut Wakatobi
Spot Diving di Wakatobi
Spot Diving di Wakatobi

Subscribe to receive free email updates: