Candi Prambanan: Simbol Kejayaan Hindu Di Tanah Jawa


Candi Prambanan

Selain Jalan Malioboro, Candi Prambanan bisa menjadi list utama Anda ketika berwisata sejarah di Yogyakarta. Candi Hindu terbesar peninggalan abad ke-IX ini merupakan candi peninggalan Rakai dan Rakai Balitung simbol kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi Prambanan dari dulu sampai sekarang tetap menjadi tempat wisata di Yogyakarta dan selalu menjadi tujuan utama wisatawan lokal dan mancanegara.

Pesona Abadi Sang Roro Jonggrang
Menempati areal taman luas nan indah, Candi Prambanan menjulang tinggi 47 meter, lebih tinggi dari pada Candi Borobudur. Candi yang sangat erat dengan legenda Bandung Bondowoso dan Rara Jongrang ini memiliki tiga candi utama yaitu Wisnu, Brahma, dan Siwa, lambang dari Tri Murti dalam ajaran Hindu.

Hari Raya Nyepi
Setiap tahun Candi Prambanan dimeriahkan dengan acara Tawur Agung, yaitu ritual agama Hindu yang diselenggarakan pada malam sebelum Nyepi yang jatuh pada malam bulan baru di bulan Maret atau April. Di mana roh-roh jahat diusir dengan membakar patung Ogoh Ogoh besar yang merupakan simbol roh jahat yang terbuat dari kertas sebelum matahari terbit. Ritual upacara ini yang dimulai tengah hari sebelum hari raya Nyepi, banyak menarik wisatawan lokal maupun internasional karena patung Ogoh Ogoh yang besar itu diarak dalam parade yang berisik.

Seperti halnya relief yang terdapat di dalam Candi Prambanan yang mengisahkan tentang Ramayana, Candi Prambanan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu juga memiliki agenda acara pertunjukkan Sendratari Ramayana yang dibawakan oleh penari-penari profesional dalam rangkaian gerak tari khas Jawa dengan iringan musik gamelan. Sendratari ini sendiri telah meraih berbagai penghargaan. Terakhir pada tahun 2012 mendapat penghargaan Pacific Asia Travel Asociation (PATA) Gold Awards me-ngalahkan 180 kontestan dari 79 negara untuk kategori “Heritage”.

Sebagai penutup  wisata Candi Anda, tidak ada salahnya untuk mengunjungi candi-candi lain seperti Candi Plaosan, Candi Ijo, Candi Tara, dan Istana Ratu Boko yang tidak jauh dari Prambanan

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Apabila Anda berkunjung di Candi Prambanan, anda akan di kenakan HTM Candi Prambanan sebesar Rp.40.000 untuk dewasa dan Rp.20.000 untuk anak dibawah 10 tahun. Anda bisa exlplore sejarah kerajaan Hindu pada jaman dahulu.Buka pada Pukul.06.00 -17.00 WIB.

Lokasi Candi Prambanan
Bagi Anda yang sudah sering jelajah Kota Yogyakarta mungkin tidak asing lagi dengan Candi Prambanan. Candi peninggalan Hindu ini sudah melegenda dan telah dicatatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Lokasi Candi ini tepatnya di Kranggan Kecamatan Prambanan Sleman Yogyakarta. Atau Anda bisa mengaktifkan GPS dengan memakai aplikasi (Googlemaps)

Galeri Foto Di Candi Prambanan
Wisata Candi
Wisata Candi (Foto:@chrystie120)
Tempat Wisata Di Yogyakarta
Tempat Wisata Di Yogyakarta(Foto:@utaryfm)
 Prambanan Malam hari
Suasana Prambanan Malam hari
Relief di Candi Prambanan
Relief di Candi Prambanan
Sejarah Candi Prambanan
Sejarah Candi Prambanan



Subscribe to receive free email updates: