8 Kuliner Aceh Yang Wajib Anda Cicipi


8 Kuliner Aceh Yang Wajib Anda Cicipi- Aceh memang salah satu surganya kuliner dari wisata domestik Indonesia (Wisdom). Selain memiliki keragaman kekayaan alam dan budaya, Aceh juga memiliki kekayaan nilai-nilai agama Islam yang sangat kuat. Aceh merupakan Provinsi di Indonesia yang menerapkan hukum syariat Islam, sehingga mempengaruhi ragam kulinernya yang kesemuanya halal, berikut 8 Kuliner Aceh Yang Wajib Anda Cicipi:

1. MIE ACEH AYAH
Resep mie Aceh
Mie Aceh 
Masakan khas Aceh didominasi dengan masakan yang kaya akan bumbu. Keistimewaan Mie Aceh Ayah ini dimasak dengan menggunakan tungku berbahan bakar arang sehingga aroma mienya terasa lebih nikmat. Dengan ditambahkan seekor kepiting utuh menambah cita rasa dari mie ini.

2. AYAM TANGKAP
Resep ayam tangkep lezat
Ayam Tangkep
Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh Besar, terbuat dari ayam yang digoreng dengan cabe hijau dan daun Teumuru atau Salam Koja atau Daun Pandan. Rasanya memang seperti ayam goreng biasa, namun yang membuatnya lezat karena ditambah bumbu dan aroma dari daun teumuru dan cabai hijau tersebut, sehingga mempunyai sensasi rasa yang berbeda. Ayam digoreng bersamaan dengan bumbu-bumbu dan potongan daun-daun tersebut. Saat disajikan potongan ayam goreng menyelinap tersembunyi di balik tumpukan daun teumuru, daun pandan dan cabai hijau goreng serta taburan bawang goreng di atasnya. Nikmatnya? Tak terhingga

3. SOP SUMSUM LANGSA KUTARAJA
Sop Sumsum Langsa Kutaraja
Sop Sumsum Langsa Kutaraja

Sop sumsum ini disajikan utuh bersama dengan tulang sapinya yang berukuran besar. Di dalam tulang sapi yang sudah dipotong dan dibersihkan, sumsum dapat dinikmati dengan cara yang unik. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan sedotan untuk menyedot sumsumnya. Kuah sopnya bening namun kaya rasa. Dapat dinikmati dengan nasi dan lauk lainnya.

4. KOPI ARABICA GAYO RUMOH ACEH
Kopi Arabica Gayo Rumoh Aceh
Kopi Arabica Gayo Rumoh Aceh
Nah, minuman yang satu ini memang jagoannya Aceh. Kopi Aceh memang sangat terkenal. Kopi Aceh dihasilkan dari perkebunan kopi di dataran tinggi Aceh Gayo. Rasa Kopi Aceh ini memang terasa nikmatnya, karena konon kopi Aceh memiliki kandungan istimewa yang tidak dimiliki kopi dari daerah lainnya.

5. MARTABAK ACEH
maskan khas  aceh
Martabak aceh
Martabak khas Aceh ini berbeda dengan martabak telur yang biasa kita kenal. Martabak ini menggunakan roti cane sebagai kulitnya. Dan dengan campuran telur serta sedikit daun bawang, martabak khas Aceh ini terasa amat gurih dan sedikit pedas, cocok disantap sebagai cemilan teman minum kopi.

6. KUE ADEE
Kue khas Aceh
Kue Adee
Kue tradisional khas Aceh ini disebut Kue Adee. Jenisnya seperti bingkang yang rasanya amat manis. Banyak dan bisa ditemui di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Adee merupakan jenis kue bertekstur lembut, legit, dan manisnya berasal dari gula asli

7. ROTI CANAI DAN TEH TARIK CANAI MAMAK
Teh tarik aceh
Teh Tarik

Roti Canai dan teh tarik merupakan tren ngopi-ngopi anak muda Aceh saat ini. Cocok disantap saat berkumpul dengan keluarga ataupun teman-teman. Kedai roti canai yang satu ini memang cukup terkenal di Banda Aceh. Namanya Canai Mamak. Canai Mamak berdiri tahun 2005, setelah tsunami. Peristiwa besar yang mengguncang sisi kemanusiaan dunia membuat sang chef, Tomi, pemuda asli Sigli kembali ke kampung halaman setelah sekian tahun merantau di negeri seberang Malaysia.
Berbekal pengalaman dan keahlian yang di dapat dari sana, dia membuka usaha canai mamak dengan satu gerobak sederhana di depan ruko di daerah Teuku Umar, Seutui, Banda Aceh. Kini Canai Mamak KL telah memiliki 2 outlet di Banda Aceh. Kedainya selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung. Roti canai yang ditawarkan kedai ini cukup beragam.Mulai dari Roti Canai Telur Bawang Kari, Canai Durian,Canai Cokelat, dan Canai aneka rasa. Untuk teh tarik tersedia dingin dan panas.

8. RUJAK ACEH
Rujak Aceh
Rujak Aceh tak jauh beda dengan rujak buah pada umumnya. Yang membedakannya adalah digunakannya buah rumbia khas Aceh. Biasanya buah-buahan ini bisa diserut atau dipotong-potong sesuai selera saat disajikan sehingga bumbunya amat terasa meresap ke dalam buah-buah segarnya.

Subscribe to receive free email updates: