Arung Jeram Di Sumatera Barat

Sumatera Barat termasuk dalam 20 Destinasi Arung Jeram Di Indonesia, Ya, Ranah Minang mempunyai beberapa sungai yang sudah dieksplorasi untuk wisata arung jeram. Di antaranya yang paling terbaik ialah Sungai Ombilin dan Sungai Batang Sinama. Anda bisa mencoba arung jeram di dua sungai yang sudah terkenal di Sumatera Barat ini.

Sungai Ombilin
Sungai yang berhulu di Danau Singkarak. Menurut Raqa Yani dari Sumatera Adventure, start dimulai dari Danau Singkarak memasuki sungai Ombilin kemudian finish di Balimbing sejauh 8 km dan Talau sejauh 14 km (trip dua). Masing-masing untuk durasi perjalanan 3 dan 5 jam. Lebar sungai 15-20 meter.
Arung Jeram di  Sungai Ombilin Sumatera Barat
Arung Jeram di  Sungai Ombilin Sumatera Barat
Tarif dan Keistimewaan Arung Jeram di Sungai Ombilin                                      
“Arung jeram di Ombilin tergolong Grade dua plus, bisa untuk family. Kelebihannya trip melintasi hutan yang masih alami, bisa melihat sarang kelalawar. Airnya juga jernih. Kemudian dalam suatu spot melintasi mapung yang banyak rumah asli Minang. Para peminat banyak datang dari manacnegara, terutama bule,” ujar Raqa ketika dihubungi Travelgad. Pihaknya memasang tarif Rp350.000/orang untuk turis bule dan Rp200.000/orang untuk lokal. Satu perahu untuk enam tamu dan satu skipper.

Sungai Batang Sinama
Sungai yang lain direkomendasikan ialah Sungai Batang Sinama di kawasan Kabupaten lima puluh Kota. Akses menuju pemberangkatan arung jeram cukup berat karena harus memakai mobil jenis jep. Daerah yang sudah dieksplor 10 km untuk bagian bawah, hanya enam kilometer pertama yang penuh jeram (termasuk grade tiga), sementara 4 km lainnya cenderung datar Pemandangan alam di kanan kiri sungai tergolong bagus.

“Kami juga sudah mengekplor bagian atas Batang Sinama, namun masih tergolong berbahaya. Boleh saya bilang grade lima, kanan kiri tebing sehingga nyaris tak ada tempat buat scouting (untuk mengeksplor sungai) berpijak. Ada tim kayak dari ceko mencoba sungai ini menyerah. Padahal mereka berani mengarungi air terjun 7-10 meter jika di bawahnya pool, tetapi tidak demikian dengan Batang Sinama Atas,” ungkap Raqa.

Dua sungai lainnya merupakan sungai pendek, yaitu Batang (sungai) Tarusan di pesisir selatan panjang rute : 7 Km dengan Jeram Berbahaya : jeram Good Bye, serta waktu tempuh pengarungan : 4 Jam. jarak tempuh dari kota Padang : 90 menit perjalanan. Sungai keempat ialah Batang (Sungai) Antokan, Kabupaten Agam dengan panjang Rute : 7 km ( long Route). “Ada lagi Sungai Batang Kuantan, tetapi di sana ada kegiatan pencari emas, dikhawatirkan ada kadar mercury,” tambah Raqa.

Operator Arung Jeram Sumatera Barat
Sumatera Adventure:
Kontak: 082381139789


Subscribe to receive free email updates: