11 Tempat Wisata Di Gunungkidul Yang Wajib Anda Kunjungi

tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta
Icon Gunung Kidul
Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang terletak di bagian paling timur di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar wilayahnya berupa perbukitan dan pegunungan kapur dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kondisi tanahnya gersang dan iklimnya relatif panas. Namun rupanya kondisi alam ini menciptakan untaian pantai-pantai berpasir putih yang tersembunyi di kawasan Gunungkidul, sungai-sungai yang mengalir di bawah tanah dan goa-goa yang memiliki stalaktit dan stalagmit.

Gunungkidul memiliki kurang lebih Limpuluhan pantai indah nan eksotis di pesisir selatan yang berjajar dari ujung barat hingga ujung timur. Dari puluhan pantai itu, beberapa yang paling sering dikunjungi wisatawan antara lain Pantai Baron, Krakal, Kukup yang telah lebih dulu dikenal dan berkembang dari pantai-pantai lain, Pantai Indrayanti, Pantai Siung, Pantai Jogan, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Ngerenehan, Pantai Ngobaran dan Pantai Wediombo. Berikut ulasannya:

1.      Pantai Baron
tempat wisata pantai di Yogyakarta
Pantai Baron
Pantai Baron yang terletak di Desa Kemadang, sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta, memiliki pantai yang membentuk cekungan dan memiliki sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron ini, rasa airnya tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Pantai Baron juga terkenal sebagai tempat untuk menyelenggarakan Upacara Sedekah. Upacara ini diselenggarakan setiap tanggal satu bulan Syuro dalam penanggalan Jawa sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat atas melimpahnya tangkapan ikan di Pantai Baron.

2.      Pantai Krakal
pantai di gunungkidul yang romantis
Pantai Krakal
Pantai Krakal yang memiliki keindahan luar biasa berada di ujung selatan Jogja. Garis pantainya landai dan berpasir putih. Batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai dan di lepas pantai, sederet batu karang menyembul ke permukaan dan berbaris memanjang seolah membentuk sebuah jalan setapak di lautan. Dari pusat kota Yogyakarta menuju Pantai Krakal cukup lama, yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Namun jalan yang dilalui cukup bagus dan rata. Sepanjang jalan banyak tempat yang menjual makanan dan penginapan Pantai Krakal mempunyai karakteristik ombak reef break yang cocok untuk berselancar. Namun karena olahraga selancar bukan olahraga olahraga popular di daerah ini, peselancar harus membawa sendiri papan selancar karena belum ada tempat penyewaannya

3.      Pantai Kukup
pantai gunungkidul yang ngehits
Pantai Kukup
Pantai Kukup dapat ditempuh dari Jogja kurang lebih 1,5 sampai dengan 2 jam. Pantai ini dikenal sebagai Akuarium Alam karena memiliki banyak ikan hias yang bersembunyi dibalik karang-karang. Pasirnya yang putih dan jernihnya air laut di pantai ini menambah keindahan Pantai Kukup ini. Selain itu pada sisi bagian timur pantai ada sebuah batu karang besar yang menyerupai pulau kecil yang di hubungkan dengan jembatan.

4.      Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti Gunungkidul
Pantai Indrayanti
Nama Indrayanti merupakan nama café dan restoran. sebagian besar pengunjung pantai ini  hanya kenal nama pantai Indrayanti, nama yang diberikan oleh pemerintah namanya Pulang Syawal meskipun pantai ini lebih popular dengan nama Pantai Indrayanti. Keterlibatan pihak ketiga dalam pengelolaan pantai ini telah membuat bermuculan café-café sebagai tempat makan yang nyaman dan romantis.

5.      Pantai Siung
Lokasi Pantai Siung yang jauh masuk ke pedalaman cukup merepotkan untuk menjangkaunya, apalagi mempunyai jarak sekitar 7o KM dari kota Yogyakarta. Batu karang di pantai ini sangat bagus. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang membuat pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.

6.      Pantai Jogan
Pantai Jogan Yogyakarta
Pantai Jogan
Pantai Jogan diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Dari puluhan pantai yang berserak di sepanjang 71 kilometer pesisir Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi istimewa karena keberadaan air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir, tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakartatak banyak pelancong yang tahu tentang Pantai Jogan.. Sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, sekitar 400 meter dari pos tersebut akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Menggantikan aspal mulus, jalan setapak yang ada untuk mencapai pantai didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu lalu menjelma menjadi air terjun. Namun keelokannya air terjun hanya bisa disaksikan saat musim penghujan.

7.      Pantai Sepanjang
Pantai ini satu-satunya yang mempunyai garis pantai panjang, ketinggian ombak yang tidak berbahaya serta pasirnya yang putih menjadi daya tarik sendiri. Pantai ini juga mempunyai suasana pantai yang alami, karang-karang yang terawat.

8.      Pantai Ngobaran
Ngobaran merupakan pantai yang terkenal cukup eksotik. Pasalnya di Pantai ini pada saat air surut kita dapat melihat hamparan rumput laut yang hijau dan cokelat, sangat indah dilihat dari atas, apalagi biota laut masih banyak ditemukan seperti bintang laut, landak laut dan sebagainya.

9.      Pantai Wediombo
Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tidak mempunyai
hamparan pasir yang luas. Pantai ini lebih menyerupai teluk yang lebar karena diapit oleh batu karang. Letak pantai Wediombo ini lebih ke bawah dibandingkan dataran sekitarnya. Namun tersedia anak tangga yang jumlahnya puluhan untuk membantu penduduk dan wisatawan mencapai bibir pantai. Pada saat-saat tertentu, setahun sekali, penduduk setempat menggelar Upacara Ngalangi yang bertujuan untuk mengungkapkan syukur pada Tuhan atas rejeki yang diberikan

10.  Hutan Wanagama
Hutan Wanagama
Hutan Wanagama
Wanagama meliputi empat desa di Kecamatan Patuk dan Playen, Gunung Kidul, yang berjarak tempuh satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Seorang srikandi masa kini bernama Oemi Han’in bertekad mengubah lahan kritis bukit kapur yang tandus dan gersang akibat penebangan liar menjadi hutan hijau. Proyek penghijauan yang dipelopori oleh Prof.Oemi Hani’in Suseno ini dimulai tahun 1964. Kegigihan menanami Hutan Wanagama yang saat itu hanya 10 hektar, saat ini telah menjadi 600 hektar hutan hijau yang berisikan banyak tanaman dari berbagai daerah dan memiliki berbagai jenis pohon.

Namun pohon jati adalah pohon yang paling banyak terdapat di hutan Wanagama ini. Kawasan Hutan Wanagama mempunyai banyak kekayaan Flora dan Fauna dari beberapa daerah yang dapat dijumpai di sini. Lengkapnya ada sekitar 550 jenis tanaman di antaranya adalah pohon akasia yang banyak digunakan dalam industri kertas, Pohon Kayu putih sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih, Pohon pinus yang biasanya dijumpai di Sumatera, Pohon Eboni Salah satu di antara pohon jati di hutan ini mempunyai sejarah karena pohon ini ditanam oleh Pangeran Charles saat beliau berkunjung pada tahun 1989. Selain itu aneka fauna hidup tenteram di kawasan hutan lindung yang saat ini menjadi pusat penelitian fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada adalah berbagai reptilia khas penghuni hutan, unggas dan kera.

11.  Gua Pindul
Gua Pindul Yogyakarta
Gua Pindul
Gua Pindul adalah salah satu gua yang merupakan rangkaian dari tujuh gua yang memiliki aliran sungai bawah tanah yang ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo. Gua pindul menawarkan sensasi menelusuri sungai di dalam gua yang berhiaskan stalaktit sepanjang 300 m dengan menggunakan ban pelampung selama kurang lebih 45 - 60 menit. Aliran sungai yang sangat tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Subscribe to receive free email updates: