Pempek Palembang

Pempek



UMUMNYA pencinta kuliner mengenal pempek sebagai makanan yang terbuat dari campuran sagu dan ikan . Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih, kemudian pada pengembangannya digunakan juga ikan tenggiri.

resep Mpek-mpek enak
Maskan Khas Palembang
Pempek mempunyai variasi seperti pempek kapal selam, pempek lenggang, pempek lenjer adaan, pempek kulit dan sebagainya. Pempek biasanya disajikan dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Besar kemungkinan pempek merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.


Di Palembang terdapat restoran pempek dengan kekuatan yang berbeda. Pempek Vico yang kerap menjadi oleh-oleh orang Jakarta misalnya mempunyai kekuatan pada ikan tenggiri begitu legit dan teskturnya begitu lembut. Ada juga yang kekuatan di cukonya seperti pempek beringin.

Pempek Panggang


PEMPEK panggang adalah variasi dari pempek tradisional yang biasaya digoreng. Pempek panggang yang terdapat di Resto Saga Sudi Mampir di depan walikota di antaranya. Bumbu ebi sambal tidak disajikan terpisah tetapi “diselipkan” di dalam pempeknya tersebut. Cita rasa yang disajikan memang berbeda, rasa ikan tidak terlalu mendominasi pada pempek panggang ini, lebih ringan.

Subscribe to receive free email updates: