Sydney: Jejak Sejarah Negeri Kanguru


JIKA Anda singgah di Sydney jangan lupa mampir di kota tua Sydney untuk menemukan jejak sejarah negeri Kangguru ini –sekaligus juga sejarah kota tua ini. Jangan bayangkan Anda menemukan bangunan-bangunan megah seperti Old Batavia, tetapi justru rumah-rumah tua dengan tembok tak jauh beda dengan di kampung Indonesia, hanya saja terpelihara jauh lebih apik. Diantaranya yang menyolok adalah sebuah toko perlengkapan rumah tangga Susannah dengan tahun pendiriannya: 1844. Toko itu sekarang menjadi museum yang merupakan ikon kota tua itu. Sekalipun sebetulnya sejarah pendirian jauh sebelum itu, ketika masuknya imigran asal Britania dan Irlandia sekitar 180 tahun silam atau tepatnya tahun 1830-an. Pertumbuhan kota berjalan cukup pesat. hingga 20 Juli 1842, ketika Dewan Kotamadya meresmikan nama Sydney menjadi kota pertama di Australia, dengan John Hosking sebagai Wali Kota Sydney
Royal Botanical Gardens
Kota Sydney kemudian menjadi kota terkaya di Australia. Industrialisasi mendorong timbulnya urbanisasi dan pertumbuhan penduduk Sydney hingga awal abad ke 20 penduduknya melewati
satu juta jiwa. Kini Sydney memiliki 4,34 juta jiwa dan luas daerah 12.000 kilometer persegi. Kota dengan penduduk yang dijuluki sebagai Sydney siders ini mempunyai beberapa destinasi wisata yang menarik perhatian turis mancanegara. The Harbour City –demikian nama julukan kota metropolitan ini yang dikelilingi oleh taman nasional, dan memiliki banyak teluk, sungai serta ceruk menjadikan Sydney sebagai kota yang cantik. Anda bisa bersua dengan taman taman seperti Hyde Park, Royal Botanical Gardens dan taman nasional

Pilihan lain yang Anda bisa lakukan jika berkunjung ke Sydney adalah berselancar di Pantai Bondi maupun berenang di perairan Coogee yang tenang, mengunjungi pelabuhan alam yang indah atau sekedar melihat-lihat aksi pertunjukan di Sydney Opera House. Anda juga dapat melihat matahari terbit dari atas Harbour Bridge. Selain keajaiban buatan manusia tadi, Sydney juga diberkati dengan banyaknya aset alam, seperti adanya taman umum yang indah, pemandangan pulau-pulau nan cantik dari ujung pelabuhan maupun pemandangan tepi pantai alami yang menakjubkan. Dengan, system transportasi yang sangat baik dan tur yang disesuaikan dengan kebutuhan, membuat kota ini sangat menyenangkan untuk dijelajahi
BONDI BEACH
Bondi Beach
Bondi Beach
Sydney memiliki pantai yang menakjubkan yang luar biasa untuk berselancar, berenang hingga menyelam. Sebagai wisatawan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk melakukan salah satu kegiatan tersebut. Kawasan pantai yang wajib Anda kunjungi saat berada di Sydney Australia adalah Bondi Beach. Pantai ini merupakan pantai yang paling terkenal di Sydney. Bondi Beach merupakan salahsatu objek wisata favorit wisatawan mancanegara, pantai ini memiliki fasilitas paling lengkap, mulai dari side-walk, restaurant, shopping stores dan juga hotel.

Bondi Beach berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Sydney, diwilayah pemerintah lokal Waverley Council, in the Eastern Suburbs. Wisatawan local biasanya menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Sydney. Sementara turis dari luar seperti Anda dapat memanfaatkan
kendaraan umum seperti bis dari Circular Quay dengan bis nomor 380 yang akan membawa Anda selama 40 menit hingga sampai di pantai ini. Selain bus, Anda juga bisa menggunakan kereta dari stasiun di sekita CBD atau yang terdekat dari tempat menginap Anda hingga sampai di Bondi Junction dan melanjutkan perjalanan selama 15 menit dengan menggunakan bis nomor 381 atau 382 sampai di Bondi Beach.

Kawasan ini memang menjadi kawasan komersial. Sejumlah festival dan acara terkenal kerap diselenggarakan disini, seperti pentas kecantikan Miss Bondi yang digelar tahunan. Tapi jangan kuatir, meskimerupakan kawasan komersial, Bondi Beach merupakan fasilitas umum, sehingga untuk berkunjung ke Bondi Beach Anda tak akan dikenakan biaya sepersen pun, alias gratis. Di sepanjang Campbell Parade, salah satu area kunjungan di Bondi Beach, Anda akan menjumpai banyak kafe, restauran dan hotel dengan pemandangan menakjubkan menghadap pantai. Bagi kita orang Asia, saat yang tepat untuk mengunjungi Bondi Beach adalah saat musim semi, pasalnya suhu udara saat itu tidak panas, cocok untuk menikmati suasana pantai. Namun bagi pelancong yang berasal dari Eropa maupun Amerika, cenderung berkunjung saat musim panas Bondi Beach memiliki garis pantai sekitar satu kilometer dengan kontur ombak yang aman untuk berenang, namun juga bisa digunakan untuk aktifi tas surfi ng.

Kawasan berenang dan surfing di pantai ini dibagidalam zona tertentu. Untuk yang berenang Anda sebaiknya memperhatikan bendera merah dan kuning sebagai batas penanda zona aman untuk berenang, sedangkan bagi yang ingin surfi ng biasanya di ujung selatan pantai ini di mana ada arus kuat yang terbelah sehingga menarik untuk dijadikan arena berselancar. 
Restoran Di Pantai Bondi
Bondi Beach memang dikenal sebagai spot berselancar terbaik yang ada di Negeri Kangguru itu. Jika Anda beruntung, maka saat musim panas Anda dapat melihat fenomena alam yang unik, seperti hiu, paus atau loncatan-loncatan dari lumba-lumba yang ingin bermigrasi.

Namun tak usah takut dengan hal tersebut, pihak pengelola pantai telah memasang jaring sebagai pembatas pada zona tertentu, sehingga hiu tidak bisa masuk di area objek wisata Bondi Beach. Selain Bondi Beach, Syndey juga memiliki beberapa pantai yang juga menjadi rujukan para wisatawan asing maupun warga lokal, seperti Cooge Beach, Manly Beach dan Bronte Beach.
 
1.Bronte Beach, 2.Cooge Beach, 3.Manly Beach
CHINATOWN SURGANYA WISATA BELANJA

Jika Anda ingin wisata belanja, ada beberapa tempat yang menjadi pusat wisata belanja di Sydney Australia, seperti George Street dimana Anda dapat menemukan berbagai toko dengan brand ternama di jalan tersebut. Selain itu terdapat juga beberapa mal yang didesain vintage yang membuat pengunjungnya serasa berada di zaman dulu seperti Queen Victoria Building mempunyai segi eksteriornya memang menawarkan seperti apa Victorian Style era 1800-an, sementara segi interior yang merupakan paduan modern dan klasik yang diwujudkan dalam beberapa ornamen unik nan klasik. 

Di dalam mal, bagian ujung selatan terdapatpatung Queen Victoria. Selain itu ada sebuah tempat gimmick yaitu Wishing Well yang kerap ada di situs sejarah di kota-kota lain di dunia, sebagai bentuk pengharapan masyarakat. Sumur ini dihiasi dengan patung anjing perunggu dari Ratu Victoria.
 
Pasar Malam di Chinatown
Lainnya adalah The Strand Shopping Arcade, tempat belanja dua lantai yang dibangun pada 1892. Seperti halnya QVB mal ini ber gaya klasik abad Victorian. Di mal ini Anda menemukan berbagai butik pakaian, perhiasan, aksesori, hingga wisata kuliner. Namun yang paling memukau adalah kawasan Chinatown yang berada di pusat Kota Sydney. Kawasan ini menjadi salah satu lokasi yang bisa dikunjugi saat kita memiliki budget rendah, pasalnya barang-barang yang dijual di kawasan Chinatown dikenal murah, termasuk makanannya.

Sesuai namanya, kawasan Chinatown merupakan tanah perantauan bagi warga pendatang yang berasal dari China. Yah, sebagian besar kota-kota modern di dunia yang memiliki latar belakang kemultikultural pasti memiliki kawasan yang disebut Chinatown atau Pecinan, termasuk di Sydney Australia. Tak berbeda jauh dengan di kota lain, Komunitas Tionghoa di Sydney ini membuka usaha perdagangan dalam bidang kuliner, pakaian maupun elektronik. Kawasan Chinatown di Sydney ini berkembang menjadi objek wisata’populer.

Saat ini keberadaan Chinatown menjadi ikon wisata belanja yang hemat di kantong dan juga ikon pusat wisata kuliner khas Asia. Di Sydney deretan restoran bermenukan makanan China atau negara serumpunnyaseperti Vietnam maupun Asia lainnya. Chinatown Sydney bisa dikatakan sebagai kawasan yang tak pernah mati alias bisa aktif 24 jam, terlebih disaat liburan sekolah. Untuk berkunjung ke kawasan Chinatown Anda bisa menggunakan monorail turun tepat di perhentian Chinatown. Namun jika Anda menggunakan Lightrail, maka Anda bisa turun di perhentian Paddy’s Markets, Capital Square, atau Central stations dan melanjutkan sedikit berjalan kaki hingga sampai di Chinatown.
Capital Square
Chinatown Sydney semakin menjadi tourist attraction utama di kota Sydney, karena nilai historis dan juga berbagai outlet serta restoran menarik yang ada dikawasan tersebut. Beberapa restoran Cina dengan menu-menu handal tak biasa yang selalu menjadi tujuan wisatawan terutama dari Asia yang punya selera sama. Ada juga outlet obat-obatan herbal khas negeri tirai bambu disertai dengankonsultasi dengan tabibnya, outlet konsultasi keberuntungan atau ramalan dengan tata cara Cina kuno, dan tentunya berbagai toko yang menjajakan barang-barang unik sebagai cenderamata dengan harga miring. Selain itu daya tarik dari Chinatown juga terdapat pada keberadaan event regular mingguannya yaitu Chinatown Night Market yang diadakan setiap Jumat mulai jam 4 sore sampai jam 11 malam. Ada kuliner tendatenda atau stand, barang-barang unik yang cocok dijadikan souvenir atau bazaar bajubaju dan aksesoris lainnya.

Arsitektur kawasan Chinatown Sydney juga lebih kental unsur Tionghoa-nya. Dominasi warna merah yang menjadi warna khas Tionghoa tampak begitu kental. Begitu juga dengan gerbang jalan tersebut, berbentuk khas gapura China. Maka tak heran saat berkunjung ke Chinatown Sydney, Anda pun akan serasa berada di negeri tirai bamboo tersebut. Anda juga bisa menikmati kuliner yang lezat.

Subscribe to receive free email updates: