Ingkung Kuali, Kuliner Tradisional Khas Dusun Wisata Kalikojo, Bantul Yogyakarta


Resep ingkung lezat

Ingkung Kuali Bantul- Ketika Anda berwisata ke Yogyakarta, mencicipi makanan khas daerah yang jadi tujuan wisata tentu menjadi daya tarik sendiri. Makanan khas daerah seringkali memiliki rasa dan bahan-bahan yang berbeda dari makanan yang biasa dikonsumsi. dengan mencicipi makanan khas daerah, wisatawan dapat memperkaya pengalaman wisata mereka dan mendapatkan kenangan yang berkesan. Ketika berkunjung ke Yogyakarta yang terkenal banyak obyek wisata kekinian di Bantul, Anda diharapkan bisa meluangkan waktu untuk mencoba kuliner khas Bantul yakni Ingkung Kuali. Ingkung kuali merupakan salah satu hidangan kuliner khas Yogyakarta yang sudah terkenal di kalangan Traveller

Kelezatan yang tanpa tanding

makanan khas bantul
Kelezatan Ingkung Kuali

Ingkung Kuali sudah terkenal akan kelezatannya karena dibuat dengan resep membuat ingkung yang sudah terbukti bertahun-tahun, biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan seperti daun kemangi atau sayur-sayuran, tak ketinggalan tempe goreng dan wader goreng sebagai menu pelengkap. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih menggugah selera, juga bisa dibuatkan rica-rica dengan  sedikit pedas, serta aroma yang harum karena penggunaan rempah-rempah sebagai bumbu yang khas dan alami. Anda juga bisa memesan es jeruk, es teh, jus maupun kelapa muda sebagai minumannya. Satu buah ingkung bisa dinikmati untuk 4-5 orang dewasa.

Proses masak yang unik

resep ingkung kuali
Proses pembuatan Ingkung

Untuk mendapatkan hasil masak yang maksimal, proses pematangan Ingkung Kuali dilakukan dengan alat dan cara-cara tradisional. Ingkung adalah  ayam kampung yang diolah secara utuh dengan santan kelapa serta bumbu khas pilihan secara turun temurun dan dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar di atas arang sehingga menghasilkan rasa yang khas dan menjadi pembeda dengan Ingkung-ingkung lainnya, sedangkan kuali adalah wadah/panci yang terbuat dari tanah yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Rupanya hal inilah yang melatarbelakangi nama kuali melekat pada ingkungnya.

Harga, lokasi, fasilitas dan jam buka

lokasi Ingkung Kuali Bantul
Untuk bisa menikmati Ingkung Kuali yang lezat sambal menikmati suasana tenang khas pedesaan yang asri, dengan harga terjangkau dan terdapat bangunan yang cocok untuk swafoto/selfie? Anda dapat datang ke restoran Ingkung Kuali di Dusun Kalikojo, Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Anda juga dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai lokasi dan harga dari tempat-tempat tersebut melalui internet (googleMaps) atau dari penduduk setempat.  Fasilitas umum juga sudah tersedia di restoran ini seperti  tempat parkir, mushola, Toilet , tempat pertemuan dan outbond. Jam buka  Pkl.09.00 -17.00 WIB. Selamat mencoba!

Foto-Foto Galeri Ingkung Kuali, Kalikojo, Guwosari Bantul

restoran ingkung kuali
Tempat Instagrammable di Ingkung Kuali

Restoran ingkung di Bantul
Suasana Asri di Ingkung Kuali