Kejarlah Wisata Ke Negeri Tiongkok

Tiananmen

Pantas  saja ada ungkapan “Kejarlah Ilmu sampai ke Negeri Cina”. Tidak berlebihan sekiranya ungkapan tersebut, pasalnya negeri yang juga lebih  dikenal sebagai Tiongkok ini kaya dengan budaya dari 56 etnik, kaya dengan peradaban yang sudah berumur ribuan tahun dan tersebar di wilayah yang luasnya sekitar 9,6 juta kilometer persegi yang terbagi dalam 22 provinsi yang semua mempunyai karakter geografis berbeda-beda. Kombinasi seperti ini membuat Tiongkok menjadi tempat tujuan wisata yang banyak dikejar para turis mancanegara dengan segmen yang beragam juga.

Beijing

Sebagai ibu kota Negara Cina menawarkan beberapa tempat wisata yang populer karena mempunyai nilai sejarah yang tinggi, usianya sekitar 3000 tahun. Tidak mengherankan kalau sudut-sudut kota ini banyak digunakan untuk syuting film dari berbagai negara mulai dari Amerika Serikat dengan Hollywood. entah sudah berapa kali Tiananmen Square, Kota Terlarang, dan Museum Nasional Tiongkok berulang kali diungkapkan baik di film dokumenter perjalanan hingga film fiksi, apalagi jadi laporan perjalanan.

Tiananmen Square, Letaknya sangat strategis di pusat Kota Beijing dengan pengunjung sampai ribuan setiap hari, mereka dapat mengunjungi Tiananmen Tower, yang terletak diujung utara alun-alun. Tiananmen dibangun pada 1417 selama pemerintahan  Dinasti Ming (1368 AD- 1644 AD). Alun-alun dijadikan pintu depan Kota Terlarang. Sampai 1911 ketika kerajaan feodal terakhir usai, tidak ada yang bisa masuk ke menara kecuali untuk keluarga kerajaan dan bangsawan.

Tempat lain yang penting bagi wisatawan untuk dikunjungi adalah Museum Nasional Cina di sisi timur alun-alun. Museum Nasional ini menghadap Balai Agung Rakyat. Di dalam Museum Revolusi Cina banyak bahan benda, gambar, buku dan model untuk menyajikan perkembangan Tiongkok modern, sejumlah besar peninggalan budaya yang menggambarkan sejarah panjang dan budaya yang mulia dari Tiongkok dari 1.700.000 tahun yang lalu untuk tahun 1921 ketika kaisar terakhir meninggalkan tahta.

Kota Terlarang Beijing
1. Kota Terlarang, 2. Patung Kura-kura, 3.Singa penjaga Kota terlarang

Sebelah barat alun-alun terdapat Balai Agung Rakyat Barat yang didirikan pada 1959, adalah tempat pertemuan Kongres Rakyat Nasional Tiongkok dan menyediakan situs yang mengesankan untuk posting marmer activities. Balai yang memiliki tiga bagian - Central Hall, Agung Auditorium dan lantai Banqueting Hall. Central Hall ditaburi dengan lampu marmer dan kristal menggantung dari langit-langit. The Great Auditorium erteletak di belakang Central Hall mempunyai 10.000 kursi, sementara. Sementara adalah sebuah aula besar dengan 5.000 kursi. Mao Zedong Memorial Hall atau Memorial Hall Ketua Mao di sisi selatan alun-alun. Balai ini dibagi menjadi tiga ruang dan tubuh Ketua Mao terletak pada peti mati kristal di salah satu ruang yang dikelilingi oleh karangan bunga segar berbagai bunga terkenal dan rumput. Sementara Kota Terlarang sendiri adalah istana kerajaan selama periode Dinasti Ming dan Dinasti Qing memiliki luas sekitar 720,000 meter persegi, 800 bangunan dan lebih dari 8.000 ruangan. Warna merah dan emas serta ukiran khas Tiongkok mendominasi arsitektur bangunan-bangunan dalam istana. Bangunan ini terletak di bagian utara alun-alun.

DESTINASI BEIJING LAINNYA: KUIL TAMAN SURGA HINGGA KUIL BUDDHA LAMA

Longevity Hill
1.4 Longevity Hill, 2.3 Kuil Yonghegong lama, 5.Makam Raja-raja dari dinasti Ming

Mengunjungi Kuil Taman Surga (Temple of Heaven Park) bagaikan bersua dengan sebuah oasis yang tenang damai dan didesain dengan falsafah Konfusianisme di salah satu lanskap perkotaan tersibuk Tiongkok. Kuil yang luasnya 267-hektar ini awalnya berfungsi sebagai tempat ritual serius yang dilakukan oleh kaisar waktu (masa dulu dikenal sebagai Putra Langit), yang berdoa di sini untuk hasil panen yang baik hingga penebusan. Kuil Tian Tan nama lain Kuil Taman Surga ini dibangun pada masa dinasti Ming di abad ke-14 M. Kuil ini dibangun untuk peribadatan agama Taoisme. Arsitekturnya yang megah menyimbolkan hubungan antara Tuhan dan Manusia. Misalnya saja bila Anda mengunjungi selasar depan kuil yang berbentuk bulat dengan atap yang runcing, semua terasa begitu luas dan kecil. Ini menyimbolkan bahwa manusia hanyalah mahluk kecil di hadapan Tuhan.

Peninggalan sejarah lainnya adalah Istana Musim Panas yang terletak di Distrik Haidian sekitar 15 Km dari pusat Kota Beijing. Istana Musim Panas memancarkan pesona panorama keindahan alam dan kemegahan kebun kerajaan, selain bangunannya. Terutama terdiri dari Longevity Hill (Wanshou Shan) dan Danau Kunming, menempati area seluas 300,59 hektar (742,8 hektar). Ada lebih dari 3.000 bangunan kuno buatan manusia frngan ruang bangunan lebih dari 70.000 meter persegi, termasuk paviliun, menara, jembatan, koridor, dll dapat dibagi menjadi empat bagian area: Pengadilan, depan bukit, belakang bukit dan danau. Istana Musim Panas mulai dibangun pada 1750 sebagai taman mewah untuk keluarga kerajaan untuk beristirahat dan berlibur. Istana ini menjadi tempat tinggal utama anggota kerajaan di akhir Dinasti Qing

Sempat mengalami kerusakan oleh kebakaran. Menurut dokumen sejarah, dengan nama asli sebagai ‘Qingyi Garden’ (Taman jelas Ripples), Istana Musim Panas (Yiheyuan) berganti nama setelah rekonstruksi pertama pada 1888.

Tempat klasik lainnya yang menjadi favorit wistawan selama puluhan tahun ialah Makam Ming yang terletak 50 kilometer barat laut dari pusat kota Beijing. Di tempat ini dimakamkan 13 dari 17 kaisar dari Dinasti Ming, dinasti yang berkuasa dari Tiongkok dari 1368 sampai 1644. Itu adalah dinasti terakhir di Tiongkok dikelola oleh etnis Han. Saat ini hanya ada dua makam yang telah digali dan terbuka untuk umum: Dingling Makam dan Changling Tomb. Changling Tomb adalah makam pertama yang akan digali. Butuh waktu dua tahun untuk menggali dan restorasi, dan dibuka pada 1958.

Jika Anda ke Beijing jangan lupa mengunjungi Kuil Lama, yang disebut para turis sebagai dunia tersembunyi penuh ketenangan di dalam kota Beijing. Kuil Lama pernah menjadi tempat tinggal kekaisaran selama Dinasti Qing, tetapi sekarang adalah salah satu di antara candi Budha terbesar di Tiongkok. Anda akan melihat ornamen, patung Buddha Tibet dan kuil dupa penuh.

Bangunan yang dikenal sebagai “Istana Perdamaian dan Harmoni,” atau Yonghegong, bangunan bekas kerajaan ini menjelma menjadi sebuah kuil Budha pada abad ke-18. Kompleks ini terdiri dari lima ruang utama dan banyak halaman dan tempat-tempat suci

TEMBOK BESAR

Tembok Cina
Tembok Cina

Umumnya para wistawan ketika mengunjungi Tiongkok tidak melewatkan Tembok Besar Tiongkok, sebuah bangunan yang didirikan dari kumpulan dinding kecil yang dibangun oleh berbagai dinasti selama bertahun-tahun.. Tembok Besar Tiongkok ini sendiri, memiliki sejarah yang sudah berlangsung selama lebih dari 2000 tahun.

Awalnya dibangun atas perintah kaisar Qin Shi Huang pada 220 SM. Jenderal Meng Tian mengumpulkan sekitar 300 ribu orang untuk membangun Tembok Raksasa Tiongkok. Membutuhkan waktu sekitar sembilan tahun untuk menyambungkan beberapa tembok yang sudah dibangun sebelumnya menjadi sebuah benteng yang panjang

Panjang Tembok Besar ini sekitar 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) melewati Beijing sampai ke perbatasan Korea Utara dengan tinggi 8 meter. Lebar bagian atasnya 5 m, lebar 8 meter. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.

HONGKONG

Selain Beijing dan sekitarnya, kawasan lain di Tiongkok yang menjadi favorit turis adalah Hong Kong, sebuah kota yang mempunyai banyak gedung pencakar langit. Meskipun sebuah kota penuh bangunan jangkung, Hong Kong memiliki daerah hijau yang sangat luas, bahkan 75% dari Hong Kong masih merupakan daerah yang ditumbuhin pepohonan rindang, perbukitan, pedesaan, taman nasional dan pantai.

Hong Kong mempunyai lebih dari 40 taman kota, besar, dan kecil yang menyebar di seluruh bagian kota ini. Di antaranya adalah Taman Victoria, tempat Taman Victoria dpara BMI (Buruh Migran Indonesia) sebagai tempat untuk melakukan aktifitas dalam mengisi liburan mereka. Victoria Park, taman terbesar di Hong Kong, membentang di area seluas 17 hektar. Taman ini dilengkapi dengan kolam renang luar ruangan yang menyenangkan dan kebanyakan fasilitas olahraga. Taman ini adalah kombinasi dari kebun binatang mini (memegang hewan seperti burung merak dan kura-kura), lintasan lari, banyak tempat piknik dan taman anak-anak.

Hong Kong Disneyland adalah Disneyland ketiga yang ada di luar wilayah Amerika Serikat pada 2005, salah satu magnet bagi para wisatawan mancanegara untuk datang ke Hong Kong. Letaknya terletak di Pulau Lantau dibuka jam 10.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Tempat wisata lainnya ialah Ocean Park, taman hiburan seluas 17 hektar ini punya banyak wahana dan atraksi menarik. Taman ini terbagi menjadi dua bagian, The Waterfront dan The Summit. Untuk bisa berpindah antara dua lokasi ini Anda dapat mencoba cable car atau kereta Ocean Express. Di antara wahana menarik ialah Grand Aquarium, pertunjukan lumba-lumba yang seru di Ocean Theatre. Terdapat koleksi berbagai satwa lainnya dari kawasan Asia, termasuk panda raksasa dan kera dari Tiongkok yang langka. Taman ini beralamat d Wong Chuck Hang Road, Aberdeen.

Hongkong juga mempunyai museum yang disebut Museum of Tea Ware (gudang teh). Museum yang menempati bangunan megah berusia 167 tahun bergaya Yunani ini menceritakan perjalanan sejarah selama 3.000 tahun tradisi minum the di Tiongkok dalam wujud aneka perangkat teh dan lukisan tua. Sampai 1978 sebetulnya bangunan ini adalah bekas kediaman panglima pasukan Inggris di Hong Kong. Bangunan bersejarah ini kemudian dikonversi menjadi Flagstaff House Museum of Tea Ware pada 1984.

Museum lainnya adalah Madame Tussauds Wax Museum-seperti halnya di Bangkok- berisi patung-patung lilin dari para bintang dan tokoh kenamaan dunia, tentunya artis-artis Hong Kong kenamaan seperti Andy Lau, Aaron Kwok dan Teresa Teng.

Kawasan yang cukup populer lainnya terletak di ujung semenanjung Kowloon, di sisi Tsim Sha Tsui yang memandang ke Pulau Hongkong adalah Avenue of Stars. Tempat ini sengaja dibangun untuk penghormatan buat para insan di industri perfilman Hong Kong. Mengingatkan pada Walk of Fame di Hollywood, Amerika Serikat, Avenue of Stars juga bertaburan cetakan telapak tangan para bintang kenamaan Hong Kong.

avenue of Stars
1. Avenue Of Stars, 2 Madame Tussauds, 3KowlonPark, 4, Tea Museum, 5,6. Hongkong Disneyland

Tempat lain yang patut disinggahi adalah The Peak Tower ini terletak di puncak Victoria Peak, titik tertinggi di wilayah Hong Kong Island. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan terbaik kota ini. Yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke The Peak adalah naik The Peak Tram, yang merupakan kereta kabel pertama di Asia dan dioperasikan sejak 1888. Kereta kabel ini mampu mendaki bukit Victoria Peak dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Di dalam bangunan yang berbentuk melengkung seperti wajang yang juga disebut The Peak terdapat banyak outlet-outlet ternama, sekaligus Peak Market yang jadi incaran turis untuk berbelanja. Biasanya para wistawan membeli topi, gantungan kunci, tas, pajangan berbentuk gedung-gedung pencakar langit di Hong Kong, kaos, jam tangan, gelang, boneka, mug, dan masih banyak lagi untuk cindera mata.

Lokasi belanja lengkap dan ramai di Hongkong adalah Mongkok, mulai terdiri dari pertokoan mal, ruko dan kawasan perumahan. Bagi wistawan berkunjung ke Mongkok selain berbruru cendera mata dan oleh-oleh mendapatkan pemandangan. Selain banyak toko-toko mejual barang, di Mongkok juga terdapat banyak atraksi-atraksi jalanan, seperti bernyanyi, sirkus, hingga berfoto dengan jasa tukang juru potret ala emperan-emperan.

Yang menarik di Mongkok banyak spesialisasi dan aktegori. Misalnya saja, Ladies Market, segmen khusus dalam menjual pakaian wanita, aksesoris, kosmetik, dan sejenisnya. Selain menjual pakaian juga terdapat kios-kios yang menjual makanan-makanan untuk kita dapat santap disana

WISATA ALAM TIONGKOK

Hutan Bamboo
Hutan Bamboo

Bila Anda singgah di Kota Guilin yang terletak di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, Tiongkok Barat Daya, Anda akan menikmati iklim sub-tropika, dengan hawanya nyaman dan turun hujan mencukupi. Suhu udara di Guilin kurang lebih 19 derajat Selsius. Guilin memiliki ekosistem yang terpelihara baik. Menurut penelitian yangdilakukan  kurang lebih 300 juta tahun yang lalu, Guiling kondisinya masih tertutup dengan air laut yang luas. Dari kota ini wisatawan bisa melihat panorama dan petualangan di alam bebas.

Di antaranya mengunjungi Gunung Yao terletak di pinggiran timur Guilin hanya 8 kilometer dari kota. Puncak naik ke ketinggian maksimum 909 meter di atas permukaan laut, menjadikannya tertinggi banyak gunung di Guilin. Gunung ini menjadi tenar awalnya datang ke ketenaran ketika Kuil Kaisar Yao Yao Kaisar dibangun pada puncaknya. Warna-warni gunung ungu, merah, orange, merah muda, coklat kemerahan dan di musim panas gunung ditutupi hijau dan bambu menyejukan mata. Kadang seperti giok hijau. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di atas dengan kereta gantung.

BERSEPEDA DARI HOTEL KE DESA

Aishan dan Desa Yongcun untuk menikmati pemandangan alam dari daerah pedesaan dan persawahan menjadi aktifitas favorit turis asing. Yangshuo terletak di timur laut Provinsi Guangxi dan di sebelah tenggara Kota Guilin. Kelompok minoritas etnis yang beragam termasuk Hui, Zhuang, Yao dan lain-lain, memperkaya dengan budaya rakyat khusus diwakili oleh berbagai festival mereka. Lainnya adalah pesiar di Sungai Li sejauh 52 mil sekit ke selatan Yangshuo. Perahu bergerak melalui air diam-diam, tanpa getaran. Alternatif lain mengunjungi Gunung Changbai yang terletak di Propinsi Jilin bagian timur laut Tiongkok. Gunung yang terletak perbatasan Tiongkok-Korea Utara, adalah sumber air Sungai Tumen, Sungai Yalu dan Sungai Songhua.Gunung Changbai juga dipandang sebagai “gunung suci” oleh penduduk etnis Korea.

Kereta Gantung China
Kereta Gantung

Gunung ini menawarkan danau, air terjun dan sungai yang menakjubkan. Di antaranya Danau Surgawi membentuk Air Terjun Besar Changbaisekitar 1.000 meter di bawah puncak gunung. Air terjun yang spektakuler tinggi lebih dari 60 meter dan gemuruh yang dapat didengar sejauh 200 meter. Air akhirnya mengalir ke Sungai Songhua, salah satu sungai paling penting di wilayah timur laut Tiongkok

Wisata alam lain yang terkemuka ialah Shimen National Forest Park yang berlokasi diantara sederetan kawasan pegunungan serta dikelilingi oleh barisan perbukitan yang ada di wilayah Guangzhou. Kawasan wisata alam ini dikenal sebagai salah satu tujuan pariwisata yang menawarkan wisata andalan berupa taman ekologi. Shimen National Forest Park dikenal sebagai salah satu pusat wisata alam yang mampu memanjakan para pengunjungnya dengan suguhan berupa tampilan serta landscape alam dari berbagai jenis musim yang juga berbeda-beda. Pesona serta keindahan alam yang dimiliki oleh kawasan wisata Shimen National Forest Park tersembunyi dibalik sebuah wilayah pedesaan bernama Taoyuan Town atau sebuah desa yang berada pada bilangan bagian timur laut Distrik Conghua. Lebih tepatnya, kawasan taman dengan status sebagai hutan alami tersebut terletak pada sebuah kawasan pegunungan eksotik bernama Gunung Daling atau berada lebih kurang sekitar 85 kilometer bila ditempuh dari arah pusat kota Guangzhou.

Dari Guangzhou Anda juga bisa mencapai Huanglong Lake Forest Park merupakan sebuah pusat wisata rekreasi yang menyuguhkan pesona serta keajaiban dari berbagai ornamen alam. Kelebihannya ada pada sebuah kawasan pedesaan bernama Liangkou atau wilayah yang berdiri pada bilangan bagian timur laut Distrik Conghua, sekitar 100 kilometer bila ditempuh melalui pusat Kota Guangzhou.

Huanglong Lake Forest Park, menjadi salah satu pusat wisata rekreasi terkenal sekaligus menjadi sebuah kawasan dengan nuansa panorama alam terindah di wilayah Kota Guangzhou dengan adanya sederetan waduk atau danau-danau kecil yang tampak membentang dan berbaris dengan indah menghiasi sebuah lembah.