Anambas, Kepulauan Riau: Tempat Diving Yang Memukau


Tempat Diving di Anambas Indonesia

Anambas, Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, sedang viral dengan kawanan Orca, Anambas juga merupakan termasuk 12 Destinasi Diving di Indonesia. Ibukotanya adalah Terempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Di kawasan ini kata pioneer diving setempat Moehammad Novaldo Armani, terdapat dua puluh titik yang bagus untuk lokasi penyelaman. Titik-titik itu antara lain Pulau Rengek, Pulau Penjalin, Pulau Durai, Pulau Getak, Pulau berhala yang terkenal dan masih banyak lagi. 

Menurut Novaldo kelebihan Anambas ialah laut berhubungan dengan laut Cina Selatan, mempunyai visibilitas air yang baik dengan kedalaman 15-20 meter serta terumbu karang dan ikan-ikan yang khas. Menurut Novaldo berdasarkan informasi yang ia dapat di Desa Air Bini, beberapa penyelam kerap melihat Ikan Hiu Paus berkeliaran pada kedalaman 6 hingga 8 meter. “Ikan-ikan lain antara lain Ikan Manyu berawarna abu-abu (ikan lokal), Ikan Napoleon dan sejumlah karang yang berwarna-warni,” ucap alumni mahasiswa politeknik di Batam ini 


Selain itu penyelam bisa melihat bangkai kapal (ship wreck) di spot tertentu. Sementara di Pulau Durai para diver bisa menyaksikan penyu bertelur. Setiap malam paling tidak lima atau enam ekor penyu bertelur ke darat. “Ini adalah nilai lebih kawasan Anambas. Menyelam di kawasan ini tak kalah memacu adrenalinnya,” imbuh laki-laki kelahiran 7 November 1995 ini. Hanya saja Anambas mempunyai beberapa kendala, di antara landasan terbang di pulau tempat penyelaman hanya bisa menggunakan pesawat perintis dengan harga Rp1,2 juta dari Tanjung Pinang. Dengan kapal feri bisa lebih murah, Tetapi yang mahal adalah mobilisasi di pulaunya.


Novaldo sendiri menjalankan bisnis dengan tarif Rp7-7,5 juta untuk mereka yang ingin dipandu ke kawasan penyelaman. Biaya itu termasuk penjemputan di bandara Tanjung Pinang, akomodasi, konsumsi, sewa perahu dan sebagainya. 

So, Anda bisa menjadikan Anambas sebagai alternative pilihan dalam melakukan hobi diving.

Galeri Foto Anambas Kepulauan Riau

wisata kepulauan anambas
Keindahan Anambas 
Ikan Napoleon di Anambas
Ikan Napoleon di Anambas
Bawah laut Anambas
Bawah laut Anambas
Anambas Diving Resort
Anambas Diving Resort