Pulau Derawan: Spot Diving Terbaik Ketiga Di Dunia

Diving di Kepulauan Derawan
Diving di Kepulauan Derawan( Foto:@tripsantai)
Kepulauan Derawan- Kalimatan Timur mempunyai lokasi diving yang kondang dan termasuk dalam 12 Destinasi Diving Indonesia, yaitu Pulau Derawan. Para diver yang sudah pernah ke sana membayangkan hamparan laut biru yang jernih dan panorama bawah laut yang luar biasa indah. “Di Derawan saya berenang bareng Penyu setiap pagi.. indah banget!” seru Citra.

Di Pulau Sangalaki, Derawan, terdapat spot fun diving untuk penyelam pemula. Biasanya dua orang penyelam non-profesional, didampingi oleh satu orang dive master. Setelah menggunakan dive wetsuit, para penyelam pemula diajak turun di perairan yang kedalamannya hanya sekitar 1,5 meter untuk mengenal medan. Meskipun sebetulnya aman bagi pemula, Citra mengakui bahwa menyelam di situ punya ketegangan juga. “Di pulau Sangalaki sempet jiper juga karena banyak sekali stingray berkeliaran di pasir landai yang airnya hanya semata kaki,” cetusnya.

Kaufik Anril, instruktur dari belajar Diving.com menyebutkan lokasi lain dalam kawasan ini, yaitu Barracuda Point di Pulau Kakaban. Para penyelam mendapatkan wall yang cantik. “ Lainnya adalah JellyFish lake. WONDERFUL, itu kata pertama yang kami ucapkan setelah melihat danau air payau yang terisolasi di tengah-tengah Pulau Kakaban. Danau ini di huni oleh ribuan non-sting Jelly Fish (Ubur-ubur) yang mana ubur ubur tersebut bisa kita sentuh tanpa ada sengatan,” tutur Kaufik

Fasilitas Lain di Pulau Derawan
Selain menjadi tempat menyelam/ diving yang telah dinobatkan menjadi  tempat menyelam terbaik ketiga di dunia, wisatawan juga dapat melihat penangkaran penyu yang sudah langka dan hampir punah. Penyu besar bertelur di pasir dan juga bis aberenang ke laut bareng kura-kura. Wisatawan yang akan menginap juga tersedia resort yang cantik dengan view ke lepas laut. Tak ketinggalan juga restoran sederhana sudah tersedia disabna.

Rute menuju Derawan
Untuk dapat sampai Derawan, baik Anda yang berasal dari Jakarta, Denpasar Bali menuju Tarakan, pesawat Garuda Indonesia merupakan maskapai yang sudah membuka rutenya. Setelah sampai Tarakan dilanjutkan dengan penerbangan Kalstar ke Tanjung Redeb di Berau. Setelah itu sebuah perahu akan mengantar Anda sampai ke kepulauan yang indah ini.

Galeri Foto
Keindahan dasar laut Kepulauan derawan
Keindahan dasar laut Kepulauan derawan
Pesona Kepulauan Derawan
Pesona Kepulauan Derawan (foto:@tripsantai)
Penginapan di Derawan (foto:@nababan.hissandy)
Pulau Kakaban Kepulauan Derawan
Pulau Kakaban Kepulauan Derawan(foto: tif_indonesia)