Arung Jeram Di Pangalengan Bandung

Arung Jeram Di Pangalengan Bandung-Pangalengan Bandung yang lokasinya sejauh 45 km di selatan Bandung tidak hanya terkenal dengan 3 DestinasiWisata Yang menarik, Pangalengan juga mempunyai Lokasi Arung Jeram yakni di Sungai Palayangan. Sungai Palayangan termasuk dalam 20 Destinasi Arung Jeram Di Indonesia. Air sungai Palayangan berasal dari Situ Cileunca. 

Sungai Palayangan
Sungai Palayangan  mempunyai debit air yang tinggi dan arus yang cukup Sungai ini dapat diarungi sepanjang tahun. Sungai Palayangan mempunyai kelokan tajam dengan lebar sungai 5 meter-10 meter. Menurut Triana Sofyana yang karib dipanggil Mang Ucu, owner dari sebuah operator arung jeram di sungai itu Palayangan sebetulnya adalah sungai buatan, seperti halnya Situ Cileunca yang dibangun Belanda pada 1908. Kharakter sungainya relatif pendek sejauh 5 km dan stabil. Kalau Anda akan Arung Jeram, biasanya memulai titik start di sekitar Lokasi Situ Cileunca yang mempunyai suhu antara 18-26 derajat Celcius. Situ Cileunca merupakan danau buatan dengan luas lebih dari 14.000 m2, di kelilingi oleh hutan pinus perkebunan teh serta kebun sayuran yang dimiliki oleh masyarakat setempat, menjadi sumber utama air sungai Palayangan.

“Start-nya itu dari dam ke dam. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam melewati air terjun buatan dengan ketinggian 0,5-1,5 meter. Total ada 14 jeram yang akan dilalui peserta. Sungai ini punyai hole (lubang) tetapi kecil, hingga tidaa memungkinkan peserta arung jeram jatuh dan tersembunyi ke dalam lubang, ” kata Mang Ucu. Pada kondisi normal, debit air adalah 2 m3 perdetik, sedang pada musim hujan dengan volume air yang melimpah debit air dapat mencapai lebih dari 4M3 per detik. Sungai Palayangan tergolong pada sungai dengan tingkat kesulitan Class III – IV atau grade 3-4.

Peminat arung jeram di Palayangan sekitar 80% datang dari kalangan corporate atau dinas untuk keperlaun outbound. Standar operasionalnya satu perahu 5-6 tamu dengan satu skipper. Lanjut alumnus Sastra Inggris Universitas Padjajaran ini pihaknya juga mempunyai tim rescue yang berada di sungai, terutama di titik rawan seperti jeram domba yang mempunyai keitnggian “drop” 1,5 meter dan kedalaman sungai tiga meter.

Sungay Citanduy 
Selain Sungai Palayangan, Mang Ucu dan kawan-kawannya mengeksplor Sungai Citanduy juga di Pengalengan antara 9-12 km (ada yang 16 km) dengan tujuh jeram, waktu tempuh 3-5 jam. Grade sungainya 2 hingga 3. Sungai itu juga punya hole namun relatif aman. Pada 2008 seorang owner operator arung jeram tewas karena melanggar SOP sendiri, yaitu berlayar di atas jam lima sore dan saat hujan kebat. “Hal ini terlarang karena ada kemungkinan banjir badang dan owner itu hanyut dan ditemukan keesokan harinya,” tutur Mang Ucu.

Sebagai operator Mang Ucu menawarkan paket antara Rp150.000 hingga Rp1.000.000/  per orang. Paket yang mahal itu kalau peserta yang ingin menginap. Kegiatan arung jeram di Palayangan dan Citanduy sudah mulai sejak 2000-an,

Operator di Kabupaten Bandung
CV Airris Palayangan Mandiri
JL. Pintu no. 600 Pangalengan-Bandung- West Java- Indonesia
Telp: +6285318668333, +628172309289,
Fax: (022) 5979691

Rekomendasi dari Mang Ucu
1.     Peserta minimum berusia 10 tahun dan maksimal 60 tahun
2.    Pihak operator harus tahu kondisi kesehatan peserta terakhir. Yang punya penyakit jantung, ayan dan asma tidak diperbolehkan. Ada kasus korban tewas karena serangan jantung. Yang bersangkutan ternyata sudah ada ring, tetapi masih ikut. Kalau asma diingatkan, air Palayangan dingin.
3.  Waktu hujan lebat dan berapa saat habis hujan lebat kegiatan dihentikan karena kemungkinan banjir datang

Subscribe to receive free email updates: