5 Tempat Wisata di Roma Yang Wajib Anda Kunjungi

5 Tempat Wisata di Roma Yang Wajib Anda Kunjungi- Umat Katolik sedunia, kota Roma adalah kota suci mereka. Ibukota Italia yang juga ibukota provinsi Roma dan juga ibukota daerah Lazio ini merupakan sebuah kota yang sangat terkenal yang berada di kawasan hilir sungai Tiber, dekat dengan Laut Tengah.
Tempat Wisata di Roma
Melancong ke Roma memang tak bisa hanya dalam sehari. Anda tentu tak akan bisa dengan seksama menikmati semua tempat-tempat wisata dengan leluasa. Penulis yang pada Januari lalu selama tiga hari berada di Roma pun belum bisa menikmati semua tempat wisata di kota yang didirikan pada 21 April 753 SM ini.

Kota dengan jumlah penduduk 2.853.000 berdasarkan sensus penduduk 2010 merupakan kota impian tak saja umat katolik, tapi para turis pun selalu menjadikan Roma sebagai destinasi  utama. Tak heran karena keindahan kota dengan bangunan-bangunan bersejarahnya yang sudah terkenal sejak masa kekaisaran Romawi. Apalagi Roma punya arena atau bangunan stadion khusus untuk pertarungan para gladiator dan binatang liat yang terkenal sejak lama. Bangunan stadion untuk pertarungan ini pun mampu menampung penonton hingga lebih dari 55 ribu orang. Roma juga memiliki puluhan tempat bersejarah mulai dari bangunan gereja, museum, hingga kuil besar yang dibangun pada tahun 118 Masehi, khusus untuk dewa pagan. Berikut 5 Tempat Wisata di Roma Italia Yang Wajib Anda Kunjungi:

1.     Colosseum
Bangunan Colosseum
Colosseum
Bicara Roma, memang tak akan pernah lepas dari bangunan stadion yang maha terkenal, Colosseum. Bangunan stadion yang dibangun khusus untuk pertarungan para gladiator dan binatang liat yang sangat terkenal sejak masa Kekaisaran Romawi ini memang sangat ramai dikunjungi para wisatawan tak hanya saat musim panas, tapi di musim dingin pun tempat ini selalu ramai.

Di sekeliling bangunan Colosseum ini selalu akan ditemukan para pedagang yang asal Pakistan, India, atau orang-orang berkulit hitam dari Afrika. Mereka biasanya menawarkan barang, mulai dari kamera, alat khusus untuk berselfie-ria, kupluk, atau syal khusus untuk menghangatkan badan. Colosseum ini juga merupakan salah satu dari 69 Keajaiban Dunia Pertengahan. Karena dipakai sebagai stadium tempat pertarungan antara binatang, lantai dari arena Colosseum selalu tertutupi pasir untuk mencegah agar darah dari binatang yang bertarung tak sampai mengalir ke mana-mana

2.     Vatican City
Museum Vatikan City Roma
Museum Vatikan City (Foto:janine pohl)
Dari Colosseum, tujuan berikut adalah menuju Vatican City. Tak akan afdol Anda sampai di Italia, apalagi sudah di Roma dan tak menyempatkan ke Vatican City. Wilayah ini merupakan yang terkecil di dunia yang tertutup oleh kota Roma dan dikelilingi oleh Basilika Santo Petrus yang sangat terkenal itu. Museum Vatican juga berada di situ, tepatnya di sebelah Vatican City dan hanya dipisahkan oleh kebun. Memasuki Vatican City di bulan-bulan libur seperti liburan musim panas atau libur hari raya paskah, natal dan tahun baru, Anda sudah harus menyiapkan kekuatan ekstra untuk antri dalam berbagai hal.
Basilika Santo Petrus, Vatikan
Basilika Santo Petrus, Vatikan
Vatican City ini merupakan negara kecil dengan luas 110 hektar. Negara ini punya gereja. Katolik terbesar di dunia yang biasa disebut Basilika Santo Petrus. Di dalam gereja katolik ini tersimpan koleksi maha karya seni terbaik dunia dimana di dalamnya terdapat Kapel Sistine Michaelangelo, Pieta, Grup Laocoon dan lain-lain. Semua itu bisa dilihat langsung di dalam museum Vatican. Jumlah penduduknya hanya sekitar 800 jiwa dan salah satu dari sekian banyak penduduk itu adalah Paus Fransiscus yang menggantikan Paus Benekditus sejak 2013 silam.

Fakta Paus sebagai salah satu penduduk Vatican City menunjukkan kualitas kota ini jauh lebih penting dari kuantitas. Semua umat Katolik atau turis dunia yang mengunjungi Roma, tentu akan memilih berkunjung ke Basilika Santo Petrus yang berada di Vatican City ini. Ini merupakan bangunan gereja terbesar pusat agama Kristen Katolik dengan kubah yang mengesankan karya besar  dari Michaelangelo yang menjadi simbol kekayaaan gereja abad 16 dan 17.

3.     Trevi Fountain atau Fontana del Trevi
Air Mancur Trevi di Roma
Air Mancur Trevi (Photo by Cristina Gottardi on Unsplash)
Dari Basilika Santo Petrus, Anda bisa melangkah menuju ke tempat wisata lain yaitu Trevi Fountain atau Fontana del Trevi. Ini merupakan air mancur yang paling spektakuler abad ke-18 yang letaknya di alun-alun kota Roma dan menjadi tempat menarik yang kerap dikunjungi ribuan turis dunia. Di air mancur ini, turis kerap mengadu peruntungan dengan membuang koin ke kolam air mancur sambil menyebutkan apa pun keinginannya. Diyakini dengan menyebut keinginan Anda sambil melempat koin itu dan itu akan segera terkabul.

4.     Pantheon
Pantheon
Pantheon (Photo by Christopher Czermak on Unsplash)
Dari Trevi Fountain, bisa langsung menuju ke Pantheon yang letaknya hanya sekitar 2 km dari Trevi Fountain. Pantheon ini merupakan sebuah kuil untuk dewa Pagan yang dibangun pada tahun 118 Masehi oleh Kaisar Hadrian, dengan kubar terbesar di dunia lebih dari 13 abad. Jika Anda punya banyak waktu selama di Roma, masih banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Forum Romanum yang merupakan jantung dari Romawi Kuno dengan banyak kuil, gapura, dan Basilika yang dapat membawa imajinasi Anda pada kekaisaran Romawi di masa lampau.

5.     Piazza Navona
Piazza Navona
Piazza Navona
Ada juga Piazza Navona yang merupakan alun-alun dari bekas Stadion Domitianus. Bagian depannya dihiasi dengan tiga buah air mancur yang sangat menawan dan dibangun sekitar abad 16 dan 17. Ada juga monumen kehormatan untuk Raja Italia pertama yaitu Monumen Victor Emmanuel Monument yang dibangung di lereng bukit Capitoline, di jantung kota dan diresmikan pada 1911 atau setelah 50 tahun penyatuan Italia. Masih banyak lagi lokasi wisata di Roma jika Anda punya banyak waktu.

Jika ingin berbelanja, Anda bisa mendatangi Piazza di Spagna yang merupakan lokasi wisata dan belanja paling populer di Roma. Jika Anda ingin membeli barang branded, bisa langsung masuk ke toko-toko resmi yang tersebar di seluruh Spagna. Tapi, di pinggiran juga banyak sekali orang-orang kulit hitam atau Pakistan dan India yang menjajakan barang-barang kelas dua yang nyaris mirip barang asli dengan harga miring.

Selama di Roma, Anda juga bisa memanjakan lidah dengan Pizza Italia yang sangat terkenal itu. Banyak sekali restoran Pizza tersebar di setiap jalan. Rasanya jelas berbeda dari hidangan pizza di negara mana pun. Di beberapa restoran besar, Anda bahkan bisa langsung mengabadikan foto dengan chef di setiap restoran. Inilah keunikan dari restoran-restoran pizza dan pasta di Italia

Wajib Waspada
Selama berada di Roma, Anda memang harus lebih berhati-hati ketimbang berada di mana pun. Pasalnya, kota ini sangat rentan dengan copet dan maling. Meleng sedikit saja barang Anda sudah tak ada di samping Anda. Apalagi jika bepergian dengan subway atau metro. Rata-rata kalangan Gipsy yang datang dari Rumania atau Mesir yang menjadi pencopet-pencopet ulung di ibukota Italia ini. Hal ini sudah sangat terkenal dan menjadi biasa di Roma. Modus mereka mencopet orang selalu sama. Rata-rata turis yang menjadi incaran.

Hal ini juga dialami oleh penulis dan rombongan. Biasanya para pencopet yang kerap bergerombol lima sampai enam orang ini berjaga-jaga di depan hotel atau penginapan untuk memantau turis-turis baru yang baru masuk hotel. Mereka mengikuti para turis satu sampai dua hari dan biasanya aksi dilakukan saat penumpang subway atau Metro sedang penuh.

Korban akan didorong secara bersamaan oleh satu atau dua orang dari mereka dan yang lain bertugas membuka hingga mengambil dompet atau amplop yang berada di tas korban. Jika mendatangi kantor polisi, Anda juga akan terkejut karena di sana banyak sekali pelapor yang mengalami musibah serupa. Didorong oleh beberapa orang dan tiba-tiba saja dompet sudah melayang. Lantaran sudah setiap hari kejadian ini berulang di Roma, kantor polisi bahkan sudah tak begitu peduli.

Mereka sudah menyiapkan kertas khusus di loket untuk ditulis oleh korban dan setelah itu tinggal memanggil polisi dan mereka memberi cap dan tanda tangan di kertas laporan itu untuk dibawa korban. Karena itu, jika Anda berada di Roma, harus ekstra waspada karena setiap waktu Anda bisa menjadi incaran para pencopet Gypsy. Beberapa warga Roma yang ditemui pun mengaku kalau berada di Roma memang harus lebih hati-hati ketimbang di kota lain di mana pun karena pencopet bisa bekerja cepat dan dalam sebuah kesempatan empat sampai lima orang bisa sekaligus kehilangan dompet. Luar biasa

Cuaca Roma
Cuaca di Roma pun nyaris bersahabat ketimbang di beberapa kota besar di Eropa. Di musim panas, cuacanya tak begitu panas, dan di musim dingin pun, cuaca berkisar antara 8-17 derajat celcius. Kita yang berasal dari Indonesia tidak akan kaget dengan cuaca tersebut.

Tarif Hotel
Pilihan hotel di kota ini pun beragam mulai dari hotel-hotel bintang lima berbanderol 1500-5000 Euro (sekitar Rp. 15-50 juta), hingga bintang satu, bahkan ada penginapan-penginapan kecil yang berseliweran di pusat kota. Rata-rata penginapan menawarkan tempat tidur dan sarapan dengan harga rata-rata per malam untuk dua orang 75-150 Euro (sekitar Rp750.000 hingga 1.500.000). Turis juga tak akan kelaparan di Roma karena restoran-restoran mewah hingga kedai-kedai menengah ke bawah yang menawarkan berbagai jenis makanan tersebar di seluruh pusat-pusat hingga pinggiran kota.

Jadi Anda yang berencana mengisi liburan, tidak ada salahnya 5 Tempat Wisata di Roma Yang Wajib Anda Kunjungi sebagai prioritas destinsai liburan Anda.