Batu Bolong Cottages, Menikmati Pantai Bernuansa Etnik


Batu Bolong Cottages menawarkan penginapan dengan pemandangan ke pantai, restoran dan taman. Perintis hotel di pantai Senggigi ini juga menawarkan jasa pemandu untuk mengunjungi destinasi wisata.Untuk kuliner, ikan bakarnya direkomendasikan para tamu.

Batu Bolong Cottages, Menikmati Pantai  Bernuansa Etnik- Pantai Senggigi, Lombok Barat adalah salah satu tempat destinasi wisata di Pulau Lombok. Di kawasan itu kini sudah ramai dengan hotel berbagai kategori. Namun sebetulnya perintis hotel di kawasan itu adalah Umar Saleh Muchela, putra Lombok yang pernah menjadi chef di sebuah hotel di negeri Jerman. Umar ingin memajukan daerahnya. Sekitar 1988 ia membuka hotel itu mulanya dengan lima kamar, kemudian berkembang menjadi10 dan kemudian menjadi 38 seperti sekarang, sekalipun sebetulnya ada 39 kamar.

Sejarah Batu Bollong Cottage
Dinamakan Batu Bolong karena di dekat hotel itu terdapat sebuah pura yang juga menjadi obyek wisata. Di tengah pura terdapat batu yang memang bolong di tengahnya Menurut juru bicara Batu Bolong Cottages, sekaligus juga putri sang pemilik, Sarah Venezia Mulachela, konsep hotel ini merupakan hotel melati (beberapa situs wisata menyebutkan hotel ini dalam kategori bintang dua) dengan fasilitas mewah dengan menekankan unsur etnik Lombok pada desain eskterior dan interiornya.
Hotel  murah di lombok
Batu Bolong Cottage, Lombok
Unsur etnik Lombok ini lebih menonjol pada salah satu dari ke- 38 kamar hotel ini mulai dari tempat tidur hingga meja rias dibuat dari cukli. “Yang dimaksud cukli ialah kayu dengan ornament dari mutiara (ada juga yang dari kerang), “ terang kakak dari artis Elyzia Mulachela ini. beberapa waktu lalu Kamar-kamar di Batu Bolong Cottages terbagi menurut view-nya, yaitu yang menghadap­ taman, restoran hingga pantai. Bangunan­ hotel meliputi dua area yang dipisahkan jalan, yaitu sisi pantai dan sisi yang mempunyai taman yang indah. Untuk sisi pantai yang paling banyak diminati, para tamu bisa menikmati matahari terbenam.
Hotel bagus tarif murah di Lombok
Kamar Batu Bolong Cottage
Tarip Kamar Batu Bolong Cottage
Sekalipun berada dalam satu bangunan bertingkat, setiap kamar berdiri sendiri tanpa ruang penghubung. Kamar-kamar ini mempunyai teras dengan tarif berkisar antara Rp400 hingga Rp750 ribu. Pada awal berdirinya bahan bangunannya sebagian besar bahkan terbuat dari bedeg (bambu dalam Bahasa Lombok), tetapi pada perkembangan karena resiko rayap menjadi pelapis tembok. Sebagian bangunan dari kayu
Hotel bernuansa etnik
Kamar bernuansa etnik
Fasilitas Batu Bolong Cottage
Hotel juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan restoran yang menyajikan masakan western dan Asia, Indonesia, termasuk juga masakan khas Lombok. Para tamu juga dapat menikmati free WiFi. Untuk browsing semakin kencang ketika berada di restoran. Terdapat AC, kamar mandi dengan air dingin dan panas, telepon, televisi di dalam kamar. Para tamu yang ingin berjemur di pantai juga disediakan tempat memadai. Para tamu juga dapat menikmati layanan binatu.

“Kami juga menawarkan fasilitas jemput tamu dari bandara atau ingin mengunjungi tempat wisata, seperti Pantai Senggigi dan Pura Batu Bolong. Ada tempat wisata lain, yaitu pantai kute. Yang dimaksud pantai kute di sini bukan Pantai Kuta Bali, tetapi memang ada tempatnya ada di Lombok. Pasirnya juga sama putihnya, bahkan lebih halus, seperti kita mengijak merica,” ujar Sarah. Para tamu juga bisa diantar oleh pegawai hotel yang bisa menjadi pemandu wisata. Menurut mahasiswi Ilmu Manajemen Bisnis, Binus University, tamu hotel banyak datang dari negara Jerman dan Belanda. Peak seasonnya jatuh pada musim libur Juli-Agustus dan November. Hotel juga penuh kalau ada peristiwa khusus, seperti pesta pernikahan dengan pakaian adat dan diiringi gendang. Biasanya pengantin dari kalangan bangsawan.
Hotel di lombok
Batu Bolong Cottage yang indah
Sejumlah tamu memuji beberapa hal dari Batu bolong Cottage. Di antaranya Geir Ole dari Jenewa Swiss yang menyebutkan keahlian koki hotel ini. Di antaranya adalah masakan ikan (snapper putih) yang terpanggang sempurna. Porsinya cukup besar untuk empat orang dengan harga 20 dolar. “Harga yang ekonomis mengingat di Eropa, ikan seperti itu di mana pun akan berharga antara 100 dan 200 dolar,” ulas Geir seperti dikutip situs tripadvisor

Ikan Bakar Menu Spesial 
Makan ikan bakar dilengkapi dengan piring buah yang besar dengan pilihan buah yang cukup untuk 2 orang harganya dua dolar US. Sementara untuk sarapannya ada pilihan buat tamu hotel, yaitu breakfast Indonesia berupa nasi goreng atau mie goreng, serta breakfast ala western roti dengan selai, serta telur. Keduanya dilengkapi dengan buah-buahan. Sarapan juga termasuk minuman teh atau kopi. Sementara bagi tamu yang ingin menikmati hidangan makan siang dan malam berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp300 ribu.

Lokasi Batu Bolong Cottages & Restaurant
Batu Bolong Cottage berlokasi di KM.12 Senggigi Lombok-NTB-Indonesia. Phone: (0370) 693198, 693065(GoogleMAP)

Subscribe to receive free email updates: