Wisata Kuliner Khas Manado


Wisata Kuliner Khas Manado-Selain memiliki kekayaan budaya serta keindahan alamnya, Manado juga memiliki beragam masakan khas yang cukup nikmat. Beragam masakan khas Manado ini seakan menjadi pelengkap kekayaan pariwisata di kota Tinutuan itu. Berikut macam masakan khas Manado

Tinutuan (Bubur Manado)
resep bubur manado
Tinutuan(bubur Manado)
Tinutuan merupakan Makanan khas Manado  yang paling dicari,  Masakan ini menjadi ikon khas kota ini. Tinutuan sebetulnya bubur beras yang dicampur sayuran. Itu sebabnya warna tinutuan ini bermacam-macam karena merupakan campuran dari berbagai bahan makanan yaitu tepung beras, kangkung, daun bayam, labu kuning, jagung muda, ubi, gedi, ikan rowa, dan sambal. Bahan-bahan makanan tersebut dimasak bersama-sama seperti kita memasak bubur dan bentuknya lembek. Apabila Anda memakan untuk kali pertama mungkin kurang berselera, tetapi kalau sudah merasakan dijamin ketagihan.

Pangi dan Saut
masakan khas manado
Pangi dan Saut
Pangi, bentuk makanannya mirip bothok bagi orang Jawa. Terbuat dari daun tanaman kluwak atau biasa disebut daun pangi yang kemudian dicampur dengan bumbu penyedap alami seperti jahe, kemangi, biji pala, daun bawang, dan cabai. Semua bumbu  dihaluskan dengan ulekan lalu dicampur dengan irisan tipis-tipis sampai merata untuk selanjutnya dimasukan dalam buluh bambu yang sudah disiapkan. Teknik memasaknya hanya didekatkan dengan bara api tanpa kena langsung api, agar terhindar bambu pecah. 

Pangi berbeda dengan saut. Saut dibuat dengan bahan dasar irisan-irisan tipis pelepah pisang muda dengan di campur dengan rempah-rempah bumbu diantaranya kemangi, cabai, jahe, biji pala, daun bawang yang dicampur merata. Sepintas memang sederhana, namun rasanya mantap dan biasa disajikan saat pesta.  Yang menjadi persamaan kedua masakan ini adalah sama-sama cara memasak dengan buluh bambu.

Nasi Kuning Saroja
nasi kuning saroja halal
Nasi kuning Saroja
Meski nasi kuning juga menjadi masakan dibeberapa wilayah di nusantara, namun ada yang membedakannya. Nasi kuning Saroja dimakan dengan beberapa lauk yang sangat cocok sebagai pelengkap, seperti semur daging, abon ikan cakalang, sambal goring maupun keripik ubi. Kelezatan Nasi Kuning Seroja yang membuat masakan ini berbeda dengan nasi kuning pada umumnya.

Ikan Tude Sambal Roa
ikan tude manado
Ikan Tude sambal roa
Anda termasuk suka berburu kuliner dengan rasa pedas? Tentu Anda wajib mencoba ikan tude segar dengan sambal roa, salah satu kuliner khas manado. Sambal roa berasa pedas yang sangat menggigit. Ikan tude dengan ukuran sedang dibakar dengan bumbu rempah membuat rasanya istimewa. Kemudian setelah dipanggang ikan ini dipadukan dengan sambal roa, sambal asli Manado yang bahan utamanya adalah ikan asap roa, pasti membuat anda tidak akan lupa betapa sedapnya kombinasi kedua.

Ikan Woku Belanga
resep ikan woku belanga
Ikan woku belanga khas Menado
Disamping beberapa kuliner khas Manado diatas yang sangat  digemari, menu seafood juga menjadi andalan kuliner Manado, ikan Woku Belanga merupakan menu seafood yang menjadi idola di kota ini. cara masaknya dengan dimasukan kedalam wadah yang terbuat dari tanah liat, dicampur dengan kuah yang didalamnya sudah diberikan bumbu-bumbu seperti cabai, daun sereh, daun jeruk dan bumbu khas dapur lainnya yang diaduk menjadi satu. Rasanya sangat gurih dan baunya sangat mengundang selera. Kuahnya tak kalah mantap. Tertarik untuk mencobanya ?

Kangkung Tumis
Tumis Kangkung Manado
Tumis Kangkung Manado
Tidak seperti daun pepaya buluh, sayuran kangkung ini alih-alih menjadi pelengkap yang harus ada jika anda mampir di rumah makan Minahasa Food atau rumah makan terapung. Pengolahannya seperti biasa saja yaitu ditumis. Hanya bedanya pada kangkungnya. Warnanya hijau bersih (bukan agak kehitaman) dan rata-rata ukurannya besar. Uniknya, batang kangkung pun tetap dimasak. Yang membedakan dengan tumis kangkus daerah lain adalah adanya penggunaan jagung pada masakannya.

Tuturuga
resep Tuturaga
Tuturaga
Kuliner khas Manado ini susah didapatkan di Manado, kalaupun Anda menjumpainya bahan dasarnya tidak sama dengan bahan aslinya Dahulunya, sangat mudah mendapatkan kuliner khas Manado ini di sepanjang jalan didekat pantai. Tuturuga menjadi langka semenjak pemerintah Indonesia melarang penangkapan kura-kura secara ilegal untuk melindungi kelestarian habitat hewan tersebut. Saat ini, tuturuga banyak dipadukan dengan bahan daging sapi, ayam atau kambing.

Tumis Daun Pepaya
resep tumis daun pepaya manado
Tumis Daun Pepaya
Rata-rata sayuran kuliner khas Manado itu organik. Maksudnya, sayur-sayurnya memang diambil dari hutan atau kebun yang tidak perlu pakai obat kimiawi. Salah satu contohnya ada daun papaya ini. Sayuran ini diolah mirip dengan pangi. Bedanya dimasak di wajan atau digaro. Umumnya, daun papaya ini dicampur dengan daging dalam setiap pengolahannya. Supaya rasa pahit hilang biasanya dicampur dengan jantung pisang. Jadi, direbus dulu dan airnya dibuang lalu dimasukkan dalam wajan dan diberi bumbu dan sedikit minyak kelapa. Daun papaya disukai karena berkhasiat mencegah segala penyakit.

Subscribe to receive free email updates: