Sejuta Keindahan Laut Ada Di Ambon

keindahan laut ambon
Keindahan laut Ambon
Sejuta Keindahan Laut Ada di Ambon- Kota Ambon sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu dan kerap menjadi surga yang dituju banyak sekali pelaut dan penjelajah bangsa Eropa. Ambon sekarang ini menjadi pusat Pariwisata, Pendidikan dan Pelabuhan yang berkembang sangat pesat.Penduduknya sangat majemuk terdiri dari suku bangsa, ras dan agama.

Bicara soal kota Ambon, orang akan langsung mengasumsikannya dengan ungkapan Ambon Manise Ungkapan ini sejatinya sangat tepat bila diasosiasikan dengan wanita dan pria suku Ambon yang berparas hitam manis dan rupawan.

Obyek Wisata di Ambon
Yang paling utama dan menonjol dari wisata di kota manise ini adalah alam lautnya yang tak berbanding. Belum lagi corak warna air laut dan bentuk biota lautnya yang sulit dibandingkan dengan alam laut dimana pun Kota Ambon yang terletak di Maluku bagian tengah ini merupakan bagian dari serambi pintu wisata di bagian Timur Indonesia. Jika ingin berwisata ke kota Ambon, Anda tak perlu membayangkan hal lain karena Sejuta Keindahan Laut ada di Ambon.

Pesona Pantai Natsepa
Ambon memang sejak dulu terkenal dengan alam laut dan pantai pasir putihnya yang menggoda turis untuk bertahan berlama-lama menikmati nuansa laut yang indah. Banyak sekali pilihan pantai yang bisa dikunjungi di kota Ambon.

Tak saja Pantai Natsepa yang sangat terkenal, ada juga Pantai Liang yang sudah sangat terkenal di mata masyarakat dunia dengan keindahannya. Belakangan, ada sejumlah pantai yang mulai dilestarikan dan dikembangkan sebagai tujuan wisata utama pantai, selain Pantai Natsepa dan Liang, seperti Pantai Hukurila, Pantai Namalatu, dan juga Pantai Naku.
 
Terumbu karang laut Ambon
Terumbu karang laut Ambon

Selain tempat bersantai dan berenang, di sejumlah pantai itu juga bisa dipakai untuk mereka yang hobi menyelam atau diving. Salah satu sesepuh wisata kota Ambon, Mad Alkatiri yang ditemui penulis beberapa waktu lalu ketika berada di Ambon, menyatakan kalau di kota Ambon, bisa ditemukan banyak hal yang sangat menggoda untuk tujuan wisata. “Terlebih di kawasan pantai yang punya lebih dari 40 titik penyelaman di sekitar pulaunya.
Ada juga sejumlah tujuan wisata yang terkenal sangat indah yang sudah berada di luar kota Ambon seperti pantai terunik di Indonesia yang adanya di Maluku, pantai Ngurtafur. Ada juga Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof, di bagian barat Pulau Kei Kecil yang sudah diakui oleh National Geographic sebagai salah satu pantai dengan pasir terhalus di Asia. Ada juga destinasi lain yang tak kalah indah seperti Pulau Pombo, Taman Nasional Bukit Manusela, dan Desa Sawai.

"Jika sudah berkunjung ke tempat-tempat wisata ini, Anda pasti ingin kembali lagi,” kata Alkatiri berpromosi. Pantai Natsepa yang bisa ditempuh dari kota Ambon dengan jarak tempuh sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit memang sudah sangat terkenal di kalangan wisataran asing. Tak saja untuk berenang, tapi kebanyakan para turis datang ke pantai ini untuk menikmati kuliner khas di pantai ini yaitu rujak natsepa.

Suguhan rujak natsepa ini sangat berbeda dengan rujak kebanyakan. Bahkan sejumlah turis asal Belanda sudah terbiasa datang ke Natsepa untuk membeli rujak yang isinya dipisah-pisah dan bumbu rujak dan kacang­ nya di bawa pulang sampai ke rumah mereka di negeri Belanda. Tak saja suguhan rujak natsepa, ada juga hidangan pisang goreng atau kasbi (singkong) goreng dan kasbi rebus yang dihidangkan dengan sambl kelapa. Natsepa ini sudah lama terkenal.

Pesona Pantai Ora
Keindahan Pantai Ora ambon
Keindahan Pantai Ora Ambon
Belakangan kota Ambon lebih terkenal dengan Pantai Ora yang letaknya di Pulau Seram, Maluku Tengah. Banyak turis yang berkunjung ke pantai ini selalu bilang, inilah surga dunia. Anda tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa mendapatkan suasana alam pantai yang damai dengan peman­ dangan indah. Pantai Ora ini benar-benar menawarkan keindahan alam yang tiada bandingannya


Para turis tak perlu susah kalau sudah sampai di pantai yang namanya tengah naik daun ini. Di Pantai Ora ini sudah banyak resort-resort yang berdiri di atas pantai dengan air yang sangat jernih. Semua resort di kawasan ini berbentuk rumah panggung dengan bahan material kayu sehingga menim­ bulkan suasana nyaman untuk bersantai menghilangkan­ stress. Pantai Ora ini sangat memanjakan mata dan pikiran setiap turis yang berkunjung.

Tak saja pemandangan alamnya yang tak kalah dengan pantai-pantai di Pulau Maladewa atau Republik Dominika, penataannya pun sudah sangat profesional. Di Pantai Ora ini, tumbuhan karang-karang dan hewan-hewan lautnya masih berjumlah banyak dan asli. Pantai Ora yang juga ada di Pulau Seram ini letaknya bersebelahan dengan Saleman yang bisa ditempuh melalui laut dari Saleman atau jalan Trans Seram.

Penginapannya pun berlokasi di antara pemukiman penduduk yang nyaris 40 persen diantaranya membangun rumah di atas laut. Semua penginapan itu pun dibangun di atas laut dengan terumbu karang dan ikan karang beraneka warna yang menghiasi dasar laut dan bisa langsung dilihat saat kita berdiri di sisi teras penginapan.

Salah seorang pemilik penginapan, Muhammad Ali menyatakan kalau pengunjung tak saja bisa melakukan snorkling di pantai Ora, tapi juga bisa melintasi Sungai Salawai untuk melihat proses pembuatan sagu atau pengambilan buah kelapa langsung dari pohon, atau melihat beragam jenis burung di muara sungai di Teluk Sulaiman.


Para turis juga bisa ber-trekking melintasi hutan yang masih lestari di balik Negeri Sawai, menuju Pusat Pendidikan dan Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, tempat melihat penangkaran burung kakatua seran dan nuri seram yang sangat terkenal. Jika punya banyak waktu, turis juga bisa menghabiskan waktu dengan melihat gua unik, air terjun, atau menghabiskan malam di pondok, di tengah hutan yang memang sengaja di bangun Ali untuk duduk-duduk di malam hari sambil menghabiskan secangkir kopi sebelum tidur.

Turis yang datang ke Pantai Ora ini sudah mencapai 600 turis setiap tahunnya dan rata-rata mereka adalah turis asing dari Belanda, Amerika Serikat, atau Jepang. Tak saja pantai Ora yang bisa ditemukan di wilayah pulau Seram, Maluku Tengah ini. Ada juga Pantai Osi yang tak kalah menarik di Seram Bagian Barat (SBB). Bahkan di wilayah ini terdapat banyak sekali lokasi wisata seperti Air Terjun Rumahkai dan juga beberapa pulau indah seperti Pulau Kasa, Pulau Marsegu dan juga Pulau Osi yang mana Pulau Osi berada di tempat ini.

Pulau Osi
Pulau Osi Maluku
Pulau Osi Maluku
Pulau yang berada di kawasan Indonesia bagian timur, tepatnya di wilayah Ambon kepulauan Seram Bagian Barat ini, menjadi sebuah tempat pariwisata yang banyak dikunjungi oleh penduduk, terutama disaat liburan. Pulau OSI ini merupakan sebuah tempat pariwisata dengan beberapa pulau tak berpenghuni yang masih asri yang menjadikan pulau ini tampak beda dari yang lainnya. Jadi, jika Anda ingin mencari suasana pantai yang indah dan memanjakan mata, jangan ragu untuk mengunjungi kota Ambon, dan tentu saja Anda akan menemukan sejuta keindahan alam yang tak bisa dijumpai di mana pun di belahan dunia ini

Rute menuju Ambon
Ingin berwisata ke kota Ambon kini sudah tak sulit. Nyaris semua maskapai penerbangan nasional sudah melayani rute ke Ambon dari setiap bandar udara mereka setiap harinya bahkan dengan jadwal lebih dari sekali penerbangan setiap hari, Karena para penjelajah dari Eropa itulah, penyatuan ras dan budaya Eropa dengan Ambon pun terjadi. Rata-rata para turis yang mengunjungi kota Ambon biasanya akan memulai penerbangan mereka dari kota Denpasar, Makassar, Surabaya atau dari Jakarta untuk menempuh perjalanan udara sepanjang kurang lebih 3-4 jam terbang untuk bisa sampai di Bandar Udara Pattimura, Ambon

Subscribe to receive free email updates: