Jelajah Darat Indochina: Vietnam, Cambodia, Thailand dan Malaysia

Mempersiapkan perjalanan  ala backpacker menjelajahi  Indochina sesungguhnya lebih mudah daripada mengarrange budget untuk perjalanan di dalam negeri. Kepastian harga yang didapatkan akan  mempermudah kita memperkirakan jumlah uang yang dibawa selama beperjalanan. Dua kali saya menjelajah empat negara sekaligus ternyata budget yang saya persiapkan tidak beda jauh dengan kenyataan di lapangan, dan lebih menyenangkannya lagi, kepastian waktu bisa saya dapat sehingga dua minggu perjalanan dapat benar-benar digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat terbaik di seputaran negara-negara Indochina.

Berikut ini saya sharing itinerary perjalanan dan juga sekilas budgeting selama saya di Indochina dengan rute: Saigon-PhnomPenh-SiemReap- Bangkok-Phuket-Hatyai-Penang- Kuala Lumpur, tentu saja traveling ala Backpacker:

1. Indonesia (Day 1)
• Airport Tax Bandara Soekarno-Hatta (Rp. 150.000)
• Damri ke Bandara Soekarno Hatta (dari Blok M) (Rp. 30.000)

2. Vietnam (Day 2-4)
• Tiba di Tan Son Nhat Airport(Saigon/Ho Chi Minh)
• Taxi Tan Son Nhat – Distrik 1(dengan Vinasun Taxi) (Vnd.110.000)
• Hotel di Area distrik 1 berkisar 510 USD per malam (Bui Vien dan Pam Ngu Lhao merupakan daerah turis)
The City Hall Ho Chi Minh City
The City Hall Ho Chi Minh City
Berikut tips itinerary selama di Saigon/Ho Chi Minh City:

Hari pertama jika sampai di malam hari, Bui Vien Street akan sangat menarik untuk  dikunjungi, sekedar duduk bersantai menikmati minuman dingin diantara orang lalu lalang. Alternatif lainnya adalah belanja souvenir di Ben Tanh Night Market. Pasar Ben Tanh akan lebih meriah di malam hari.

Hari kedua, city tour sangat dianjurkan. Mengunjungi beberapa obyek wisata di seputaran distrik satu akan menghabiskan waktu seharian di hari kedua. Malamnya dapat mengunjungi water puppet opera atau mencoba naik kapal berkeliling kota.

Hari ketiga, dapat check out hotel pagi hari dan mengikuti one day tour ke ChuChi Tunnel, Floating Market atau Delta Mekong River. Kenapa di hari terakhir?

Berikut tips itinerary selama di Phnom Penh:

Jika menggunakan bus pukul 23.45 tengah malam dari Saigon seperti saya, bus akan melewati perbatasan pukul 06.00 ketika border antar negara dibuka. Bus akan stop di pemberhentian river side, daerah turis di kota Phnom Penh sekitar pukul 09.00 pagi hari.

Segera belilah bus untuk menuju Siem Reap, kota tempat Angkor Wat Complex berada. Bus tersedia cukup banyak. Ambilah bus yang berangkat pukul 18.00 keatas. Perjalanan akan menempuh waktu 6-7 jam. Tips Saya, bandingkanlah harga bus ke Siem Reap di beberapa agen perjalanan. Agen yang bagus belum tentu memberi harga lebih mahal. Saat itu kisaran harga bus untuk ke Siem Reap sekitar 7 USD.

Untuk spending waktu selama 9 jam di Phnom Penh, banyak yang bisa dikunjungi. Beberapa tuktuk mau disewa dengan harga 6-8 USD untuk berputar seharian di kota Phnom Penh. Killing Field Area dapat dicapai dengan sewa tuktuk. Russian Market/Central Market juga menjadi tempat terlengkap untuk membeli oleh-oleh murah di PhnomPenh. Selain itu kita dapat berjalan kaki ke beberapa kuil di sebelah kanan kita (jika menghadap ke sungai) kalau kita terlalu ‘irit’ untuk menyewa sebuah tuktuk.

Bus ke Siem Reap akan sampai di tujuan sekitar pukul 01.00 -03.00 dini hari.

Berikut tips itinerary selama di Siem Reap:
Siem Reap
Siem Reap

Kenapa saya menganjurkan bus ke Siem Reap pukul 18.00 keatas? Karena kita akan memperoleh waktu maksimal untuk berjalan ke Phnom Penh yang hanya membutuhkan waktu satu hari saja, tidak lebih. Selain itu, ketibaan di Siem Reap akan sekitar pukul 1 – 3 dini hari dimana tidak menunggu terlalu lama jika ingin menikmati sunrise di Angkor Wat.

Sewalah tuktuk perhari dengan harga 15 USD untuk maximal 4 orang. Jika sendiri, sewalah sepeda dengan harga 2-3 USD untuk pergi berkeliling komplek Angkor. Lupakan jalan kaki mengelilingi komplek Angkor karena itu berarti berjalan mengelilingi kota Yogyakarta.

Pukul 14.00 adalah saat yang tepat untuk pulang dari komplek Angkor jika mengunjunginya sejak pukul 04.00 pagi.Harga tiket masuk untuk 1x entry (1 day visit) adalah sebesar 20 USD.

Booking hotel untuk dua hari akan lebih bagus sejak awal kedatangan dini hari di Siem Reap sehingga dapat meletakkan tas di kamar. Jika tidak mau membooking 2 hari, titipkan tas di resepsionis hotel tempat kita akan stay semalam setelah mengunjungi Angkor Wat. Jangan khawatir karena harga hotel di Siem Reap mulai 2 USD per malamnya.

Pub Street, Night market atau sekedar mencoba Khmer Massage dapat dilakukan setelah beristirahat tidur siang mulai pukul 14.00 – 17.00. Keramaian Siem Reap akan mencapai puncaknya di malam hari karena panasnya udara siang hari.

Terdapat bus ke Bangkok Pukul 2.30 dini hari. Harga bus berkisar 11 – 14 USD. Pemilihan jam pada pukul 02.30 dini hari sangat tepat karena akan meminimalisir wasting time. Untuk pemilihan jam itu, akan sampai ke Bangkok pada pukul 12. 00 siang, waktu yang tepat untuk check in hotel.

Bus ke Bangkok hanya akan sampai ke Aranyapratheet. Kita akan dipindah menggunakan bus kecil (mikro).

3. Thailand (Day 8-12)

Berikut tips itinerary selama di Bangkok:
Bus dari Siem Reap ke Bangkok akan berhenti di Khao San Road, surga para backpacker di Bangkok. Banyak hotel di Khao San mulai dari harga 250 THB per malam.

Tips: Jangan lupa kunjungi night market di dekat Khao San. Barang second dan barang murah banyak dijual disana.

Hari kedua di Bangkok adalah saat yang tepat untuk menuju ke Ayutthaya dengan kereta pagi (1 jam perjalanan), atau Pattaya dengan bus paling pagi (90 menit perjalanan). Berusahalah untuk pulang ke Bangkok lagi kecuali menginap di Ayutthaya/ Pattaya.

Malam kedua di Bangkok dapat mengunjungi redlight distrik di Silom (sama sekali tidak disarankan kecuali terbiasa melihat bokep).

Hari ketiga di Bangkok dapat diisi dengan pergi ke Pratunam/ Cathucak/Mal of Bangkok. Banyak souvenir dan oleh-oleh dijual disana.

Berikut tips itinerary selama di Phuket:
Pukul 18.00 sore hari adalah waktu keberangkatan bus dari Bangkok ke Phuket. Usahakan mencari bus yang langsung tidak ditransfer via Shurattani walaupun harganya lebih mahal. Bus ke Phuket mulai THB 475 hingga 990 THB tergantung kelasnya.

Pukul 06.00 adalah perkiraan waktu sampai di Phuket pada hari ke empat. Perjalanan akan memakan waktu 12 jam dengan bus supernyaman double decker.
Tips: bus akan berhenti di sebuah kota kecil sebelum masuk ke Phuket town, tolak tawaran mereka untuk membawa penumpang langsung dengan mini van. Bus akan masuk terminal antar kota. Jarak terminal antar kota dengan terminal domestik dekat. Hanya berjalan kaki sekitar 1500 meter dan dapat ditemukan terminal dalam kota Phuket. Bus ke Phuket town ke pusat keramaian Patong akan dikenai biaya 40 THB.

Bagage dapat dititipkan ke hotel tempat kita akan check in di pukul 12 siang sementara kita dapat mengambil tur ke Phiphi Island.

Jika tidak ke Phiphi Island (biaya one day tour adalah 1000 THB lengkap dengan akomodasi dan makan siang) dapat menghabiskan waktu siang hingga malam hari di Patong beach. Menyewa motor dapat menjadi alternative untuk menjelajah hingga jauh ke pantai-pantai di seluruh wilayah Phuket Island dengan biaya sewa sebesar 200 THB per harinya dengan jaminan passport. Pantai yang rekomended adalah Karon dan Kata Beach. Untuk alternatif, jangan lupa ke patung Big Budha di Phuket Town. Biaya masuknya gratis.

Dua hari satu malam mungkin cukup untuk beberapa orang. Pada hari kelima di Thailand, atau hari kedua di Phuket ada alternative bus dari Phuket Town ke Hatyai dengan biaya sekitar 350 THB. Phuket Town ke Hatyai akan memakan waktu 7 jam.

Berikut tips itinerary selama di Hatyai:
Pukul 04.00 pagi adalah waktu kedatangan bus di terminal Hatyai. Terdapat dua alternatif melanjutkan perjalanan:

Jika langsung ingin meninggalkan Hatyai, akan ada kereta dari Hatyai ke Butterworth (Penang) pukul 07.30 pagi.

Jika ingin berkeliling di Hatyai, ada beberapa alternatif bus dari Hatyai ke Butterworth (pukul 10.00, 11.00 dan 17.00) atau Hatyai langsung ke KL.

Jika ingin extend di daerah Hatyai, alternatifnya adalah ke Floating Market. Hatyai adalah kota perdagangan dengan biaya hidup murah dan harga barang murah.

Berikut tips itinerary selama di Butterworth:
Stasiun kereta terhubung dengan terminal antar kota dari Butterworth. Hanya berjalan kaki menyusuri skywalk, akan sampai pada terminal bus.

Terdapat bus hop in hop off dari Butterworth ke Pulau Pinang. Siapkan uang pas karena tidak ada kembaliannya. Pulau penang dapat dikunjungi sehari atau bermalam disana satu malam.

Bus ke Kuala Lumpur ada hamper setiap jam. Perjalanan dengan bus express akan memakan waktu sekitar 5 jam dengan tiket seharga 40 Ringgit Malaysia.

Berikut tips itinerary selama di Kuala Lumpur:
menara kembar petronas
Menara Kembar Petronas
Bus akan sampai di Kuala Lumpur pukul 18.00 jika dari Butterworth pukul 13.00 siang. Kita akan diturunkan langsung di terminal Pudu Raya. Dari Pudu Raya akan ada beberapa rute bus langsung ke bukit bintang, petronas dan dengan berjalan kaki akan sampai di Petaling Street, pusat belanja di Kuala Lumpur.

Banyak hotel di dekat Terminal bus Pudu Raya mulai dengan harga 15 Ringgit permalamnya. Jika penerbangan pagi, maka sebaiknya menggunakan bus langsung Pudu Raya – LCCT/KLIA dengan jadwal  terakhir pukul 11.00 malam (tiket 12 Ringgit), namun jika penerbangan sore hari pada hari berikutnya, akan lebih baik menghabiskan waktu di petaling street menginap disana.



Subscribe to receive free email updates: