Menelisik Keindahan Kota Dodol

Selama ini Kota Garut terkenal dengan jajanan dodol-nya. Namun siapa sangka di Garut terdapat beberapa objek wisata yang cukup indah. Kali ini saya mencoba menelisik destinasi yang ada di kota Garut. Seperti apa keseruannya?
LOkasi Garut
Gerbang Pintu Masuk Kota Garut
Garut merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, secara geografis total Luas wilayah Kota Garut 194,94 km2, dengan batas sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Garut Utara, sebelah selatan Kabupaten Garut Selatan, timur Kab Tasikmalaya dan barat Kab Bandung. Di kota ini terdapat beberapa destinasi yang wajib ditelusuri dan diterlisik lebih dalam. Apa aja? 

Rute menuju Garut
Rute menuju Garut

Candi dan Situ Cangkuang
Destinasi wisata  pertama yang menarik adalah Candi dan Situ Cangkuang. Keberadaan destinasi ini terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Asal muasal mengapa diberi nama candi cangkuang adalah diambil dari nama pohon yang banyak tumbuh disekitar komplek makam Embah dalem Arif Muhammad yakni pohon Cangkuang
Situ Cangkuang
Situ Cangkuang
Sebuah cerita yang beredar di masyarakat tentang sejarah candi Cangkuang adalah konon pada jaman penjajahan VOC, salah satu pemimpin perlawanan Embah Dalem Arif Muhammad yang berasal dari kerajaan Mataram Jawa Timur membendung daerah ini sebagai benteng perlawanan terhadap VOC yang berada di Batavia(sekarang Jakarta) sambil menyebarkan agama Islam padahal pada waktu itu penduduknya sudah memeluk agama Hindu, sehingga kebanyakan penduduk desa sudah menganut Agama Islam tetapi pada kenyataan masih menjalankan sebagian ajaran agama Hindu.

Untuk mencapai lokasi Candi Cangkuang ada sarana transportasi delman (andong) yang unik, ketika Anda sampai akan melihat bunga teratai yang indah menutupi situ yang dangkal, di tengahnya ada candi Cangkuang, satu-satunya sebuah candi yang berada di jawa barat 

Pantai Sayang Heulang
Sebuah pantai yang terkenal keindahannya di Garut, lokasi tepatnya berada di Desa Mancagahar kecamatan Pameungpeuk Garut, berjarak 88 KM dari garut kota yang ditempuh sekitar satu jam dengan rute perjalanan Garut kota melalui Cikajang-cisompet dan Pameungpeuk. akan ada tanda Gapura  besar sebagai tanda pintu masuk Pantai sayang Heulang.meskipun jalannya kurang bagus setelah gapura tersebut, HTM Patai sang Heulang terbilang murah yakni Rp.3000 per orang
Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang
Pantai yang membentang panjang dengan ciri khas  terdapat pasir putih yang halus dan kemiringan yang sangat curam menjadikan pantai ini sangat indah, apalagi apabila Anda bisa melihat sunset dari pantai ini. Fasilitas seperti penginapan, rumah makan dan fasilitas lainnya sudah tersedia meskipun masih terbatas dan sederhanan, harga sewa permalam masih relatif murah berkisar antara Rp.150 ribu sampai Rp. 300 ribu tergantung fasilitas kamar.

Pantai Santolo
Lokasi Pantai Santolo berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang karena memang pantai di kabupaten Garut ini membentang panjang, berada disebelah selatan Kota Garut dengan waktu perjalanan ditempuh sekitar 5 jam dari kota Garut. rute jalan yang sedikit ektrim karena jalannya berbelok belok dengan kondisi jalan yang sempit, curam dan kanan kiri ada jurang. Andrenalin Anda akan meningkat apabila melalui jalan ini.

Keistimewaan pantai ini punya pantai pasir yang putih dan landai, layaknya Pantai Kuta di Bali. dengan Harga Tiket Masuk sekitar Rp.3000, selain sebagai tempat wisata di Garut, pantai ini difungsikan sebagai dermaga bagi nelayan-nelayan tradisional. tiap hari ikan-ikan segar di lelang di pantai ini, tak salah apabila pantai ini juga orang lebih mengenal dengan sebutan pasar ikan.

Fasilitas penginapan serta tempat makan dengan menu sajian seafood banyak juga kita temui di sekitar pantaai santolo ini. dengan tarif lumayan murah Anda bisa tinggal di home stay dengan fasilias AC dan kamar mandi didalam, begitu juga dengan makanan cukup murah.

Darajat Pass
Darajat Pass merupakan destinasi tempat pemandian air panas yang terkenal di kota Garut yang berada di sekitar Kawah Darajat Garut. Dengan luas awal area ± 7 Hektare, tempat pemandian ini berada di Jl. Darajat Kampung Bedeng Desa Karya Mekar Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut ( GoogleMap) Kawasan pemandian ini sudah lebih modern karena sudah dilengkapi dengan water park dan memiliki 4 kolom pemandian untuk anak dan dewasa. Bila berendam dan berenang di kolam pemandian air panas Darajat Pass ini jangan terlalu lama, karena airnya yan sangat panas.
Drajat Pass
Drajat Pass
Anda disarankan untuk beberapa menit berendam kemudian naik dan bisa berendam kembali. Di Derajat Pass menyuguhkan kepada pengunjung berbagai wahana water boom, kami juga memikili wahana permainan yang dapat memacu adrenalin antara lain out bound, Kudatunggang, ATP, Playing Fox, delman, dan domba. Serta memiliki beberapa Penginapan (bunga low) Dengan didukung panorama alam yang indah nan segar hijau khas perkebunan priangan

Curug Limbung/Curug 25
Garut mempunyai beberapa curug yang bisa menajdi obat penyegar saat penat beraktifitas. Anda bisa menelusuri beberapa curug yang berada di Garut ini. Namun memang harus extra tenaga untuk mencapai setiap curug yang ada disana. Curug di Garut berada di perbukitan dan pegunungan. Untuk mencapai setiap curug harus mendaki dan menuruni terjalnya perjalanan. Kali ini team plesir mencoba menelisik Curug Limbung yang lebih dikenal dengan nama Curug 25. Perjalanan mencapai Curug Limbung/Curug 25 yang sangat lelah akan terbayar ketika melihat jernihnya air terjun yang sangat deras di Curug Limbung/Curug 25 Garut. 

Meski Curug Limbung/Curug 25 merupakan curug yang tak telalu tinggi namun kedalamannya cukup lumayan dalam. Kejernihan air di Curug Limbung/Curug 25 ini membuat adrinalin terpacu untuk berenang di air terjun ini. Bila belum puas dengan air terjun yang ada di Curug Limbung/Curug 25 cobalah kembali jalan mendaki menuju curug yang lebih besar dan deras di kota garut. Tapi dengan catatan siap capek dan lelah menuju air terjun di curug-curug yang ada di kota Garut ini. Destinasi di Garut memang layak anda kunjungi.