Aneka Kuliner Khas Jawa Barat

Aneka Kuliner Khas Jawa Barat- Selain Wisata alam, Jawa Barat juga terkenal dengan kekhasan kulinernya. Pada perkembangannya wisata kuliner di setiap daerah di Jawa Barat memiliki kekhasannya. Misalnya saja Bandung. Kota kembang ini terkenal karena kreatifitas muncul dari segala bidang termasuk kuliner. Berbagai penganan baik tradisional maupun modern banyak dikreasikan oleh warga Bandung. berikut kuliner khas jawa barat yang enak:

Batagor
Nama Batagor sendiri singkatan dari bakso tahu goreng merupakan makanan tradisional yang banyak digemari dan enak disantap pada waktu hujan, makanan  khas Jawa Barat yang terdiri dari tahu yang dilumuri tepung lalu di goreng dengan tambahan bumbu kacang. Bandung mempunyai resto penjual batagor yang menjadi ikon kota ini yang pertama adalah Batagor RiriKelebihan kuliner ini terletak pada komposisi bahan yang pas menjadikan rasa batagor lebih enak. dengan dilumuri bumbu kacang yang agak pedas membuat batagor ini beda dengan yang lain, apalagi rasa ikan lebih terasa. 

Batagor
Batagor Riri
Tempat makan yang menawarkan hidangan batagor lainnya ialah Batagor Kingsley yang terletak di Jalan Veteran 25, Bandung, dekat dengan Jalan Asia Afrika. Batagor yang disajikan di tempat ini kenyal dan gurih, rasa ikan juga lebih terasa. Tahu sebagai pelengkap pun tak kalah nikmat, lembut dan enak. Ikan yang digunakan adalah ikan segar dan tanpa bahan pengawet, kacang yang digunakan sebagai bahan dasar bumbu pun merupakan kacang lokal
Batagor Kingsley Bandung
Batagor Kingsley
Jl. Veteran No. 25, Bandung, West Java
Buka tiap hari dari jam 08.00 -20.00
Serabi
Serabi atau orang menyebutnya surabi sangat nikmat disantap pagi hari sebagai teman secangkir Teh atau kopi. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Bandung, Jakarta, Purwokerta, Solo dengan serabi notosuman yang melegenda  dan Pekalongan merupakan daerah yang terkenal dengan kue serabinya  yang masing-masing daerah mempunyai ciri khas yang unik. Salah satu kuliner yang menjual surabi yang menjadi ikon Bandung adalah Surabi Enhai.

Dinamakan demikian karena lokasinya di Jl Setiabudhi No 137, berdekatan dengan kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB), yang dulu terkenal dengan nama National Hotel Institute alias NHI. Disini penjual surabi tempatnya sudah tidak lesehan lagi, pembeli tinggal duduk menunggu layaknya di restoran. Harga surabi berkisar antara 3 ribu - 5 ribu rupiah.
surabi enak
Surabi NHI
Jalan Setiabudhi No. 137 Bandung
Yoghurt
Bandung juga kondang dengan nama yoghurt. Di antara yang menjadi ikon ialah Yoghurt Cisangkuy. Kekhasannya adalah kenikmatan yoghurt yang dikombinasikan dengan buah asli. Café yoghurt yang pertama kali ada di Jl. Cisangkuy, Bandung Jawa Barat (GoogleMAP) ini memiliki berbagai varian yoghurt dengan buah, seperti strawberry, blueberry, peach, leci, dan beberapa lainnya. Selain rasa buah, Cisangkuy juga menawarkan rasa lain seperti coklat dan lain-lain, hingga total ada 25 pilihan.
Yoghurt Cisangkuy
Jalan Cisangkuy No. 85 Bandung
Nasi Tutug Oncom
Jika Anda akan berkunjung ke kota Tasik dalam waktu dekat, jangan lupa untuk icip-icip makanan yang saat ini sedang tren di kota ini. Adalah nasi tutug oncom yang kelezatannya mampu membangkitkan selera. Masyarakat Sunda, khususnya warga Tasik biasa memanggilnya dengan sebutan nasi T.O. Sesuai namanya, masakan ini berbahan dasar nasi putih yang dicampur dengan taburan oncom yang sudah di bakar atau digoreng. 

Tutug berasal dari bahasa Sunda yang dalam bahasa Indonesia artinya tumbuk. Sedangkan oncom adalah salah satu jenis bahan yang juga khas Sunda hasil fermentasi dari kapang mirip seperti tempe. Jadi kalau diartikan nasi tutug oncom adalah nasi yang di tumbuk dengan oncom. Terbayang sedapnya apalagi jika disantap dengan telor dadar dan macam-macam gorengan. Seperti tempe mendoan, balabala (bakwan), gehu, lengkap dengan lalapan dan sambal ijo atau sambal terasi. Ikan asin, ayam goreng, tumis kangkung juga bisa menjadi teman nasi tutug oncom ini. Di Tasik, Anda hampir bisa menemukan warung nasi T.O di mana saja. Misalnya Jalan Sukapura, Dadaha. Jalan BKR, jalan Kolektoran, dan jalan Siliwangi, Tasikmalaya.
Nasi Tutug Oncom enak
Nasi Tutug Oncom
Jl. Kolektoran/ H. Ikik Wiradikarta,
Jl. Dadaha – Tasikmalaya
Buka pukul: 06.00-14.00 & 15.00-19.00
Mie Kocok
Bandung juga terkenal Mie kocoknya. Diantara yang kondang ialah Mie Kocok Mang Dadeng. Kuliner ini sudah berdiri sejak 1958 silam, tahun berganti, kini Mie Kocok Mang Dadeng membuka cabang resmi nya di Jalan Cilaki No.43 Bandung, hanya 500 meter dari Lapangan Gasibu Bandung. Kekhasan mie kocok Bandung terletak pada mie kuning ini dilengkapi dengan campuran tauge, potongan kikil dari kaki sapi dan kuah panas yang gurih. Mie kocok buatan Mang Dadeng memiliki kikil yang empuk, kenyal dan tebal. Jika Anda memesan menu special dari Mie Kocok Mang Dadeng, seonggok sumsum sapi akan memenuhi mangkuk anda. 

Mie Kocok Mang Dadeng Bandung
Mie Kocok Mang Dadeng
Jl KH Ahmad Dahlan
(Jl. Banteng) No. 67 Bandung samping RS Muhammadiyah
So, apabila Anda berwisata ke Jawa Barat, tidak salahnya untuk icip-icip aneka kuliner Khas Jawa Barat, Khususnya Bandung