Yuk Mempersiapkan Liburan

Yuk Mempersiapkan Liburan- Liburan merupakan saat yang sangat dinantikan oleh seluruh keluarga. Bagi anak sekolah, liburan merupakan momen di mana mereka bisa menikmati rekreasi bersama keluarga dan teman-teman. bagi mereka yang bekerja, liburan sangat diperlukan untuk merefresh otak dan mengindari stres akibat beban pekerjaan, apalagi para pekerja yang berada di kota-kota metropolitan seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya. kemacetan dan tekanan pekerjaaan tiap hari memicu stres dan diperlukan waktu liburan.
Tips Liburan
Tips Liburan

Namun jangan sampai waktu liburan yang anda jalani menjadi kurang berkesan karena ada hal-hal yang tidak dipersiapkan  jauh- jauh hari. seperti perlengkapan yang lupa dibawa, schedule yang berantakan maupun kondisi badan Anda yang malahan sakit pas liburan serta tempat penginapan yang susah dicari padahal Anda dalam kondisi letih selama perjalanan.

Hal yang juga sering terjadi adalah penuhnya fasilitas penginapan dan kendaraan sewaan di tempat berlibur, sehingga Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk mencari tempat penginapan atau kendaraan sewaan. 

Persiapan yang matang dan baik perlu dilakukan untuk liburan Anda. Meski liburan atau rekreasi adalah waktu bersantai, namun persiapan yang saksama perlu dilakukan untuk menghindari berbagai masalah yang mengganggu liburan Anda. berikut tips berlibur:

Persiapan Berlibur

Meskipun bukan acara formal karena bentuknya jalan-jalan, berlibur dalam waktu beberapa hari dan jarak jauh perlu ada perencanaan dan persiapan yang matang. Memang mempersiapkan liburan di awal cukup merepotkan. Tetapi, dengan melakukan hal ini akan membuat liburan menjadi lebih baik. Persiapan liburan menjadi acuan sehingga waktu berlibur anda tidak mengalami kendala. berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum perjalanan berlibur dimulai:

• Persiapan liburan jauh di muka
Lakukan persiapan jauh di muka. mengubah rencana berlibur Anda tidak mudah, karena berhubungan dengan Bujet dan kesiapan fisik Anda

• Tujuan tempat wisata Tetapkan tujuan tempat wisata. Anda bisa diskusikan dengan keluarga jika ingin melakukan rekreasi keluarga. Acara berlibur  tidak harus keluar kota  Liburan di pinggir kota jika terdapat tempat wisata yang nyaman dan pemandangan indah juga bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya berlibur di pantai atau di taman nasional.  Alternatif lain dengan cara berlibur dalam kota dengan mengunjungi family atau tempat rekreasi lokal.
tujuan tempat wisata luar negeri
Tujuan tempat wisata

• Booking hotel
Usahakan Anda sudah mengantongi Booking Hotel atau tempat istirahat sebelum acara berlibur dimulai. Jika Anda berlibur tanpa menggunakan kendaraan pribadi, pesan juga kendaraan sewaan di tempat berlibur jika Anda ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata. Biasanya hotel maupun kendaraan sewaan telah dipesan jauh di muka oleh banyak wisatawan.

• Cari informasi panduan wisata
Anda bisa googling informasi lokasi wisata yang Anda tuju. Informasi tempat wisata bisa Anda dapatkan di situs web, majalah, hasil mengobrol dengan teman-teman, dan media lainnya. Anda berusaha manggali informasi tentang apa-apa yang berhubungan dengan tempat wisata yang anda kunjungi, seperti hal yang unik dan harus diketahui tentang tempat tersebut, dan lain sebagainya

• Daftar barang bawaan
Mulailah dengan menginventarisasi semua barang-barang yang dianggap perlu dibawa selama liburan Anda, sehingga barang-barang yang akan kita bawa tidak ada yang terlupakan atau tercecer.

• Bawa barang yang bermanfaat,
Meskipun  liburan Anda cukup lama,  hindari membawa barang bawaan berlebihan, bawalah seperlunya saja, karena beberapa keperluan yang kita butuhkan bisa kita beli sepanjang perjalanan, seperti makan, minum dll,  jangan sampai mobilitas anda akan terganggu karena mengalami kerepotan dalam membawa barang bawaan. apalagi apabila Anda menggunakan fasilitas kendaraan umum.
perlengkapan selama liburan
Barang bawaan 
• Kelengkapan dokumen
Siapkan semua dokumen perjalan Anda, apalagi identitas diri, kartu Asuransi kesehatan dan paspor apabila Anda melakukan liburan ke luar negeri

Berangkat Berlibur

Persiapan fisik sebelum berangkat berlibur menjadi sangat penting, kebugaran tubuh Anda mempengaruhi kualitas liburan Anda, jangan sampai selama perjalanan Anda dalam kondisi kurang fit, maka Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

• Tidur cukup
Badan yang sehat biasanya karena istirahat yang cukup, dan istirahat terbaik adalah dengan waktu tidur yang cukup. usahakan Anda tidur selama tujuh jam sehari.

• Makan yang benar
Anda harus selektif makan karena mau dalam perjalanan jauh, usahakan hindari makan-makanan yang tidak cocok diperut seperti sambal, kangkung dll

• Periksa barang bawaan

Cek kembali barang barang bawaan Anda, seperti sikat gigi, sabun, baju,kamera, peta dan makanan ringan untuk menemani selama perjalanan dan menghindari perut kosong sehingga tidak masuk angin. 

• Obat-obatan

Jika Anda mempunyai riwayat kesehatan yang perlu pertolongan cepat, sebaiknya Anda membawa obat-obatan tersebut

Perjalanan ke Lokasi Liburan

Keberangkatan Anda ke lokasi liburan mungkin akan memakan waktu berjam-jam, tentu Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut

• Rute perjalanan, carilah rute yang terpendek, jalannya nyaman dan ada tempat istirahat yang aman, apalagi apabila Anda membawa anak kecil.

• Berhenti untuk beristirahat
Badan anda mempunyai keterbatasan, fisik yang dipaksakan padahal kondisinya sudah kelelahan akan membahayakan kesehatan Anda, berhenti dan beristirahat yang cukup lalu melanjutkan perjalanan.

Selamat berlibur mudah-mudahan tips memperiapkan liburan ini bermanfaat.