Renyahnya Masakan Khas Lombok

Plencing Kangkung

resep plecing kangkung
Plecing kangkung
Merupakan menu khas Lombok yang hampir setiap acara apapun kita jumpai karena memang plencing kangkung sudah menjadi menu favorit orang sasak. Sajian ini merupakan pembuka selera makan dengan rasa pedas. Bahkan ada pameo bahwa sampai keluar air liur kalau melihat pelecing kangkung ini. Wah!

Apabila Anda berkunjung ke Lombok, Anda akan mudah sekali menemukan menu ini, di kedai-kedai pinggir jalan maupun sampai di hotel-hotel berbintang dipastikan menyediakan plecing kangkung.menu yang sudah turun temurun dari nenek moyang dan resep cara membuatnya sederhana ini banyak dijual oleh ibu-ibu sebagai lauk makan malam.

Bahan utama menu ini terdiri atas kangkung khas Lombok yang di rebus lalu dibelah-belah, taoge, dan kacang. Sebagai pelengkap, ditambahkan sambal nyiuh (kelapa yang dibakar terlebih dulu kemudian diparut atau dioseng supaya tahan beberapa jam). Sambal pelecing itu sendiri  dibuat dari  cabe yang sudah digoreng, tomat , terasi, garam dan air jeruk limau  Menikmati Pelecing Kangkung, harus siap-siap dengan sapu tangan untuk mengusap keringat yang membasahi wajah karena masakan ini cukup pedas, tetapi sekali menikmatinya akan berkesan lama.

Ayam Taliwang
resep ayam taliwang bali
Ayam Taliwang khas Lombok
Ayam Taliwang juga merupakan menu yang paling dicari apabila kita berkunjung ke Lombok, meskipun sekarang ini menu ini sudah banyak bertebaran di kota-kota besar. disajikan dengan beberapa macam olahan seperti dibakar, digoreng atau dipanggang. bumbu yang pedas menjadi ciri khas kelezatan menu khas Lombok ini. ayam taliwang lebih enak dengan menggunakan bahan baku ayam kampung yang usianya masih muda. Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang berlokasi di kawasan Cakranegara Lombok menjadi referensi Anda menikmati Ayam Taliwang yang lezat.
Bebalung

Bebalung Lombok
Bebalung
Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Bebalung bisanya disajikan ke dalam mangkok dengan taburan bawang merah goreng.

Apabila Anda berkunjung ke Lombok akan baiknya mencoba mencicipi sajian bebalung yang sudah terkenal yang dijual di depot kalebet Jalan HOS. Cokroaminoto(GoogleMap) Depot yang terletak di belakang kantor gubernur NTB ini selalu disesaki pengunjung yang antre untuk menyantap makanan ini. Keistimewaan Bebalung di depot ini adalah karena dagingnya amat lunak sehingga tanpa gigitan yang kuat dagingnya mudah lepas dari tulangnya. Sajian yang amat sayang untuk dilewatkan bukan?

Sate Rembiga

Sate rembiga goyang lidah lombok
Sate Rembiga
Sate Rembiga merupakan sate berbahan sapi. Rasanya perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Dinamakan Rembiga karena awal mula sate ini berasal dari desa Rembiga yang berada di dekat bekas bandara Selaparang. Walau banyak dijual di berbagai tempat, namun penjual yang otentik adalah Warung Rembiga di jalan Dakota nomor 2 Rembiga. Warung ini sudah berdiri sejak 25 tahun lalu. warung ini sampai menghabiskan sekitar 70 kg daging sapi setiap harinya, So, bisa dibayangkan betapa ramainya warung ini dan mengharuskan kita bersabar kalau mau mencicipinya.