Jejamuran :Tongseng Jamur Sama Lezatnya dengan Tongseng Kambing

Resto Jejamuran sleman yogyakarta
Resto Jejamuran
Kabupaten Sleman, Yogyakarta punya resto unik. Namanya Resto Jejamuran. Resto Jejamuran  merupakan rumah makan yang mempunyai sajian khas dengan menggunakan bahan baku utama berupa jamur yang diolah dan dipadukan dengan menu tradisional. Bahan baku jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan, jamur juga telah terbukti menaikkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemah dalam tubuh, menghambat partumbuhan tumor, antiinflmasi dan antimikroba.

Menu Favorit Resto Jejamuran
Bagi kaum vegetarian resto ini adalah kabar gembira. Pepes adalah salah satu makanan tradisional Sunda, biasanya pepes ikan atau pepes ayam. Di Jejamuran ini, pepes dibuat dengan bahan baku jamur seperti jamur Shitake, Jamur Tiram dan Jamur merang. Kami mencicipi pepes ini sebagai menu pembuka. Ternyata rasanya begitu legit, tak ubahnya menikmati pepes tahu atau pepes berbahan ikan. Warnanya kecoklatan juga merangsang nafsu makan. Harganya seporsi sebesar Rp10.000. Kami memang menganjurkan menikmati pepes dulu sebagai kudapan pembuka.
Menu resto Jejamuran
Menu resto Jejamuran
Ada beberapa hidangan utama yang disarankan. Di antaranya adalah Tongseng Jamur. Hidangan ini menggunakan jamur merang sebagai bahan baku utama pengganti daging, sementara bumbunya seperti laiknya tongseng daging kambing pada umumnya. Bagi kami rasanya tak ubahnya dengan tongseng kambing atau pun ayam. Kuahnya juga gurih dan memberikan sensasi hangat di dalam perut. Hidangan lain ialah Sate Jamur adalah sate dengan bahan utama jamur tiram untuk menggantikan daging, dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap.

Seporsi sate terdiri dari 5 tusuk, bumbu dan irisan tomat. Rasanya? Gurih seperti menikmati sate kulit ayam namun tetap dengan aroma yang sama. Begitu juga ektika Anda menikmati Asam Manis Jamur Tiram dengan hindangan Asam Manis dengan bahan baku yang lain. Harganya? Seporsi tongseng Rp11.000, begitu juga Asam Manis Jamur Tiram dan beberapa hidangan utama lain tidak jauh beda.
Suasana Resto Jejamuran
Suasana Resto Jejamuran
Kelebihan lain di luar keunikan dan rasanya, kuliner Jejamuran ini terintegrasi dengan perkebunan jamur dan konsultasi budidaya jamur, sehingga di samping menikmati makanan dengan bahan utama jamur kita juga bisa belajar dan mengetahui seluk beluk perjamuran dalam satu waktu. Jejamuran juga menyediakan jamur segar dan olahan olahan jamur untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.
Sate Jejamuran
Sate Jejamuran
Tongseng Jejamuran
Tongseng Jejamuran
Fasilitas Lain di Resto Jejamuran
Selain itu tersedia tempat parkir yang cukup luas. Interiornya juga memberikan kesan lega dan terbuka. Hal ini membuat pengunjung masih nyaman kalau rumah makan ini penuh, biasanya terjadi pada malam akhir pekan. Fasilitas lain seperti toilet lengkap. Bagi mereka yang datang bersama keluarga dengan berkendaraan pribadi Restoran Jejamuran bisa menjadi referensi wajib di waktu sela rekreasi di Yogyakarta dan sekitarnya. Sayangnya bagi para backpacker atau mereka yang naik kendaraan umum cukup sulit mencapai tempat itu. membutuhkan ojek sepeda motor dari Pasar Sleman dengan tarif Rp15.000 (kalau bisa menawar). Sementara untuk mencapai Pasar Sleman dari Yogyakarta naik bus dari Terminal Jombor ke Tempel dengan tarif masih terjangkau hanya saja bus ini hanya sampai jam enam sore. Sebagai catatan restoran yang buka mulai dari pukul 10.00- 09.00 malam .
menu jejamuran jogya 2019
Aneka Jejamuran
Restoran Jejamuran dirintis oleh Ratidjo. Pria berumuran 60 tahunan ini memulai belajar jamur sejak 1968. Ratidjo belajar dari orang Taiwan, Negara pusat mengembangan jamur pada waktu itu. Seperti yang dikutip dari Eatjogja, awalnya Ratidjo mengenal jamur dimulai dari perusahaan jamur di Dieng, dengan 7.000 karyawan, produk jamur dengan kualitas ekspor sudah dipasarkan ke berbagai negara, tetapi perusahaan ini tidak bertahan dan kolaps. Kemudian dia bangkit kembali. Rumah Makan Jejamuran secara resmi di buka pada 2006 lalu,” kata Ratidjo.

Lokasi dan Rute Menuju Resto Jejamuran
Resto Jejamuran berlokasi di kawasan Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Untuk mencapainya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik bus dari arah kota Yogya kearah Magelang sampai dengan perempatan Beran. Dari spot ini Anda belok kanan kea rah utara kira-kira 800 meter. Kalau Anda menggunakan bus bisa naik ojek dari perempatan ini(GoogleMaps)